Page 2 of 6
Re: KAMUS AEROMODELLING II
Posted: 14 Jan 2010, 22:21
by Marasandra
OK.. Pak.. terima kasih
KAMUS AEROMODELLING III
Posted: 14 Jan 2010, 22:32
by Marasandra
Horizontal Stabilizer
bagian stabiliser pada badan ekor belakang pesawat yang melintang horisontal, yang berfungsi untuk menghasilkan aerodinamis stability untuk pesawat.
Hot Start
Sebuah mesin yang sudah berhenti menyala akan masih akan panas pada waktu tertenti. Pada periode ini, sangat mungkin untuk merestart mesin dengan memutar krek as tanpa menggunakan glow plug starter.
Hover
Sebuah Manuver 3D, sebuah seni terbang tanpa bergerak, juga dikenal dengan nama 'Hanger', pesawat pada posisi tegak lurus keatas dan hanya tergantung pada torsi yang di hasilkan oleh propeller. pesawat akan berdiri diam tidak naik atau turun.
Hover pada heli merupakan manuver basic yang harus dipelajari, dimana heli akan terbang diam.
Hydraulic Lock
Hydraulic Lock terjadi ketika mesin banjir oleh fuel, point dimana piston tidak dapat melakukan kompresi pada ruang bakar, ini dapat mengakibatkan kerusakan mesin jika krek as dipaksa untuk tetap memutar tanpa bisa menghilangkan tekanan. cara untuk menghilangkannya adalah dengan melepas busi, menutup bahan bakar dan memutar krek as agar mesin membuang kompresi.
Incidence Meter
Alat ukur yang digunakan untuk mengukur sudut yang terbentuk dari pergerakan airfoil
Intake
sebuah jalur untuk masuknya udara pada pesawat, seperti carburator intake, jalur pendingin, air conditioning intake (on full size plane) dll, Dinamakan intake karena membawa masuk udara "takein", dan intake lebih enak dalam pengucapan.
Inverted
Terbang dengan posisi terbalik
Kit
Kit merupakan penamaan model dimana, pesawat belum dalam keadaan terakit, umumnya masih dalam bentuk potongan kayu dll.
Landing Gear
kesatuan yang terdiri dari roda pendaratan dan penopangnya. di kenal juga "undercarriage".
Landing Skid
roda pendaratan yang berbentuk seperti rell, digunakan untuk beberapa model yang tidak menggunakan roda, seperti helicopter.
Lateral Balance
balance ( keseimbangan ) pesawat dari Kiri ke kanan atau sisi ke sisi. Pesawat dengan lateral balance yang bagus akan menghasilkan track terbang yang lebih baik pada lintasan lurus, loop atau manuver manuver lain.
Leading Edge (LE)
Bagian terdepan pada sayap atau stabiliser. Bagian ini yang membelah udara pertama kali pada waktu terbang.
Lean
istilah pada setting karburator, lean mengindikasikan dimana pencampuran udara dan bahan bakar tidak sempurna, umumnya karena kurangnya pasokan bahan bakar.
ketika mesin hidup pada posisi lean akan menyebabkan over heat, dan kegagalan mesin.
LG
Landing gear , roda pendaratan
Loop
suatu manuver dimana pesawat berputar secara vertikal dan membentuk lingkaran, pesawat naik, dan berputar sampai ke awalnya dan membentuk bulatan vertikal di udara
A vertical circle in the air. The plane noses up, keeps rotating until it's on its back, and then comes down and around to describe a vertical circle in the air.
mAh (Milliamp Hour)
Ukuran kapasitas baterai, semakin tinggi nomor yang tertera (contoh 600mah, 1500 mah) semakin lama baterai akan dicharge, dan semakin lama baterai dapat digunakan untuk terbang. Umumnya baterai receiver yang digunakan memiliki kapasitas 600mah sampai 1800 mah, dan ada beberapa type baterai yang memiliki kapasitas lebih besar.
Main Gear
Main Landing Gear. merupakan roda utama pesawat yang menopang seluruh berat pesawat. biasanya ada dibawah sayap atau dekat dengan CG pesawat.
Midrange
Power mesin antara idle (langsam) dan full gas.
Mixing
fungsi radio yang menggabungkan 2 atau lebih kontrol dan digabungkan benjadi 1 stik input. Jumlah channel yang bisa digabungkan dan presisi kurva penggabungkannya tergantung transmitter yang digunakan.
Mixture
pencampuran antara udara dan bahan bakar oleh carburator.
Motor
Elektrik motor yang digunakan pada model sebagai pengganti mesin. Elektrik motor tidak berisik dan bersih.
Muffler
Knalpot, sebuah alat yang di pasang pada bagian pembuangan mesin, digunakan untuk mengurangi kebisingan dan meningkatkan tekanan balik pada engine, yang akan meningkatkan performa mesin pada kecepatan rendah.
Needle Valve
Digunakan untuk menyetel pencampuran bahan bakar dan udara di karburator. pada umumnya Jarum berputar searah jarum jam untuk lean, dan sebaliknya untuk richen
NiCd - Nickel Cadmium battery
NiCd - Nickel Cadmium battery. Baterai yang bisa di recharge ulang, umumnya digunakan di radio dan receiver
Nose
bagian depan pada badan model
Nose Gear
strut dan roda yang berada di bawah hidung pesawat.
PCM
Pulse Code Modulation. Modifikasi dari signal FM yang digunakan radio. PCM signal menggunakan kode sehinga lebih bersih signalnya
Peak
point dimana baterai mencapai kapasitas maksimal pada waktu mengecharge.
Peak Charger
Peak charger secara automatis akan mematikan charger apabila baterai yang di charge sudah penuh dan akan menjaga agar baterai tidak mengalami over charge yang dapat merusak baterai.
Pitch Axis
axis pesawat yang dikontrol oleh elevator. Pitch dapat dilihat dengan menahan sayap kiri kanan, gerakan hidung pesawat ke atas dan kebawah yang di sebut pitch axis.
dengan kata lain, gerakan yang terjadi agar pesawat menanjak dan menurun
Pontoons
lihat floats
Power Panel
Panel distribusi 12 volt untuk beberapa accesories fuel pump, glow plug clips, electric stater, menggunakan battery 12 volt sebagai sumber tenaga
PPM
Pulse Position Modulation.kata lain dari FM
Prop Pitch
Sudut baling baling, baling baling pesawat memiliki 2 nomor indikasi. nomor pertama menunjukan panjang propeller, nomor kedua menunjukan pitch atau sudut baling- baling.
pitch menunjukan berapa jarak yang akan ditempuh pesawat setiap 1 rotasi mesin. Contoh 11.5 x 6, 11.5 menunjukan panjang 11.5 inchi, 6 menunjukan pesawat akan bergerak 6 inchi / rotasi
Roll Axis
Axis pesawat dikontrol ailerons. Gerakan pesawat berguling ke kiri atau kanan (roll), atau berbelok kiri kanan, Bank,
RTF - Ready-to-Fly
beberapa pesawat sekarang sudah tersedia dalam bentuk model RTF, dimana pesawat sudah komplit dengan segala sesuatunya untuk terbang begitu keluar dari box, radio system, engine dan semua hardware. Yang oke pada pesawat RTF adalah segala sesuatunya sudah dalam posisi prebuilt, sehingga hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat dan tidak harus memiliki pengetahuan yang mendalam soal perakitan. Cocok bagi yang ingin mulai Terbang, dan mau terbang dengan waktu singkat.
Rudder
Bagian kontrol pesawat yang berada pada stabiliser vertikal. digunakan untuk berbelok ke kiri kekanan secara mendatar
Rx, Receiver
istilah umum yang digunakan untuk receiver
Servo
Komponen radio yang bekerja untuk menggerakan semua sistem kontrol.
Servo Output Arm
Lengan atau roda pada servo untuk menyambungkan servo dengan pushrod
Servo Reversing
Fungsi radio untuk membuat servo bergerak kebalikan.
Slop
Adanya gerakan tidak diinginkan, biasanya disebabkan karena lubang pada servo arms terlalu besar dibandingkan pushrod.
kondisi ini menyebabkan control surface bekerja sendiri tanpa input dari transmitter.
Solo
terbang pertama kali tanpa di dampingi oleh intruktur dari take off sampai landing.
Spinner
bagian pesawat pada bagian depan berbentuk kerucut untuk menutup antara baut pada propeller
Sport Airplane
Model dengan kemampuan beberapa pesawat special. Cocok buat gaya terbang apapun dan buat fun.
Stall
Terjadi apabila sudut pesawat terlalu besar untuk menghasilkan daya angkat dibandingkan kecepatan udara. Setiap Airfoil memiliki sudut untuk menghasilkan daya angkat maksimum
airfoil akan stall apabila pesawat memasuki sudut ini sehingga kehilangan daya angkat.
Tachometer
Alat dengan sensor optical untuk menghitung RPM mesin.
TE
Trailing edge
Tip Stall
Kejadian dimana salah satu sayap kehilangan daya angkat, sehingga menyebabkan pesawat melakukan gerakan roll tiba tiba ke arah sayap yang stall.
KAMUS AEROMODELLING IV
Posted: 16 Jan 2010, 15:27
by Marasandra
Touch-And-Go
Take off dan landing tanpa ada jeda.
Trailing Edge (TE)
Bagian belakang pada sayap atau stabiliser
Trainer Airplane
Model yang di design secara khusus untuk pemula, memiliki kestabilan terbang yang tinggi dan dapat terbang pelan, untuk memberikan kesempatan bagi pemula untuk berpikir dan bereksi pada waktu belajar terbang.
Trainer System
Metoda paling efektif dimana 2 transmitter digabungkan menjadi satu. pelatih dapat mengkontrol transmitter murid, dan mengambil alih kontrol apabila terjadi masalah.
Transmitter (Tx)
radio yang dipegang sebagai pengirim input perintah kepada unit model
Vertical Fin
Aeral tidak bergerak dimana rudder ditempatkan. untuk menjaga stabilitas gerakan yaw
Wheel Collar
kecil, bulat, berfungsi untuk menjaga roda agar tetap pada sumbunya pada waktu berputar
Wing
sayap, bagian utama pesawat yang berguna mengangkat pesawat mengudara
Wing Loading
Jumlah aeral luasan berat pada sayap perkaki persegi untuk satuan daya angkat
umumnya di tulis ons/kaki persegi.
Jumlah yang di tunjukan akan menentukan karakteristik pesawat. Pesawat dengan angka Beban sayap yang tinggi akan membutuhkan kecepatan yang lebih tinggi untuk tetap mengudara
ini umummya digunakan pada pesawat performance atau sport, sebaliknya. pesawat dengan nomor yang rendah, tidak membutuhkan aliran udara yang tinggi agar tetap mengapung
ini digunakan pada type pesawat glider dan trainer.
Wing Root
bagian tengah pada sayap, dimana panel sayap kanan dan kiri digabungkan
Y harnes
2 servo dapat di sambungkan menjadi 1 channel dengan Y harness. ke dua servo akan bekerja bersama sama dan tidak mengurangi kekuatannya.
Yaw Axis
Sumbu pesawat yang di kontrol oleh rudder. Yaw dapat dilihat dengan mengantungkan pesawat pada kawat yang di kaitkan pada CG pesawat. Gerakan ke kanan kiri dari hidung pesawat yang di sebut Gaya pergerakan Yaw
Z-Bend
Tekukan kawat yang berbentuk Z pada ujung pushrod yang digunakan untuk disambungkan ke tungkai servo
Z-Bend Pliers
Alat yang digunakan membentuk lekukan Z pada pushrod
Re: KAMUS AEROMODELLING IV
Posted: 16 Jan 2010, 18:17
by Pitra Ratulangi
Re: KAMUS AEROMODELLING IV
Posted: 16 Jan 2010, 20:19
by dino
Wing Loading = smakin besar nilainya ...brarti = smakin kuenceng pesawatnya ya pa'
Re: KAMUS AEROMODELLING IV
Posted: 18 Jan 2010, 13:44
by Marasandra
untuk jelasnya bapak bisa liat di
http://homepages.ihug.co.nz/~atong/ (allan hobby)
di situ lengkap pak
Re: KAMUS AEROMODELLING IV
Posted: 18 Jan 2010, 14:17
by dino
Re: KAMUS ISTILAH2 di AEROMODELLING
Posted: 18 Jan 2010, 18:19
by BERTHIE FLYER
perfect,,,,,, kayanya sang maestro baru nih,,,,, depoknya dimana kang?

Re: KAMUS ISTILAH2 di AEROMODELLING
Posted: 19 Jan 2010, 18:50
by Marasandra
Salam kenal mas Berthie........ saya di Villa Pertiwi Depok.....
Re: KAMUS ISTILAH2 di AEROMODELLING
Posted: 20 Jan 2010, 10:04
by Syafik
thank for sharing