Page 2 of 3

Re: cara start turbine

Posted: 22 May 2014, 22:11
by joko k
Baru tahu kalau bahan bakar jet itu minyak tanah.. :ha3 kirain bahan bakar yang muahal harganya... :gg

Re: cara start turbine

Posted: 23 May 2014, 01:52
by unding
barubisaterbang wrote:permisi suhu,

saya sedang penasaran, engine turbine itu cara start nya gimana ya?
apakah juga perlu glow heater dan starter untuk menyalakannya?
untuk harga fuel kisarannya berapa ?
hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan apabila ingin menerbangkan pesawat turbine?
trim suhu


1. Udara bertekanan dialirkan masuk keruang bakar dgn cara :
a. menggunakan blower (dari luar)
b. memutar kompressor/turbin dgn motor listrik (brushed/brushles)
2. Ada 2 pipa suplai bahan bakar :
a. pipa untuk starting (pemanas awal) menggunakan bahan bakar gas (propane/butane) / gas korek atau elpiji
b. pipa untuk injeksi fuel (kerosin + oil 3 - 5%)
3. Setelah udara mengalir masuk, kran gas dibuka dan dinyalakan dgn glow plug sehingga terjadi pembakaran di
ruang bakar.
4. Setelah temperatur ruang bakar mencapai minimal 300 drj Celsius barulah bahan bakar kerosin diinjeksikan masuk
menggunakan gear pump, sebab pada temperatur tsb bahan bakar cair berubah menjadi uap/gas yg tentunya sangat
mudah terbakar.
5. Ada 3 komponen utama dari mesin turbin gas/jet :
1. Kompressor : fungsinya mengisap udara dari luar lalu mensuplai masuk keruang bakar dgn tekanan/volume yg
besar.
2. Ruang Bakar : udara bertekanan dari kompressor dicampur dgn fuel dan dibakar pada ruangan ini, sehingga udara
yg masuk mengalami ekspansi (peningkatan volume) akibat pembakaran.
3. Turbin : Udara panas yg keluar dari ruang bakar dgn tekanan dan volume yg sangat tinggi digunakan untuk
memutar turbin, yg selanjutnya turbin ini memutar kompressor. Aliran udara panas setelah me
lewati turbin dibuang melalui nozel dan masih memiliki tekanan/kecepatan tinggi yg selanjutnya di
gunakan sebagai daya dorong pesawat.

Re: cara start turbine

Posted: 23 May 2014, 06:17
by sudjai sarmo
joko k wrote:Baru tahu kalau bahan bakar jet itu minyak tanah.. :ha3 kirain bahan bakar yang muahal harganya... :gg



Minyak Tanah ditempat saya memang mahal, hampir dua kali lipat harga Premium. Makanya sekarang nggak ada orang jual Premium eceran yang dioplos dengan minyak tanah.


Foging penyemprot nyamuk saya punya, untuk penyalaanya pakai Battery jenis A empat biji, tangki premiumnya 2 liter, tangki Solar dan obat anti nyamuknya ( Malation ) 10 liter. Tempo hari beli dari perusahaan tambang emas yang gulung tikar dan dijual oleh sekuriti yang empat bulan tidak mendapat honor. Dua liter Premium habis dalam waktu 15 menit saja.

Re: cara start turbine

Posted: 23 May 2014, 17:33
by barubisaterbang
iwan21 wrote:Prinsip start yg paling gampang kita liat ya di peralatan foging nyamuk DBD om :cling

Itu sebenernya Pulse jet tuh, gak main2
1. Start awal di pompa dulu ( kalo turbin jet tentu kompressornya diputer dulu pake motor listrik, atau pake udara tekanan tinggi yg di semprot ke ruang bakar ( combustion chamber)
2. Setelah tekanan tercapai, bahan bakar di buka sampe bercampur dg udara yg udah bertekanan
3. setelah itu igniter aka spark plug alias busi dinyalain supaya campuran udara dan bahan bakar terbakar, igniter di micro jet engine saya liat bentuknya sama dg glow plug, bisa jadi emang pake glow plug aja

kalo di pulse jet, katupnya buka tutup, maka itu suara penyemprot foging merepet gitu.

Nah setelah campuran udara dan bahan bakar terbakar dan meletus kebelakang combustion chamber, itu gas muterin turbin yg asnya terhubung ke kompressor depan.
Kalo siklus ini udah berjalan, bantuan dari luar ( udara bertekanan atau motor starter atau igniter) di stop deh.
Tinggal monitor tekanan udara, saluran bahan bakar serta juga temperatur gas buang ( EGT)

Gitu om kira2nya yg saya perhatiin kalo orang ngidupin semprotan foging DBD aka micro jet Engine


komplit nih penjelasan dari suhu,...tinggal tunggu turbinenya sampai dipangkuan baru bisa praktek,...

btw,.. apa ada pesawat homemade yang menggunakan turbine, maksud saya homemade disini bukan yang menggunakan bahan fiber,...

Re: cara start turbine

Posted: 24 May 2014, 10:47
by stefendy
Fuel Engine Turbine itu pakai Avigas Turbine biasa disebut AvTur


Koreksi dikit Avigas / Avgas ( Aviation Gasoline ) tidak sama dengan Avtur ( Aviation Turbine ), Avgas sama dgn bensin/gasoline yg beda zat additive ( anti freeze dll ) dan RON number untuk engine piston, Avtur hampir sama dengan minyak tanah / kerosine untuk bahan bakar engine turbine.

Re: cara start turbine

Posted: 24 May 2014, 11:02
by sudjai sarmo
stefendy wrote:
Fuel Engine Turbine itu pakai Avigas Turbine biasa disebut AvTur


Koreksi dikit Avigas / Avgas ( Aviation Gasoline ) tidak sama dengan Avtur ( Aviation Turbine ), Avgas sama dgn bensin/gasoline yg beda zat additive ( anti freeze dll ) dan RON number untuk engine piston, Avtur hampir sama dengan minyak tanah / kerosine untuk bahan bakar engine turbine.


Kalau AviGas itu untuk Piston Engine dengan RON ( Real Octane Number ) 100. Diatas Pertamax Plus. Tetapi masih dibawah Methanol. Sayang Methanol hanya punya energi thermal seperempatnya Pertamax jadi kalau dipakai pesawat komersil malah tidak murah.

Re: cara start turbine

Posted: 24 May 2014, 14:47
by hulmannapit
Di Hobbyshop langganan ada tersedia tuh "pulse jet" yg disebut oleh suhu Iwan, harganya cukup terjangkau tapi gak berani belinya :hi3
'ngeri" dengar iklan yg menyatakan bahwa untuk menghidupkan pulse tersebut diharuskan menggunakan alat2 keselamatan "ekstra"seperti penutup telinga dll.. :kgt
Tapi barangkali ada diantara para suhu yg sudah pernah mencobanya, jadi penasaran seperti apa sih...? :ktk

Re: cara start turbine

Posted: 26 May 2014, 13:58
by Salimo007
iya betul ada pulse jet yg harganya terjangkau...tapi katanya itu gak bias mainin trotelnya. apa betull...

Mungkin lebih afdol bikin topic tersendiri ya..

Re: cara start turbine

Posted: 28 May 2014, 10:47
by dino
:hmm Image

Re: cara start turbine

Posted: 13 Jan 2015, 10:11
by lukman
:mtp....ILMU YG SANGAT BERMAMFAAT