Page 2 of 2
Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 31 Oct 2013, 10:36
by Arya m 1991
Kalo liat thread2 lain ada yg bilang begitu engine kecil ga enak di putaran tengah jd ga cocok buat 3D
Mohon maaf kalo sy yg salah

Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 02 Nov 2013, 11:23
by ipin17
sebenarnya om sulistio mau pasang di zlin, dan terbangnya cmn aerobatic saja kok, dan ybs sdh order asp21 di hk, ada lagi pswt ybs yg mau di convert ke nitro yaitu mustang balsa yg flying weight nya gak sampe 1 kg. nah apa ini bisa pake os10 la yah?, bukan terbang 3d lho yah, cuman aerobatic aja. Saya juga lagi konversi cessna art-tech kecil pakai os10la, rencana sore ini kalau cuaca mendukung

Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 02 Nov 2013, 22:05
by toto
Pakai OS .10cu menurut saya sib bisa2 aja cuman take off nya perlu waktu sampai dapat daya angkat nya dan kalau untuk loop perlu dive dulu agar bisa mendapatkan tenaga untuk nanjak ... Jadi bagi pilot yang sangat sabar sih cocok aja ... Tapi bagi yang kurang sabar di sarankan untuk menggunakan OS .15cu ... Dari pengalaman saya dengan engine .15 cu AUW biar pesawat enak diajak aerobatik dan enggak bikin deg2an atau gemes AUW maksimum 1000 gram jadi kalau pakai yang .10 cu kayanya biar enak diajak aerobatik AUW maksimum enggak lebih dari 700 gram ...
Mohon maaf ya kalau urun rembuk saya ini enggak benar adanya apalagi salah dan mohon di maklumi karena namanya juga masih belajar ...
Salam
Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 03 Nov 2013, 04:14
by ipin17
trims om toto, tadi sore kita test bareng2 cessna art-tech pake os10la, auw saat ditimbang tanpa fuel sekitar 750gr, power cukup untuk terbang normal saja, namun tidak terlalu tinggi speed nya saat full throttle, entah setting engine yg blm maksimal atau bagaimana karena melihat review2 sebelumnya bahkan liat di youtube itu cessna art-tech bisa ngebut banget, saya pakai prop 7x5 apc sport. Untuk mustang balsa nanti diputuskan akan pakai engine 15 atau 21, entah pakai os atau asp, yang pasti ada bbrp pesawat2 elektrik yg pemiliknya tertarik meng konversi ke engine seperti tucano dll, lumayan irit juga ternyata, pake fuel tank 100cc dan nitro 15% diterbangkan 2 kali masing2 hampir 10 menit fuel masih tersisa lebih dari 1/4

Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 03 Nov 2013, 05:40
by Arya m 1991
ipin17 wrote:trims om toto, tadi sore kita test bareng2 cessna art-tech pake os10la, auw saat ditimbang tanpa fuel sekitar 750gr, power cukup untuk terbang normal saja, namun tidak terlalu tinggi speed nya saat full throttle, entah setting engine yg blm maksimal atau bagaimana karena melihat review2 sebelumnya bahkan liat di youtube itu cessna art-tech bisa ngebut banget, saya pakai prop 7x5 apc sport. Untuk mustang balsa nanti diputuskan akan pakai engine 15 atau 21, entah pakai os atau asp, yang pasti ada bbrp pesawat2 elektrik yg pemiliknya tertarik meng konversi ke engine seperti tucano dll, lumayan irit juga ternyata, pake fuel tank 100cc dan
nitro 15% diterbangkan 2 kali masing2 hampir 10 menit fuel masih tersisa lebih dari 1/4

Selamat om berhasil nerbangkn cessna conv OS 10 LA'nya
sy pernah liat di youtube ngebut terbangnya
Segitu bagi sy msh boros

Punya sy lbh irit engine pake AP hornet .15 fuel 20% "castor" tp nitronya enol 0 %

Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 03 Nov 2013, 08:12
by ipin17
hehe makasih om, iya di youtube kenceng banget, ekspektasi saya juga seperti itu terbangnya, namun hasilnya gak bisa ngebut, mungkin engine nya hrs lebih di cekek spy dpt rpm lebih tinggi, tapi sukurlah terbangnya enak dan sama dengan kalau pake motor brushless bawaan nya plus nya ketambahaan suara engine yg bikin mirip aslinya kalo terbang
Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 03 Nov 2013, 10:30
by Arya m 1991
ipin17 wrote:hehe makasih om, iya di youtube kenceng banget, ekspektasi saya juga seperti itu terbangnya, namun hasilnya gak bisa ngebut, mungkin engine nya hrs lebih di cekek spy dpt rpm lebih tinggi, tapi sukurlah terbangnya enak dan sama dengan kalau pake motor brushless bawaan nya plus nya ketambahaan suara engine yg bikin mirip aslinya kalo terbang
Mantapp,, menurut sy unik + lucu aja pesawat kecil tp ber engine, apa lg engine kecil suaranya mirip2 tawon fuel irit
Kalo pesawat gede2 ber engine yaa sudah biasa lah nah kalo yg gede2 pake electrik baru luar biasa (mahalnya) butuh lipo lbh dri 3s kapasitas besar dan pasti perlu lbh dari 1 batre

Re: Convert elektrik to nitro
Posted: 03 Nov 2013, 14:12
by sulistio
Setelah melihat terbangnya cessna make eng 10 kok terasa lambat dibandingkan make motor 2409 dgn 3 cell.rencana nya mustang mau dipakein eng 21 biar enak diajak manuver