Page 2 of 3
Posted: 31 Oct 2008, 13:10
by Budi
Syafik wrote:Makanya peswt pattern dg stabilitas tinggi seperti untuk F3A selalu fusenya panjang, bahkan ada yg lebh panjang dari wing nya... berarti pengaruh fuselage seperti penjelasannya om pemula1, kalau pswt acrobatik dan 3D lebih pendek fuse nya
Bener oom Syafik......kebanyakan fuselage untuk pesawt Funfly(3D) pendek.....supaya respond dari Rudder dan Elevator lebih cepat karena lebih dekat dengan tiupan propeller......istilahnya mumpung anginnya masih ngumpul.......
Posted: 31 Oct 2008, 14:30
by christoffel
- bentuk fuse terutama mempengaruhi drag
- WL tidak terpengaruh (kecil sekali) kecuali kalo fuse nya sangat lebar sehingga juga berfungsi (sbg sayap) menambah lift
- F3A memanfaatkan fuse yg ramping dan tinggi sebagai fin agar didapatkan kestabilan yg baik saat bermanuver
- fuse yg tinggi juga bisa berfungsi sebagai wing saat knife edge (bandingkan katana dg magic)
- selain dari hal2 diatas, fuse hanyalah sebagai dudukan (sayap, ekor, engine dll), dan untuk mempercantik tampilan pesawat saja. makanya pesawat2 wayang tetep bisa terbang bagus ... juga pesawat2 3D minimalis yg cuman pake boom buat dudukan ekornya ... lebih extreem lagi, pesawat flying-wing, yg memang nggak punya fuse tapi tetep terbang bagus ...
Posted: 31 Oct 2008, 14:39
by Syafik
Jadi ngerti deh... kalo pswt F3A gak bisa buat hover2 ya pak...
Posted: 31 Oct 2008, 14:42
by christoffel
lho ... bisa aja fik, cuman nggak se enak pesawat 3D ...
Posted: 31 Oct 2008, 14:56
by Budi
christoffel wrote:lho ... bisa aja fik, cuman nggak se enak pesawat 3D ...
Wah Oom Syafik .......... di cibubur Super Sport 40 (OS55AX) sama Aeropet 90 (ASP120FS) di siksa hover sama temen2.......cuma emang sperti Oom Christoffel bilang, nggak bisa ekstrim seperti masuk kin rudder ke got.........
Posted: 31 Oct 2008, 15:03
by Syafik
Pemula 1 wrote:christoffel wrote:lho ... bisa aja fik, cuman nggak se enak pesawat 3D ...
Wah Oom Syafik .......... di cibubur Super Sport 40 (OS55AX) sama Aeropet 90 (ASP120FS) di siksa hover sama temen2.......cuma emang sperti Oom Christoffel bilang, nggak bisa ekstrim seperti masuk kin rudder ke got.........
Hehehe... saya gak bisa bayangin pak... engine takut, yang foamy aja diajak berdiri2

Posted: 31 Oct 2008, 16:51
by NGL
Nambahin dikit aja:
Kalau untuk pesawat sesungguhnya, bentuk fuselage disesuaikan dengan tujuannya (jumlah penunpang, cargo, loading-unloading, dll). Dari kebutuhan tersebut, didisain yang menghasilkan drag kecil, tetapi mudah strukturnya.
Kalau untuk aeromodelling, sudah om-om jawab. Menambahkan bahwa panjang fuselage sebenarnya bertujuan untuk kemudahan manuver. Dimana kombinasi perubahan elevator dan rudder dengan lengan momen yang panjang (jarak wing dengan ekor) akan memberikan momen yang cukup untuk mengendalikan pesawat waktu manuver.
Pada model 3D memang pendek karena saat hover tidak ada speed dibantu oleh propeller agar bidang kontrol bisa berfungsi. Kalau terlalu jauh dari prop efek ini berkurang. Makanya elevator dan rudder ukurannya besar-besar untuk mengkompensasi jarak/lengan momen yang kecil.
Salam,
Gayus
Posted: 31 Oct 2008, 19:44
by flytosky
Mr. Dom's wrote:kalau dalam aeromodeling bentuk fuse hanya buat aerodinamis saja... tapi untuk pesawat beneran perlu dipertimbangkan dalam hal mengatasin perbedaan tekanan cabin dengan atmosfir luar jadi cenderung membulat...
seperti nya tidak hanya mengatasi perbedaan tekanan cabin. perlu dipikirkan juga soal angin buritan atau crosswind. kalau bentuk kotak, tentu akan membuat pesawat drifted away dari flightpath nya gara gara bentuk fuse yang kotak.
Posted: 04 Nov 2008, 22:43
by christoffel
secara mekanika, struktur bulat memang lebih kuat dari struktur kotak.
secara estetika, struktur bulat juga lebih manis dari struktur kotak.
dari segi futuristik, struktur bulat juga tampak lebih modern dari pada struktur boxy yg terkesan jadul ...
dari sudut pandang aerodinamic, struktur bulat juga lebih kecil dragnya dari struktur kotak.
satu2nya kelebihan struktur kotak adalah jauh lebih mudah dan murah dalam pembuatan nya ....
jadi .... ??????
Posted: 05 Nov 2008, 09:49
by flytosky
jadi bingung