toto wrote:Supaya lebih aman carbu diubah saja dgn yg sistem vacum udah banyak kok yg jual disini dan magneto di konversi saja dengan full CDI untuk ini saya punya satu karya bli Ary berjalan dengan sukses abis itu saving bobot mesin buanyak loh dan satu lagi muffler diubah pakai pitts made in bli Ary jadi oye banget deh .... Ini hanya saran saja loh dan mohon maaf bila tidak berkenan
Salam
trims banyak suhu toto, atas petunjuk dan saranya, kalo menggunakan ful cdi berarti harus ada tambahan tempat dudukan sensor cdi nya..? agar pada saat mesin top api busi memijar, apakah betul seperti itu suhu, atau ada setingan lain..??
iwan21 wrote:Baca judulnya saya kira bikin mesin potong rumput ( buat = bikin) eh kecele ternyata maksudnya buat/bikin ultra stick 200cm pake mesin potong rumput ( beda ngeletakin kata jadi beda arti hihihihihihihiiiiiii)
betul suhu iwan...memang waktu sekolah dulu saat pelajaran B Ind nya banyak bolos krn gurunya killer ...he..he..(jadi malu)
sore ini sudah coba maiden dan berhasil terbang, ada beberapa hal yang masih menjadi masalah utuk trush sudah oke terbukti take off dengan mulus, kemudia pada saat terbang aeleronnya ber getar hebat walau tidah mempengaruhi terbang sehingga diputus kan untuk landing, yang saya tanyakan para suhu dan senior apa penyebab aeleron ini bergetar?? apakah wing tip mempengaruhi getaran aeleron ini, karen modelnya tidak dipasang wing tip untuk vidionya belum diambil karena saya maiden sendiri aja
imaldi wrote:sore ini sudah coba maiden dan berhasil terbang, ada beberapa hal yang masih menjadi masalah utuk trush sudah oke terbukti take off dengan mulus, kemudia pada saat terbang aeleronnya ber getar hebat walau tidah mempengaruhi terbang sehingga diputus kan untuk landing, yang saya tanyakan para suhu dan senior apa penyebab aeleron ini bergetar?? apakah wing tip mempengaruhi getaran aeleron ini, karen modelnya tidak dipasang wing tip untuk vidionya belum diambil karena saya maiden sendiri aja
biasa dibilang flutter/fluttering biasanya celah engsel aileron terlalu lebar makanya terjadi turbulensi / ketidak sempurnaan airflow idealnya gak ada celah tapi nggak mungkin, makanya kalo dari pabrikan suka disarankan tidak lebih dari 1mm
kalo ada gambar sayap / aileron mungkin bisa dibantu lebih jauh
Sekedar ikutan nimbrung sdikit om.... Sy juga pernah ngalami hal yg sama om (flutter di bagian aileron) hal ini terjadi di pesawat 3D sy, tpi hanya Homemade sich... Ada kemungkinan juga lebar bilah aileron melebihi kemampuan servo....saat itu sy kurangi lebar aileronnya,dan setelah di test lgi alhamdulillah gak terjadi lgi... CMIIW....
Bodyguard wrote:Sekedar ikutan nimbrung sdikit om.... Sy juga pernah ngalami hal yg sama om (flutter di bagian aileron) hal ini terjadi di pesawat 3D sy, tpi hanya Homemade sich... Ada kemungkinan juga lebar bilah aileron melebihi kemampuan servo....saat itu sy kurangi lebar aileronnya,dan setelah di test lgi alhamdulillah gak terjadi lgi... CMIIW....
makasih om bodyguard lansung di praktekin, besok cobalagi mudah-mudahan ada temen yang bisa shoot buat vidionya...
Om suhu imaldi, betul untuk modif perlu cdi dan hall sensor ... Hall sensor di dudukin di engine body belakang prop dan magnet dipasang di prop adapter yg belakang prop, entar kalau ngebor utk lubang magnet nya kecilan dikit dari diameter magnet biar duduk nya kejepit soal nya kalau ngebornya sama diameter magnetnya walau udah di lem masih ada kemungkinan mencelit tuh magnet karena ada pemuaian di prop adapter nya terus kan muter kenceng ..... Engine yg saya yg sudah di modif dari magnet ke cdi zenoah 26cc lumayan banget ngurangi bobot tuh
trims pak toto, untuk mendapatkan cdi full dimana ya ? apa ada rekan gaero yang udah homemade tentu dengan mumer, sementara saya masih pake magneto yang udah di kurangi hanya bandulan magnet dan pengimbangnya, tadi sore saya udah coba range cek ternyata pada jarak 100 m pada saat full gas sinyal nya tertutup jadi belum berani untuk coba terbang lagi...