Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- TrexZation
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 13 Mar 2007, 14:09
- Location: Surabaya
Pak Jai, setting sy juga sama d 9CHP. Bila aktif aileron en elevator kebawah. Tapi yg bikin sy bingung lg ada settinggan yg sy baca 2aileron kebawah, elevator ke atas. Trus ada lg yg 2aileron keatas, elevator kebawah. Nah itu utk apa saja fungsinya??? apakah salah satu ini berfungsi utk mengerem laju pswt di landasan?
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Pesawat Anda tentunya punya flap dan aileron independent, kalau flap dikeataskan 90 degre terhadap arah pesawat artinya dia berfungsi sebagai air break gunanya untuk mengurangi laju pesawat sebelum landing gear break diaktifkan, itu untuk mencegah lining break terbakar saat pesawat masih tinggi kecepatanya dan di rem, juga jangan sampai terjadi kerusakan fatal pada bagian landing gear assy, kalau di turunkan kebawah baru berfungsi sebagai flap yang gunanya untuk menambah daya angkat sayap pada saat kecepatan rendah.
Itu semua terserah kita mau di fungsikan menyeluruh atau sebagian saja tinggal di set di radio.
Itu semua terserah kita mau di fungsikan menyeluruh atau sebagian saja tinggal di set di radio.
- TrexZation
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 13 Mar 2007, 14:09
- Location: Surabaya
Tapi gimana klo pswt saya gak ada flap tersendiri pak?cuman ada aileron dgn 2 servo aja....apakah dianjurkan utk di set airbrake(aileron keatas)? Dan elevator di aktifkan ke bawah mungkin sedikit saja guna mengkounter geraknya aileron??? apakah bisa berfungsi utk mengerem? Sy belon berani mencoba di real world pak sebelon pasti......hahahaha
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Kalau begitu sama dengan Katana saya, yang keatas ( air break ) nggak usah di aktifkan, sedangkan switch C di 9CHP ada 3 posisi UP, Middle dan Down, UP pada saat terbang normal, Middle pada saat setengah flap kalau mau takeoff atau landing headwind yang cukup kencang, dan Down flap maksimum pada saat mau takeoff ataupun landing tanpa ada angin. Selamat mencoba.
- TrexZation
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 13 Mar 2007, 14:09
- Location: Surabaya
Pak Jai, sy kemaren coba di REFLEX dgn pswt yg ada flaps. Kenapa itu pswt cuman pake DOWN flap saja tanpa ada UP elevator yah? Apakah flaps itu cukup hanya dgn DOWN elevator saja?
Waktu hari minggu sy jg dah coba di pesawat beneran, tp posisi tinggi di atas. Hasilnya memang pesawat menjadi pelan bila flaps di aktif kan (setting nya ailerons down 20% elevator up 5%) Cuman sy belon berani pake buat landing. Berhubung agin agak kencang sy jd keder sendiri akhirnya landing biasa saja.
Sy jadi bingung antara tetap dibantu oleh elevator ato nggak sebaiknya?
Waktu hari minggu sy jg dah coba di pesawat beneran, tp posisi tinggi di atas. Hasilnya memang pesawat menjadi pelan bila flaps di aktif kan (setting nya ailerons down 20% elevator up 5%) Cuman sy belon berani pake buat landing. Berhubung agin agak kencang sy jd keder sendiri akhirnya landing biasa saja.
Sy jadi bingung antara tetap dibantu oleh elevator ato nggak sebaiknya?
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Untuk aman nya Anda pakai saja fungsi aileron, nggak perlu neko2 pakai flap, malah bikin bingung, pakai saja servo aileron kiri ke receiver kanal 1, dan servo aileron kanan ke kanal 6 atau sebaliknya, radio di sett pada flapperon jadi nggak perlu jumper lagi. Kalau masih pesawat baru EPA di 9CHP jangan terlalu extreem, secukupnya saja, Expo perlu diaktifkan kira2 -30 untuk semua kanal kecuali throttle.
Selamat mencoba.
Selamat mencoba.
- aan mahdie
- Posts: 4
- Joined: 28 Mar 2007, 13:42
- Location: Banjarbaru
- Contact:
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 583
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
fungsi flaps sendiri sebenarnya hanya untuk menambah daya angkat pesawat pada kecepatan rendah (makanya pesawat kalau mau landing selalu full flaps extended). sedangkan elevator hanya untuk menjaga nose pitch pesawat, agar tidak terlalu menukik dan terlalu mendongak. kalau terlalu mendongak, tar malah jadi stall. sedangkan kalo terlalu menukik, descent rate jadi terlalu tinggi dan landing bakal ga mulus.
airbrakes itu untuk mengurangi kecepatan pesawat diudara tanpa menghilangkan gaya angkat dari pesawat itu sendiri. sementara spoilers digunakan sewaktu pesawat touch down, guna merusak gaya angkat pesawat sehingga pesawat tidak kembali airborne begitu landing terlalu keras (pernah ngalamin kan? landing terlalu kenceng pesawatnya sehingga terbang lagi)
maaf kalau ga nyambung dengan apa yang di tanya.
airbrakes itu untuk mengurangi kecepatan pesawat diudara tanpa menghilangkan gaya angkat dari pesawat itu sendiri. sementara spoilers digunakan sewaktu pesawat touch down, guna merusak gaya angkat pesawat sehingga pesawat tidak kembali airborne begitu landing terlalu keras (pernah ngalamin kan? landing terlalu kenceng pesawatnya sehingga terbang lagi)
maaf kalau ga nyambung dengan apa yang di tanya.