Page 2 of 16
Posted: 04 Apr 2008, 10:03
by rpramusinto
Posted: 04 Apr 2008, 11:32
by wanwan
Terimakasih Pak Sinto,saya juga sudah memakai training skid kok,tapi berhubung simulatornya hanya pake fms pak ya maklum(ga punya kabel dongle-nya,skr pake remote esky usb)kalo di fms kan kalo hover ga geser ke kiri jadi kalo di fms hover tidak masalah (helinya betul2 anteng kalo hover,saya pake new_cp),ternyata realitanya berkata lain jadi ya maklum berhubung pemula.mungkin dari teman2x ada saran klo pake fms model yang mendekati belt-cp.
Thank's
Posted: 04 Apr 2008, 13:49
by Syafik
Halo mas wanwan... biasanya heli yang dibeli RTF kebanyakan sudah disetting default dari pabriknya kecuali yang sudah pernah dicoba2in jadi mestinya settingnya udah bagus untuk pemula kalaupun kurang2 dikit harus disetting sendiri misal kecenderungan miring ke kiri itu terus menerus bertarti swashplate kurang level dan harus di trim kanan dikit sampai level... kalau masahalnya miring karena ground effect itu semua heli karakternya gitu tidak bisa 100% diam saat lift keatas (hover)... tapi semakin besar heli akan semakin hilang efek miring2nya
Posted: 04 Apr 2008, 14:44
by wanwan
oh ya mas Syafik terimakasih pencerahannya,maaf heli saya arf mas....
BTW bagaimana ya cara menggunakan pitch gauge(semoga benar namanya,yg untuk jepit baling2 terus ada angkanya),berapa angka yang hrs pas etc. berhubung beli tapi ga bisa pakenya....abis ga ada manualnya sich....ya mau ga mau nanya seniorlah....dan berharap dapat ilmu anti crash.
Posted: 04 Apr 2008, 15:34
by Syafik
Pith gauge itu mengukur sudut blade... masukkan pith gauge ke blade dan dijepit supaya gak geser2... trus tentukan berapa yang diinginkan sudutnya, tapi sebelum itu kabel esc yang ke motor dicopot aja biar blade gak muter saat setting...
Contoh untuk normal flight, pada posisi stik trh posisi low (paling bawah), pitch arahkan di angka -3 terus pada tx atur angka2nya di menu pitch curve sampai menunjukkan posisi pitch sejajar dengan flybar, diusahakan flybar juga posisi horisontal... setelah itu untuk posisi stik geser ke tengah, atur sudut pitch gauge di 4 derajat trus atur nilainya di pitch curve di tx seperti cara pertama... dilanjut posisi stik atas kasih sudut 10 derajat
Ini asumsi untuk belajar hover dengan normal mode, kalau pake untuk 3D disetting di idle mode kasih pitch -10, 0, +10
demikian pak...
Posted: 04 Apr 2008, 15:56
by wanwan
ok nati saya coba dirumah mas...
biar besuk sabtu bisa latihan hover seharian.....terus minggu sudah mabuuuurr (menghibur diri)
oh ya mungkin ada saran lagi mas sebelum take off.....
Posted: 04 Apr 2008, 18:25
by dedy_r450
wanwan wrote:ok nati saya coba dirumah mas...
biar besuk sabtu bisa latihan hover seharian.....terus minggu sudah mabuuuurr (menghibur diri)
oh ya mungkin ada saran lagi mas sebelum take off.....
Advice nya 'safety first'
Pastikan semua part dan setting dlm kondisi ok, jgn mentolerir sedikitpun hal-hal yg menurut anda sepele <seperti mur kendor, dSb> sebab bisa menimbulkan bencana.
Pastikan mengambil jaraj yg cukup antara heli dan pilotnya, juga terhadap lingkungan sekitar. pastikan jarak amannya.
Lebih bijak jika anda terbang dengan org yg telah bisa menerbangkan heli.
Posted: 04 Apr 2008, 18:56
by ronald
Syafik wrote:Halo mas wanwan... biasanya heli yang dibeli RTF kebanyakan sudah disetting default dari pabriknya kecuali yang sudah pernah dicoba2in jadi mestinya settingnya udah bagus untuk pemula kalaupun kurang2 dikit harus disetting sendiri misal kecenderungan miring ke kiri itu terus menerus bertarti swashplate kurang level dan harus di trim kanan dikit sampai level... kalau masahalnya miring karena ground effect itu semua heli karakternya gitu tidak bisa 100% diam saat lift keatas (hover)... tapi semakin besar heli akan semakin hilang efek miring2nya
Benar mas wanwan, ini juga menurut pengalaman saya blajar hover, semakin besar ukuran helinya, sepertinya gaya drag kekiri semakin kecil. Sewaktu nerbangin heli .15 gaya drag kekiri masih terasa dikiiiit.. nerbangin raptor .50 gaya tersebut hampir gak ada, lihat punya temen2 yg elektrik kelas 450 gaya drag nya lebih kelihatan. Kuncinya ya simulator, biar jempol lebih lemes buat counter kiri kanan, gak berlebihan dan refleks jempol juga terukur.
Thx
Re: Setting Belt-CP
Posted: 04 Apr 2008, 23:53
by Ivan Rene
budi.santoso wrote:dedy_r450 wrote:wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
Mungkin menurut saya,.. ya karakter heli begitu mas,.. kalau dia geser ke kiri,.. ya aileron harus diimbangin ke kekanan secukupnya.. Klo setelah terbang dia kekanan, ya aileron di oyang lagi ke kiri secukupnya,.. begitu seterusnya.. tinggal latihan jempolnya aja mas..
BTW maksudnya di tambahain pitchnya ke kanan itu maksudnya gmn to?
Nah lho !

@ Pak Budi : hehehe......iya pak, special edition...
@ Wanwan : tambahannya adalah harus selalu sabar dalam practice...dijamin pasti hovering skill dan flight skillnya bertambah.
Re: Setting Belt-CP
Posted: 05 Apr 2008, 03:09
by Budiman
wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
Alo Mas Wanwan,
Main blade heli anda mestinya berputar searah jarum jam kan...menurut apa yg perna saya baca...pada saat main blade berputar itu..timbul torque yg arahnya berlawanan dari arah putar main blade...jadi ini yang menyebabkan heli sampean bergeser ke kiri sedikit..sehingga perlu di counter aeleron ke kanan sedikit pula...Nanti sedikit demi sedikit seiring dengan pertambahan jam terbang,sampean akan bisa meng-counter heli saat take-off tanpa disadari ...sehingga akan nampak heli take-off benar2 vertical lurus...
Demikian semoga bisa memberikan inspirasi.. selamat berlatih dan tetap semangat..
salam,
Budi