Mantaps..
Jika sudah lancar, hematnya mesin dinyalakan, setelah nyala, kemudian disimpan dengan diberikan after run oil, biar nggak macet lagi.
Kalau habis disikat, terus langsung disemprot sonax dan carb cleaner, kemudian didiamkan, khawatir karet bisa rusak terutama kena cairan carb cleaner, karena cairan tersebut belum ikut terbakar.
Carb cleaner diperuntukan untuk mesin gasoline, bukan nitro/glow. Cairan tersebut kalau didiamkan lama dalam mesin, sepertnya "agak" jahat ke kare-karet
Mesin YS110 4 stroke saya dulu macet, dikasih Sonax 1 hari, klep lancar, carb disemprot carb cleaner pada waktu akan dinyalakan.
Setelah mesin nyala, semua cairan Sonax dan Carb Cleaner terbakar, aman jadinya, kemudian diberi after run oil.
Sampai sekarang masih lancar, nggak tahu 2 tahun lagi
Yang pasti lebih baik simpan mesin head-nya diatas, jangan inverted, apalagi mesin 4 stroke, sisa fuel atau oknum-oknum cairan nggak jelas pada ngumpul di head, bikin macet...
Jadi kalau mesin 4 stroke sudah terpasang di pesawat dan inverted, simpan pesawatnya di hangar rumah harus posisi inverted, biar head-nya ke atas.
PR banget ya engine 4 stroke, tapi tendangan torsinya yahuddd...
Salam