Augustinus Aurelius wrote:Kalo pswt trainner engine 15 (A/RTF) yg masih beredar di pasaran apa aja sih om?
Itu yang saya sudah gak lihat lagi pak. Jadi saya buat lagi, soalnya pesawat kecil lebih aman kalau crash. Cocok buat melatih, tapi kurang mampu lawan angin.
sukses pak de, saya juga pake yang imut2 saat ini saya pakai tapi dapet arf namanya boxfly uenak tenan sejak maiden ampe sekarang tidak pernah tidak diterbangkan malah udah somplak tuh elevator dan dudukan tail landing skidnya tapi udah dirapihkan lagi dan sekarang lagi dibikin adiknya hasil fotocopy
jadi betul sekali tuh pak de justinus, pesawat + pernik2 nya murmer cukup engine .15 kalo terbang sopan sambil glide bisa sampe 20 menit bikin kemeng gulu kalo dipakai aerobatik ringan masih lumayan bisa ampe 12 menitan sampe bikin bibir meniran pak de ........ abis ini udah diatas meja kembarannya slowpoke low wing juga imut2 praktis bawanya .........
Pitra Ratulangi wrote:wing spannya brp an om Justinus? n total kost buildingnya habis brp ?
Wing span 1000mm P. Pitra. Kalau cost buildingnya ini yang agak susah. Gak pernah dihitung, soalnya kalau belanja juga sewaktu2. Kayu, solar film dan lain2 sudah punya. Kalau ke HS suka beli2, jadi material sdh punya tabungan.
Kalo pswt trainner engine 15 (A/RTF) yg masih beredar di pasaran apa aja sih om?
masih ada kok om buatan Great Plane ada yg ARF dan KIT dan OK model ARF, saya sudah menerbangkan yg produk OK model bener2 presisi waktu merangkainya enggak perlu ada adjustment apa2 langsung plek cuman rada nose heavy jadi posisi batterainya saja yg dimundurkan dari apa yg direkomendasikan di manual untuk menghindari nempel2 timah jadi berat pesawat murni pernik yg diperlukan langsung saja, saya pakai engine OS15LA dgn propeller gonta ganti dari 8x4, 8x5 dan 9x4 tergantung gimana mo mainin tuh pesawat tapi yang paling cocok 8x5 utk si boxfly ini dan kalo sedang dipakai untuk latihan penerbang baru di pasang 9x4 abis itu ke 8x4 baru ke 8x5
Untuk trainer 15 sudah maiden tanggal 14 Juni 2008, tapi nggak ada yang nge-foto dan report.
tapi saya punya beberapa foto penerbangan hari Minggu 15 Juni 2008, entah penerbangan keberapa, ke 7 mungkin ?
Pilot : P. Justinus
Photo by : Martinus
lagi terbang
lagi belok
landing, kelihatan cuma separo
Karena cuaca lagi gelap, harap maklum bila foto terlihat gelap
Mengenai karakter pesawat, dll. bisa ditanyakan ke pilotnya, Mr. Justinus!
bravo pak de justinus atas hasil maidennya .......... kayanya itu pesawat bener2 remote bisa dilepas tanpa was2 ya
boleh kasih saran enggak neh, tapi oke deh saya sampaikan aja, gimana kalo landing gearnya dibuat tail dagger aja terus main landing gearnya agak dimajuin biar pesawat keliatan lebih proposional ........ maaf ya pak de kalo enggak cocok sarannya
toto wrote:bravo pak de justinus atas hasil maidennya .......... kayanya itu pesawat bener2 remote bisa dilepas tanpa was2 ya
boleh kasih saran enggak neh, tapi oke deh saya sampaikan aja, gimana kalo landing gearnya dibuat tail dagger aja terus main landing gearnya agak dimajuin biar pesawat keliatan lebih proposional ........ maaf ya pak de kalo enggak cocok sarannya
sekali lagi selamat ............
Wah. Terima kasih p. Toto atas sarannya. Saya tidak suka tail dragger apalagi untuk pesawat kecil, karena dia susah belok. Lapangan kita kebanyakan cross wind, jadi kalau tail dragger sulit membimbingnya.
Secara keseluruhan pesawat ini bisa buat trainer. Take off agak sulit karena gak mampu melawan angin. Belum lapangan kita yang kasar. Engine kurang bagus, penyetelannya sulit, gas tidak bisa konstan. Tapi bisa buat belajar. Yang pasti tidak mengerikan seperti yang besar kalau seandainya crash. Anak saya sudah mencoba terbang 2 sortie setiap 10 menit tiap penerbangan. Dan hasilnya cukup melegakan karena saya gak terlalu deg2an. Perlu diketahui anak saya umur 7 tahun kelas 1SD. Jadi dia masih belum tahu bahaya. Padahal tempat kita terbang sudah dekat perumahan. Saya main aeromodelling kelas 2 SMP, pakai U/C (yang pakai tali). Untuk membimbing yang baru umur 7 th tantangan juga.
Hasilnya pesawat tersebut sudah sesuai dengan harapan saya. Bisa terbang (tidak terlalu pelan sih), tapi tidak mengerikan kalau sampai crash. Berat akhirnya 1100 gram.
setuju pak de, pesawat trainer imut2 saya tail dragger emang betul perlu kesabaran untuk nyetir di darat, malah kalau enggak sabar bukannya belok malah nari balet alias munyer2 ........... ok deh sukses atas maidennya dan melatih yang dengan penuh kesabaran tapi hasilnya kan prima ........... Bravo