Page 2 of 18
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 17 Jan 2010, 08:00
by DIMAS
Om nambahain dikit ya....
- Untuk glow mungkin ga apa-apa.
- Utk batere yg kesambung terus dng glow itu yg perlu jadi perhatian.
karena cepet habis dan mesin mati.
- Batere kesambung terus = hubungan singkat ( batere bisa meleleh, apalagi kalau LiPo, bahaya mungkin )
- Kalau setelan karbu ditutup abis = setelan kurang bbm = liner bisa luka.
- Sebelum terbang cek jangkauan radio.
Selamat bereksperimen.... salam ...
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 17 Jan 2010, 09:31
by hery_s
DIMAS wrote:Om nambahain dikit ya....
- Untuk glow mungkin ga apa-apa.
- Utk batere yg kesambung terus dng glow itu yg perlu jadi perhatian.
karena cepet habis dan mesin mati.
- Batere kesambung terus = hubungan singkat ( batere bisa meleleh, apalagi kalau LiPo, bahaya mungkin )
- Kalau setelan karbu ditutup abis = setelan kurang bbm = liner bisa luka.
- Sebelum terbang cek jangkauan radio.
Selamat bereksperimen.... salam ...
iya nih om dimas.... td pagi sy coba dengan battery nimh 3400 mA 2 bh nggak pake lippo krn takut meleduk....setelah battery disambung dg glow sy coba star pake bantuan teg glow dr luar juga....mesin hidup beberapa saat...kbl glow sy lepas, glow disuply dr bat nimh.....namun sayang hanya bertahan krg lebih 1,5 mnt enginne off dan battery drop....
kayaknya harus pake batt nicad yg c nya besar...apa bisa ya ??? untuk stelanan karbu saya buka dikit 2-3 klik dari dr tutp abis...
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 17 Jan 2010, 11:52
by dino
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 17 Jan 2010, 14:15
by AgoesAurelz
mungkin bisa om, tapi powernya akan jauh berkurang... buat terbang pasti ngga akan enak karena underpower... mesin glow kan jalan di oktan tinggi.... sama aja dgn mesin mobil bensin... diberi minyak tanah juga bisa jalan, tapi kan ngga bisa lari, mesin ngelitik, malah bisa rusak.... jatuhnya entar malah lebih mahal....
Sama juga hanya mesin glow engine dipakein BBM bensin.... apa resiko rusaknya mesin udah dihitung om?
belum lagi resiko mati diatas, karena filamen pada busi glow ngga akan tahan diberi tegangan 1.5volt terus-terusan... dan bilapun bisa dgn kabel pemanas busi, batt yg dipakai sebagai pemanas akan boros sekali...
Kalo saya sih ikut standard pabriknya aja, jelas udah diperhitungkan sama insinyur OS engines, yg udah pengalaman puluhan tahun...
Minimalis boleh... tapi Realistis juga penting.....

Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 17 Jan 2010, 18:48
by ASEN59
mohon info
klo metanol kira 2 ato pastinya oktan berapa ya?.
bgmn klo pk pertamax plus yg oktan paling tinggi diantara bbm mobil,ato perubahan kompresi ditambah ato dikurangi packing cyl head.
mohon info juga busi paling kecil yg sering dipakai mesin gasolin dratnya diameter berapa ya,
mungkin lo ya (menghayal) cylinder head pk busi =gasoline ditambah cdi nya sekalian.apa bisa ya.
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 18 Jan 2010, 09:25
by justinus
He he he. Membangunkan singa tidur nih om Hery.
Memang ternyata bahan bakar bensin tidak bisa menjaga nyala bara glowplug om Hery. Jadi akibatnya harus kita beri suplai batere terus.
Untuk penelitian ga boleh mikir "jebol" om Hery. Jadi kalau memang tidak bisa dilepas baterenya, ya pasang aja terus. Rasanya kita tidak usah mikir apakah berbahaya kalau glow plug menyala terus selama 10 menit misalnya, karena toh kalau pakai bahan bakar metanol toh glow plug juga menyala terus kalau kita terbang 10 menit.
Saya melakukan percobaan dengan engine 55 bukan karena menganggap yang kecil tidak bisa, tetapi karena saya punyanya engine itu yang sudah jelek, jadi saya lakukan percobaan dengan engine itu. Dengan glow plug type F, kita bisa tanpa batere lagi.
Kelemahan yang belum berhasil saya atasi adalah tenaga dan tarikan engine ini yang masih lemah. Mungkin om Hery bisa melanjutkan.
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 18 Jan 2010, 09:51
by handoyo6299
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 18 Jan 2010, 12:29
by justinus
Wah. Saya ini orang mekanik, jadi elektronya payah. Tapi kenapa pakai busi type F bisa saya jelaskan sedikit disini. Busi type F digunakan untuk four stroke, dimana pada engine 4st tidak terjadi ledakan pada setiap langkahnya. Jadi glowplug 4st didesign lebih tahan nyala. Sehingga betul apa yang dicoba oleh om Hery. Kalau pakai glowplug biasa langsung mati begitu batere dicabut.
Coba aja om Handoyo. Kalau mau tanya berapa watt minimum dan maximum supaya filamen tetap nyala dan aman, caranya ya kita lihat aja nyala filamen. Jangan terlalu redup, jangan terlalu terang. Kalau terlalu terang ada kemungkinan terbakar.
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 18 Jan 2010, 13:02
by iwan21
Saya bantuin pakde
om Hand, filamen bisa dianggap sebagai resistansi murni ( tanpa L dan C) .
Nah kita tinggal ukur nilai hambatannya aja berapa Ohm.
Dg asumsi selama ini bekerja pada tegangan 1,2 Volt ( Nicd/Nimh), maka arus I nya bisa kita itung :
I = V/R
dg demikian kapasitas arus power source ya minimal 1,5 x I tsb,..lah kalo udah dapat I, kira2 data Wattnya buat apa ya ?
tapi Watt kan tinggal itung aja :
W = IxV = V2/R = I2xR.
begitu om kira2 elmu tukang solder..( bukan tukang listirk ya heheheeheeee)
Re: Engine OS .25 di beri bahan bakar gasoline ....
Posted: 18 Jan 2010, 13:26
by hery_s
justinus wrote:
He he he. Membangunkan singa tidur nih om Hery.
Memang ternyata bahan bakar bensin tidak bisa menjaga nyala bara glowplug om Hery. Jadi akibatnya harus kita beri suplai batere terus.
Untuk penelitian ga boleh mikir "jebol" om Hery. Jadi kalau memang tidak bisa dilepas baterenya, ya pasang aja terus. Rasanya kita tidak usah mikir apakah berbahaya kalau glow plug menyala terus selama 10 menit misalnya, karena toh kalau pakai bahan bakar metanol toh glow plug juga menyala terus kalau kita terbang 10 menit.
Saya melakukan percobaan dengan engine 55 bukan karena menganggap yang kecil tidak bisa, tetapi karena saya punyanya engine itu yang sudah jelek, jadi saya lakukan percobaan dengan engine itu. Dengan glow plug type F, kita bisa tanpa batere lagi.
Kelemahan yang belum berhasil saya atasi adalah tenaga dan tarikan engine ini yang masih lemah. Mungkin om Hery bisa melanjutkan.
hahah singanya udah bangun nih.....ok om saya akan coba pake busi 4t type F...apa ada ukurannya spt A3 atau lain-2....mungkin dengan rangkaian switching dc to dc converter bisa dibuat dengan input 11.1 V output 1,2 Volt 3 Amper bisa diaplikasikan ke percobaan ini....