Direct Serv to Swashplate, Main Gear V2Rex, Contr Rod S Mod

Ruang utk perakitan heli dan pembuatan heli homemade

Moderator: chandra

User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

@Om Eja... iya om.... teorinya seperti itu... main gear ini saya pake punyanya Rex450V2 apakah hal ini juga terjadi di Rex450V2?? sementara kalo dilihat spek motor Rex adalah 3500KV dan Belt CP 3800KV
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

oh yah pak kelupaan, alesan nya ganti gear punya SE kenapa pak? Apa karna gear bawaannya belt terlalu rapuh (kalau menurut saya sih iya emang cepet rontok...) catetan juga gear asli belt kan 140 kalau se v2 150 (bener kan yah...suhu?), saat ini pake pinion yang berapa pak? 12 kah? tinggal dibagi ajah pak jadi bis ketemu rasio yang hampir sama dengan sebelumnya...
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

@Oneocim.. alesan ganti main gear yang pertama biar ada warnanya, truss biar agak kuatan (betul om yang aslinya ringkih banget..) selanjutnya biar lebih murmer kalo ganti sewaktu-waktu.
Saat ini pake pinion gear 11T mau ganti yang 13T pengaruh ke motor ngga?
User avatar
oneocim
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 02 Mar 2008, 09:10

Post by oneocim »

eh om, nama saya iwan he he, maaf lupa ngenalin, engga enak juga dipanggil oneocim, meskipun panggilan emang ocim..
yang punya trex lebih murah yah om, wah harus ngecek harga lagih nih di indo, selama ini saya pesen barang lewat ebay terus soalnya
kalau ganti 13 putaran head nya lebih tinggi dibanding pas pake yang 11, 11/140 = 0,078 lebih kecil dibanding 13/150 = 0,086 kalau motor 3800KV brarti pas full throt dulunya 298 rpm sekarang jadi 329 rpm. Berbalik dengan torque, sekarang jadi lebih rendah, akibatnya yah ngeberatin motor kalau sekiranya melewati ambang batas...(kalau sampai itungan yang inih mah saya belon nyampe nih elmunya...)
Pak pake pinion 13 nya ituh asli punya esky apa align? Kalau engga salah motor2nya align shaft nya lebih besar yah dibanding motor esky? trus nambah tanya lagih (nanya mulu yah...) pinion esky giginya ngepas engga ama giginya main gear trex? Saya juga rencana mo ganti gear (yang plastik nilon biar lebih kuat) pilihan yang plek banget tanpa ngubah dudukan cuman punya MX400 atau blade400, cuman yah ituh takut susah nyari nantinya, beda ama barang trex, da dimana2. Kalau yang trex ngepas juga engga pak?
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

He..he..he... thanks om iwan... saat ini dengan segala pemikiran maingear balik ke awal yaitu pake yang asli punyanya, lain waktu kayaknya patut dicoba dengan main gear Rex dan 13T pinion Rex untuk uk. belum tau sih pas apa ngga??
kalo untuk pitch giginya antara yang punta rex dengan pinion esky sama om ngeplak
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Wah salut untuk modif kreasinya pak sulistyo... sedikit urun pendapat, motor esky memang 3800kv tapi torsinya kalah kuat dengan punya trex atau rex jadi memang direkomendasikan pinion 11T dengan bawaan maingear punya esky menghasilkan headspeed sudah cukup banget bahkan terasa memang RPM tinggi banget... kalau menggunakan gear punya trex RPM jadi lebh rendah tapi torsi lbh kuat dan masih blm cukup kuat untuk digunakan manuver agak keras kalau masih mempertahankan motor bawaan esky... supaya lebih pas dengan main gear trex pake motor trex juga yang 3550kv dengan pinion 13T pasti tenaga dan RPM sangat cukup buat manuver apapun... tapi perlu diingat esc bawaan esky kayaknya berat mengangkat motor trex, perlu yang min 35A

Salut deh... kalau ada step2 pembuatannya (modif) tambah mantap pak...
User avatar
Sulistiyo
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 266
Joined: 09 Jul 2007, 15:15
Location: Cikarang Baru Jababeka

Post by Sulistiyo »

@om Syafik... thank om urun rembuknya saat ini gear sudah kembali ke normal (11T + main gear asli) power kembali ok..
Post Reply