Fungsi dari flaps,airbrake dan spoilerons

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

untuk ngimbangin spy pswt ndak jatuh krn speed rendah
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Katana saya pada saat flap diaktifkan dengan dua posisi, setengah dan full pakai switch C di 9CHP. Pada saat flap aktif keduanya turun kebawah lalu kalau aileron kita mainkan ke kanan maka yang kanan akan naik sementara yang kiri tetap, demikian juga sebaliknya.
User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Post by TrexZation »

Pak Jai, setting sy juga sama d 9CHP. Bila aktif aileron en elevator kebawah. Tapi yg bikin sy bingung lg ada settinggan yg sy baca 2aileron kebawah, elevator ke atas. Trus ada lg yg 2aileron keatas, elevator kebawah. Nah itu utk apa saja fungsinya??? apakah salah satu ini berfungsi utk mengerem laju pswt di landasan?
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Pesawat Anda tentunya punya flap dan aileron independent, kalau flap dikeataskan 90 degre terhadap arah pesawat artinya dia berfungsi sebagai air break gunanya untuk mengurangi laju pesawat sebelum landing gear break diaktifkan, itu untuk mencegah lining break terbakar saat pesawat masih tinggi kecepatanya dan di rem, juga jangan sampai terjadi kerusakan fatal pada bagian landing gear assy, kalau di turunkan kebawah baru berfungsi sebagai flap yang gunanya untuk menambah daya angkat sayap pada saat kecepatan rendah.
Itu semua terserah kita mau di fungsikan menyeluruh atau sebagian saja tinggal di set di radio.
User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Post by TrexZation »

Tapi gimana klo pswt saya gak ada flap tersendiri pak?cuman ada aileron dgn 2 servo aja....apakah dianjurkan utk di set airbrake(aileron keatas)? Dan elevator di aktifkan ke bawah mungkin sedikit saja guna mengkounter geraknya aileron??? apakah bisa berfungsi utk mengerem? Sy belon berani mencoba di real world pak sebelon pasti......hahahaha
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau begitu sama dengan Katana saya, yang keatas ( air break ) nggak usah di aktifkan, sedangkan switch C di 9CHP ada 3 posisi UP, Middle dan Down, UP pada saat terbang normal, Middle pada saat setengah flap kalau mau takeoff atau landing headwind yang cukup kencang, dan Down flap maksimum pada saat mau takeoff ataupun landing tanpa ada angin. Selamat mencoba.
User avatar
TrexZation
trainee
trainee
Posts: 17
Joined: 13 Mar 2007, 14:09
Location: Surabaya

Post by TrexZation »

Pak Jai, sy kemaren coba di REFLEX dgn pswt yg ada flaps. Kenapa itu pswt cuman pake DOWN flap saja tanpa ada UP elevator yah? Apakah flaps itu cukup hanya dgn DOWN elevator saja?

Waktu hari minggu sy jg dah coba di pesawat beneran, tp posisi tinggi di atas. Hasilnya memang pesawat menjadi pelan bila flaps di aktif kan (setting nya ailerons down 20% elevator up 5%) Cuman sy belon berani pake buat landing. Berhubung agin agak kencang sy jd keder sendiri akhirnya landing biasa saja.

Sy jadi bingung antara tetap dibantu oleh elevator ato nggak sebaiknya?
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Untuk aman nya Anda pakai saja fungsi aileron, nggak perlu neko2 pakai flap, malah bikin bingung, pakai saja servo aileron kiri ke receiver kanal 1, dan servo aileron kanan ke kanal 6 atau sebaliknya, radio di sett pada flapperon jadi nggak perlu jumper lagi. Kalau masih pesawat baru EPA di 9CHP jangan terlalu extreem, secukupnya saja, Expo perlu diaktifkan kira2 -30 untuk semua kanal kecuali throttle.
Selamat mencoba.
User avatar
aan mahdie
Posts: 4
Joined: 28 Mar 2007, 13:42
Location: Banjarbaru
Contact:

Post by aan mahdie »

Kalaupesawat dipasangi Flap memang uenak tenan. Mendaratnya bisa mulus sekali.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

fungsi flaps sendiri sebenarnya hanya untuk menambah daya angkat pesawat pada kecepatan rendah (makanya pesawat kalau mau landing selalu full flaps extended). sedangkan elevator hanya untuk menjaga nose pitch pesawat, agar tidak terlalu menukik dan terlalu mendongak. kalau terlalu mendongak, tar malah jadi stall. sedangkan kalo terlalu menukik, descent rate jadi terlalu tinggi dan landing bakal ga mulus.

airbrakes itu untuk mengurangi kecepatan pesawat diudara tanpa menghilangkan gaya angkat dari pesawat itu sendiri. sementara spoilers digunakan sewaktu pesawat touch down, guna merusak gaya angkat pesawat sehingga pesawat tidak kembali airborne begitu landing terlalu keras (pernah ngalamin kan? landing terlalu kenceng pesawatnya sehingga terbang lagi)

maaf kalau ga nyambung dengan apa yang di tanya.
Post Reply