Page 2 of 5

Posted: 21 Feb 2007, 09:43
by coyo
@markaban: klo boleh tau konfigurasi (jumlah lilitan, dia kawat, star/delta) motor cdr nya gimana?
untuk prop WD, sy pake lipo 2s kawat 0.4mm 11lilit star nggak ada masalah tuh, ini contoh pesawatnya:
http://www.gaero.info/forum/viewtopic.php?t=81

@joko: klo buat pemula, sy sarankan coba yg star dulu, klo dah muter baru coba ganti jadi delta.
klo motor gak muter banyak penyebabnya misalnya:
- salah gulung kawat
- salah masang magnet
- ada kawat yg short (biasanya short ama stator, perlu dicek pake AVO/multi meter)
- stator nabrak magnet (sy pernah kaya' gini, trus statornya dikecilin)

Posted: 21 Feb 2007, 09:54
by joko
thanks om Coyo atas masukkannya, entar saya coba dulu deh konfigurasi STAR, trims...

Posted: 21 Feb 2007, 09:56
by coyo
Star vs Delta:

untuk mendapatkan power yg sama, dgn dia. kawat yg sama, jumlah lilitan delta = 1.73x lebih banyak dari star. Misalnya star 10t = delta 17t

untuk dia.kawat yg sama dan jumlah lilitan yg sama, RPM delta = 1.73x lebih besar dari star, otomatis arusnya pun lebih besar, arus yg lebih besar tentunya motor jd cepat panas bahkan kadang2 sampe gak muter, juga diperlukan batere yg besar C nya dan ESC yg support arus besar juga.

klo ada yg kurang tolong ditambahkan,
klo ada yg salah tolong dikoreksi, namanya juga masih belajar 8-[

Posted: 21 Feb 2007, 10:08
by joko
Sebetulnya sy tertarik CDR motor udah lama, tapi percobaan I dan II gagal, so putus asa... sekarang sy semangat lagi coba bikin...
Om Coyo atau om -om yg lain ada yg bisa nampilin konfigurasi STAR gak?
Sy cari di file-file sy kok gak nemu-nemu yah?
trims.

Posted: 21 Feb 2007, 10:39
by coyo
mungkin ini bisa jadi referensi: http://www.bavaria-direct.co.za
Star:
Image
Delta:
Image
LRK:
Image
DLRK:
Image

Posted: 21 Feb 2007, 11:19
by joko
trims berat Om Coyo infonya,...
Konfigurasi STAR yg 3 kutub disolder itu gak dihubungkan ke ESC khan, sdgkan yg lainnya yg dihub. kan ke ESC khan? trims

Posted: 21 Feb 2007, 12:12
by coyo
betullll ...............
saran aza, waktu lagi gulung kawat, sering2 aza di cek kawatnya short ama stator apa nggak.
klo dah selesai baru di cek ternyata short, mesti dibongkar lagi. (pengalaman pribadi he3x....)

cara yg sy pake sekarang yaitu dicek sambil digulung, jd kabel dari multimeter yg satu dihubungin ke stator, yg satu lagi ke kawat yg lagi digulung. Klo misalnya ada yg short pasti langsung ketauan jd bisa langsung diantisipasi misalnya dikasih superglue.

hati2 juga, kadang2 ada enamel kawat yg suka leleh/rusak kena superglue, sy sendiri blm pernah mengalami, mungkin jenis/kualitas enamel kawatnya beda2

Posted: 21 Feb 2007, 12:36
by joko
thank so much atas pencerahannya Om Coyo....

Posted: 21 Feb 2007, 13:55
by iwan21
coyo wrote:betullll ...............
s
cara yg sy pake sekarang yaitu dicek sambil digulung, jd kabel dari multimeter yg satu dihubungin ke stator, yg satu lagi ke kawat yg lagi digulung. Klo misalnya ada yg short pasti langsung ketauan jd bisa langsung diantisipasi misalnya dikasih superglue.

hati2 juga, kadang2 ada enamel kawat yg suka leleh/rusak kena superglue, sy sendiri blm pernah mengalami, mungkin jenis/kualitas enamel kawatnya beda2


Disarankan enggap pake superglue/lem CA karena bisa merusak lapisan enamel pada kawat....lebih baik pake cat kuku aja yg aman...jadi setiap ada yg dicurigai short langsung tetesin cat kuku

Posted: 21 Feb 2007, 17:21
by coyo
yup... klo emang kepaksa pake superglue/lem CA mesti dicoba dulu pake kawat yg gak dipake trus diliat enamelnya rusak apa nggak, klo rusak berarti jgn pake superglue/lem CA.

sy sendiri selalu pake superglue/lem CA dan belum pernah mengalami enamel kawat rusak karena superglue/lem CA. Mungkin karena kebetulan dapet kawat yg agak bagus 'kali ya.....