WD4 Bi-Plane (Double Wings)
- sandiarta
- Airman
- Posts: 44
- Joined: 03 May 2007, 16:07
- Location: Cakung Jakarta Timur
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
iwan21 wrote:Kalo kedua sayap sejajar dan leading edge atas bawah sama, posisi CG persis sama dg CG aslinya, kecuali sayap atas lebih maju 25 % dari sayap bawah, maka CG ada di sayap atas (Juga posisi aslinya dg leading edge sayap bawah persis di posisi CG sayap atas)
Karakter terbang ?, dicoba dulu aja deh om..., yg jelas akan lebih floating karena wing area jadi 2 x lipat dan wing loading jadi 50% heheh
Thanks a lot suhu Iwan....

Kayaknya WD bi-pane musti grounded dulu buat reposition mainwingnya...

Btw, bagaimana cara ngukur CGnya om? Apakah caranya dipegang di ujung sayap atas (sejajar dgn stick kayu penahan) sama seperti ngukur CG WD4 standard? Pls reply, thks om

- tedyBAT
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 16 Oct 2007, 09:05
- Location: Banjarmasin
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Augustinus Aurelius wrote:Btw, bagaimana cara ngukur CGnya om? Apakah caranya dipegang di ujung sayap atas (sejajar dgn stick kayu penahan) sama seperti ngukur CG WD4 standard? Pls reply, thks om
Iya, sama aja , posisi pas di spar kayunya
Rossi wrote::-$ lagi mbayangin kalo ekornya juga dua (aileron sama rudder) hhihi pas lagi terbang di WD kawin...![]()
ato WD kembar ber gandeng![]()
![]()
Jadi WD gendheng ..wa kak kak kak kak....

- Syafik
- Major General
- Posts: 4021
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
- kucing
- Senior Master Sergeant
- Posts: 572
- Joined: 20 Jan 2007, 12:04
- Location: BINTARO
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Saya belum sempat terbangin... Rasanya musti di foto-foto dulu dan dipandang sampai puas baru diterbangin... Paling ngga kalo gagal terbang dan crash, saya masih punya foto buat kenangannya.. hehehe...
WD4 biplane saat ini udah saya buat roda khusus buat rogging di rumput, karena dgn tambahan sayap di bawah sangat sulit bagi tangan utk memegang fuselage, jadi takeoff dgn handlaunch sepertinya ngga bisa lagi.
Sambil menunggu saat maiden... saya ingin belajar lebih banyak ttg Bi-Plane..
Bi-plane ada yg sayapnya sejajar ada yg staggered... Kelebihan dan kekurangannya apa?
Kata forum sebelah sayap bi-plane staggered jauh lebih sulit ngatur CG nya ketimbang yg biplane dgn sayap sejajar.. apa benar ?
Sepertinya Bi-Plane memang menuntut ilmu dan skill lebih banyak daripada single wing...
WD4 biplane saat ini udah saya buat roda khusus buat rogging di rumput, karena dgn tambahan sayap di bawah sangat sulit bagi tangan utk memegang fuselage, jadi takeoff dgn handlaunch sepertinya ngga bisa lagi.
Sambil menunggu saat maiden... saya ingin belajar lebih banyak ttg Bi-Plane..

Bi-plane ada yg sayapnya sejajar ada yg staggered... Kelebihan dan kekurangannya apa?
Kata forum sebelah sayap bi-plane staggered jauh lebih sulit ngatur CG nya ketimbang yg biplane dgn sayap sejajar.. apa benar ?
Sepertinya Bi-Plane memang menuntut ilmu dan skill lebih banyak daripada single wing...