toto wrote:....... .... Menunggu laporan maiden video dan foto sama evaluasinya ya suhu .... Salam
trima kasih suhu eyang Toto, saya kok malah deg degan buat maiden, ga seperti biasanya, karena punya pengalaman buruk di pesawat twin boom dengan elevator di atas. Punya kecenderungan berubah sudut incidence nya.
hilmiskydiver wrote:Keren banget... Ati2 yg punya rc tank..bakal dihabisi Dr udara
trims om Hilmi
hery_s wrote::mtp ngak sabar lihat finish dengan decalnya...
iya om Hery saya juga ga sabar pengen didetail aja
hidayat07 wrote:Luar biasa sobat ini.....sangat takjub dengan karya2nya....btw pake batre brp om....mengingat pesawat ini tail heavy nya besar.....salam sukses om Jul
Trims om. Sama sekali ga tail heavy om Hidayat, malah dengan batere 2200 mah masih 30 cm lebih jaraknya dari hidung dengan agak sedikit nose heavy. Dengan CG 1/3 dari chord sayap.
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 08 Jun 2015, 09:40
by hidayat07
Wow mantabbb deh om Jul....
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 08 Jun 2015, 10:19
by julescrafter
UPDATE lagi. video taxiing test dan test landing gear
cuma sebentar karena prop atau motor yang goyang atau kurang balance jadi terpaksa mendarat. Evaluasi : - Take off run ngga langsung terbang sendiri perlu up elevator : kemungkinan nose heavy atau sudut incidence horizontal stabilizer - Control di udara cukup stabil dan anteng padahal belum di trim. - Bunyi motor bergetarnya terdengar sekali : mungkin shaftnya bengkok sedikit - Test glide pesawat ga lurus maunya kebawah terus : kemungkinan nose heavy atau sudut incidence horizontal stabilizer
Agak bingung menyeimbangkan bronco ini, karena desain fuselagenya memang membungkuk/ mengarah bawah walaupun pesawat lurus, dulu katanya untuk memudahkan menembak darat tanpa pesawat harus menukik terlalu tajam. Jadi hasilnya nose heavy karena terlalu ke bawah hidungnya. Penerbangan cuma 1 kali karena setelah mendarat cukup hard, firewall copot dari gabus pemegangya. Coba lagi besok
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 09 Jun 2015, 08:09
by iwan21
julescrafter wrote:cuma sebentar karena prop atau motor yang goyang atau kurang balance jadi terpaksa mendarat. Evaluasi : - Take off run ngga langsung terbang sendiri perlu up elevator : kemungkinan nose heavy atau sudut incidence horizontal stabilizer - Control di udara cukup stabil dan anteng padahal belum di trim. - Bunyi motor bergetarnya terdengar sekali : mungkin shaftnya bengkok sedikit - Test glide pesawat ga lurus maunya kebawah terus: kemungkinan nose heavy atau sudut incidence horizontal stabilizer
Agak bingung menyeimbangkan bronco ini, karena desain fuselagenya memang membungkuk/ mengarah bawah walaupun pesawat lurus, dulu katanya untuk memudahkan menembak darat tanpa pesawat harus menukik terlalu tajam. Jadi hasilnya nose heavy karena terlalu ke bawah hidungnya. Penerbangan cuma 1 kali karena setelah mendarat cukup hard, firewall copot dari gabus pemegangya. Coba lagi besok
kalo liat yg dibold merah, positif nose heavy om yg bold item kayaknya gak ada hubungannya deh om antara posisi fuselage membungkuk dg nose heavy, nose heavy ya nose heavy aja gak peduli nose lurus atau nukik kebawah
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 09 Jun 2015, 08:13
by vtoms_486
oom jules...
bisa tambah penjelasan cara buat canopy-nya??
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 09 Jun 2015, 08:33
by julescrafter
iwan21 wrote:
kalo liat yg dibold merah, positif nose heavy om yg bold item kayaknya gak ada hubungannya deh antara posisi fuselage membungkuk dg nose heavy, nose heavy ya nose heavy aja gak peduli nose lurus atau nukik kebawah
siap om Roji, jadinya gampang solusinya tinggal geser batere deh Maksudnya yang bungkuk tuh jadinya sulit om buat nimbangnya, kalo pesawat normal kan asal body lurus horisontal, maka itu udah seimbang. Kalo yang fuselagenya bungkuk kan kira2nya susah, ntar dibikin lurus tail heavy lagi, gitu om maksudnya kemarin.
vtoms_486 wrote::mtp oom jules...
bisa tambah penjelasan cara buat canopy-nya??
Thanks om vtoms Canopy nya berdasarkan plan/pola nya om. Jadi canopy ga dibentuk tapi dari bahan plastik PET lembaran atau bisa juga pake plastik mika. Dipotong sesuai pola yang terdiri dari 4 bagian untuk 1 piece canopy, lalu disambung2 dengan lakban bening bisa atau di lem dengan lem panas juga bisa. Sambungan dirancang pas di sambungan frame2 canopy aslinya jadi nanti bisa ditutup biar ga kliatan sambungannya. Bisa di liat di gambar 3D berikut
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 09 Jun 2015, 08:48
by iwan21
julescrafter wrote:Maksudnya yang bungkuk tuh jadinya sulit om buat nimbangnya, kalo pesawat normal kan asal body lurus horisontal, maka itu udah seimbang. Kalo yang fuselagenya bungkuk kan kira2nya susah, ntar dibikin lurus tail heavy lagi, gitu om maksudnya kemarin.
patokannya pake posisi sayap aja om, sayap mendatar saat CG pas
Re: OV-10 Bronco 130 cm pusher
Posted: 09 Jun 2015, 09:58
by julescrafter
iwan21 wrote:patokannya pake posisi sayap aja om, sayap mendatar saat CG pas
Siap om Roji, tapi walau sayap lurus tapi AoI hor-stab negatif ga papa ya om?