Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

tambahan ,kaca mata yang clear/bening bisa di cari di toko alat pertukangan / diy => safety glass / google dan kemarin waktu belanja saya lihat ada obat luka yang model aerosol (semprot) dan menurut yg jual bentuknya foam dan jika kering spt film yg menutup luka.
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Re: Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari begin

Post by coyo »

flytosky wrote:.....
3. jangan pernah mencoba menangkap pesawat yang sedang berusaha landing, walaupun kecepatannya rendah, apalagi pesawat dengan props didepan (gila kali). rasanya seperti ditonjok dengan kekuatan penuh.
.....


klo pesawat foam kecil model pusher ato edf gpp donk.........
soalnya sy pernah nangkep pesawat yg mo landing, Om Supri pilotnya.
gak tau yg jago itu yg nangkep pesawat ato pilotnya he3x.......
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

sama 2x, ya pilot..ya cathcer nya sama nekadnya.... ha ha ha.......
User avatar
coyo
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 808
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

iya 'kali ya........ ha ha ha.........

mesti diingat buat yg mo coba, pastikan motor dalam keadaan mati sebelum di landing dgn cara ditangkep, untuk menghindari cedera/luka akibat putaran prop.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

waktu itu saya menangkapnya pesawat dalam kecepatan yang lumayan tinggi. jadi lumayan berasa tuh sakitnya. jadi kapok mau nangkep lagi.

satu hal lagi buat pemain WD, kalo landing kurang mulus, nyungsep atau apa, sebelum terbang, periksa ulang lagi clevis dll. punya saya udah 2kali kejadian, landing mulus, tapi waktu di ground, dia nyungsep ke got. mustinya ga papa, jadi langsung di handlaunch lagi. ternyata pesawat ga mau naik. pas diperiksa, clevis elevator patah.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

coyo wrote:iya 'kali ya........ ha ha ha.........

mesti diingat buat yg mo coba, pastikan motor dalam keadaan mati sebelum di landing dgn cara ditangkep, untuk menghindari cedera/luka akibat putaran prop.


Atau pake cara saya aja buat nangkep, kita berdiri miring dan pesawat foamnya ada didepan tapi enggak mengarah ke kita, jadi kalo luputpun itu pesawat lewat aja didepan kita..amaannn (tapi tentu aja pesawat udah glide dg kecepatan rendah dongg.. O:) )
User avatar
seasickers
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Bahan bakar nya .... juga, metanol bisa menyebabkan buta bila terminum,
dan mudah terbakar, jadi jangan ngerokok sambil isi bahan bakar......

Pecahan ato patahan propeller juga berbahaya,.... bila terlempar bisa seperti peluru berkecepatan tinggi.

Ato jangan nerbangin di sekitar kabel listik bertegangan tinggi,.... bisa kea strum.........
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

kena setrum? bisa ngaruh ke tx langsung geto?
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

kamsud eh.. maksudnya ..tu pesawat nabrak kabel listrik ,kabel putus ,kesetrom,pln datang dan nagih biaya reperasi kabel.....
biasanya kabel yg horisontal sulit ngelihatnya...
User avatar
nyonk
Grage Idol
Grage Idol
Posts: 374
Joined: 06 Mar 2007, 12:50
Location: indramayu

Post by nyonk »

ini terjadi pada teman saya yang ingin menyalakan engine.46 pesawat cap saya...
kita lupa ngecek baut spiner udah kuat apa belum...........
pada saat engine dinyalakan dengan cara di engkol ........sesaat engine sudah menyala tiba-tiba spiner
terpental langsung ke bagian dada ..........saya yang melihat langsung kejadian itu dengan cepat mematikan power trothle..........
saya nggak mau membayangkan jika propeler ikut melayang...........ini menjadi pelajaran buat kita semua. check semua komponen yang ada di pesawat , yakinkan bahwa semua itu dalam kondisi siap dan layak untuk diterbangkan..........sedikit kita lengah.............he he he he ........... ](*,) ](*,) ](*,) ...cape deh.........
Post Reply