Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
Re: Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari begin
flytosky wrote:.....
3. jangan pernah mencoba menangkap pesawat yang sedang berusaha landing, walaupun kecepatannya rendah, apalagi pesawat dengan props didepan (gila kali). rasanya seperti ditonjok dengan kekuatan penuh.
.....
klo pesawat foam kecil model pusher ato edf gpp donk.........
soalnya sy pernah nangkep pesawat yg mo landing, Om Supri pilotnya.
gak tau yg jago itu yg nangkep pesawat ato pilotnya he3x.......
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
waktu itu saya menangkapnya pesawat dalam kecepatan yang lumayan tinggi. jadi lumayan berasa tuh sakitnya. jadi kapok mau nangkep lagi.
satu hal lagi buat pemain WD, kalo landing kurang mulus, nyungsep atau apa, sebelum terbang, periksa ulang lagi clevis dll. punya saya udah 2kali kejadian, landing mulus, tapi waktu di ground, dia nyungsep ke got. mustinya ga papa, jadi langsung di handlaunch lagi. ternyata pesawat ga mau naik. pas diperiksa, clevis elevator patah.
satu hal lagi buat pemain WD, kalo landing kurang mulus, nyungsep atau apa, sebelum terbang, periksa ulang lagi clevis dll. punya saya udah 2kali kejadian, landing mulus, tapi waktu di ground, dia nyungsep ke got. mustinya ga papa, jadi langsung di handlaunch lagi. ternyata pesawat ga mau naik. pas diperiksa, clevis elevator patah.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
coyo wrote:iya 'kali ya........ ha ha ha.........
mesti diingat buat yg mo coba, pastikan motor dalam keadaan mati sebelum di landing dgn cara ditangkep, untuk menghindari cedera/luka akibat putaran prop.
Atau pake cara saya aja buat nangkep, kita berdiri miring dan pesawat foamnya ada didepan tapi enggak mengarah ke kita, jadi kalo luputpun itu pesawat lewat aja didepan kita..amaannn (tapi tentu aja pesawat udah glide dg kecepatan rendah dongg..

- seasickers
- Airman
- Posts: 30
- Joined: 23 Jan 2007, 13:50
- Location: Semarang
- Contact:
Bahan bakar nya .... juga, metanol bisa menyebabkan buta bila terminum,
dan mudah terbakar, jadi jangan ngerokok sambil isi bahan bakar......
Pecahan ato patahan propeller juga berbahaya,.... bila terlempar bisa seperti peluru berkecepatan tinggi.
Ato jangan nerbangin di sekitar kabel listik bertegangan tinggi,.... bisa kea strum.........
dan mudah terbakar, jadi jangan ngerokok sambil isi bahan bakar......
Pecahan ato patahan propeller juga berbahaya,.... bila terlempar bisa seperti peluru berkecepatan tinggi.
Ato jangan nerbangin di sekitar kabel listik bertegangan tinggi,.... bisa kea strum.........
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- nyonk
- Grage Idol
- Posts: 374
- Joined: 06 Mar 2007, 12:50
- Location: indramayu
ini terjadi pada teman saya yang ingin menyalakan engine.46 pesawat cap saya...
kita lupa ngecek baut spiner udah kuat apa belum...........
pada saat engine dinyalakan dengan cara di engkol ........sesaat engine sudah menyala tiba-tiba spiner
terpental langsung ke bagian dada ..........saya yang melihat langsung kejadian itu dengan cepat mematikan power trothle..........
saya nggak mau membayangkan jika propeler ikut melayang...........ini menjadi pelajaran buat kita semua. check semua komponen yang ada di pesawat , yakinkan bahwa semua itu dalam kondisi siap dan layak untuk diterbangkan..........sedikit kita lengah.............he he he he ...........
...cape deh.........
kita lupa ngecek baut spiner udah kuat apa belum...........
pada saat engine dinyalakan dengan cara di engkol ........sesaat engine sudah menyala tiba-tiba spiner
terpental langsung ke bagian dada ..........saya yang melihat langsung kejadian itu dengan cepat mematikan power trothle..........
saya nggak mau membayangkan jika propeler ikut melayang...........ini menjadi pelajaran buat kita semua. check semua komponen yang ada di pesawat , yakinkan bahwa semua itu dalam kondisi siap dan layak untuk diterbangkan..........sedikit kita lengah.............he he he he ...........
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)