Page 2 of 3

Posted: 11 May 2007, 16:12
by jedx
tn wrote:ga sabar saya pingen nerbangkan dan nulis reviewnya............ =P~ =P~ =P~


Dan saya yang akan berkomentar sebagai penonton saja seandainya take off dari landas pacu MGT ....

Posted: 12 May 2007, 23:34
by antonius bima
keren om Abi....terutama penjelasannya detail sekali.....ditunggu fligth reportnya ya om (sekalian fotonya gitu).....

Posted: 13 May 2007, 05:35
by Redblur
wah pak bima mulai ke SPAD nih heheh

Wah piper nya bagus.....

Posted: 14 May 2007, 15:04
by Abi Ghiffa
MAIDEN FLIGHT REPORT:

Tiba di Lap. Cibubur bersama om Paskal (tadinya mo ke MGT2, tapi karena satu dan lain hal, klise banget, diputuskan ke Cibubur ajah yg deket dulu, karena dah kebelet mo maiden)
Utak atik pasang kaca depan, pasang Wing, cek batre, dll. Melihat hembusan Angin, agak ragu, tapi karena udah ditungguin selama 1 jam anginnya gak berubah, gak mau pelan maka diputuskan untuk take off menentang angin.
Take One :
Mau ROG rumputnya gak seimbang ama roda yang cuman punya diameter 2.25 cm, maka dilempar sajah. Throtle dinaikkan 1/2 lalu lempar, mungkin agak dongak dikit lemparnya (karena takut langsung nyungsep, atau kegedean power, atau elevator settingannya swipenya kebanyakan) tuck Piper tiba-tiba mengudara membentuk lengkungan 90 derajat naik tegak lurus,.. dan ups pesawat gak terkendali, masih bisa kontrol dikit dan Buk,..Jatuh dibelakang Pilot (heheheheh + grogi kaleee diliatin banyak penonton, karena satu2nya yang main elektrik hik x111).

Take Two:
Dateng Pilot senior (Om Sigit), cek punya cek,..ala dalah,.ternyata benar, ayunan Rudde, Elevator sampai 150% hueeeeeeeeeeeee, pantesan langsung salto ke belakang hiks,..
Stelah dibenerin, Remote saya serahkan ke beliau, sekalian test flightnya. dengan dilempar pesawat langsung mengambil posisi, tapi baru 10 meter, gak mampu melawan laju angin, akhirnya sampai pesawat dalam posisi 3D (baru kali ini liat Piper gantung 3D karena kehalang gerakan maju oleh angin), begitu dipaksain buat recover pesawat malah keseret kebelakang arah pacu, dan Plok-plok-plok, Sayapnya tepuk Tangan alias NGELIPET, dan Dubraks,...

Sayapun berlari mengecek kerusakan, dan ternyata Propeler patah, plus sambungan sayap,...alhasil ya gitu dech, banyak pengalaman dan Faktor yang gak mendukung maiden kemaren.
Tapi satu hal, saya sangat berterimakasih atas bantuan dan dukungan rekan2 Grage untuk menerbangkan Piper buatan saya yang pertama, tak lupa temen2 yang membantu di Cibubur.

Demikian laporannya, dan mohon maaf kalau hanya penjelasan ini tanpa foto, karena gak bawa sich,..

Posted: 14 May 2007, 15:51
by iwan21
sayap patah gampang bikin lagi..prop patah bisa ketoko beli lagi.....
asal jangan semangat nya yg patah om.....itu yg enggak boleh dan dilarang di Grage...he he he he

Posted: 14 May 2007, 16:08
by Abi Ghiffa
Kalau Propeler masih ada stock,..Kemaren beli 4 biji,..sayapnya susah nyari spar kemaren,..mau mretelin pager bambu tukang warung teriak,.Mas ntar saya kedinginan,..gak jadi dech,..:D

Malah saya tambah semanget buat benerinnya lagi Suhu,..keliatan dah bisa terbang tuch,...jadi tambah semangatnya :D

Posted: 14 May 2007, 17:11
by aji
bagaimanapun emang banyak asiknya main spad, walaupun crash sayap patah ah paling cuman beberapa ribu rupiah sajakan?. Coba kalo pswt dapet beli yg jutaan kan rada gerah jg kan mas abi. Blm lagi kalo bikinan dewe lebih banyak kan kepuasannya.Tetap semangat.

Posted: 28 May 2007, 16:50
by Abi Ghiffa
Report ID : TF20070527-W14:25

Setelah nongkrong beberapa lama di Hangar dengan Perbaikan disana-sini, antara lain :
- Motor Mount Dibikin dengan Modif Stick Mount
- Sayap menggunakan Spar dari Yard Stick (Meteran Kain).
- Read Landing gear Unsteerable but Free Rotation.
Akhirnya kemaren minggu siang saya test, tempat ngetes di Lapangan Intercon Meruya,
Setelah re-Flight Test selesai, saya langsung coba Txi sebentar di Runway Aspal, tapi karena arah angin menyilang dengan arah aspal akhirnya runway ganti ke lapangan bola,..

Walaupun lapangan ini berdebu malah membuat pesawat saya punya efek take off jadi manis, karena semburan debu akibat propeler sangat asik dilihat,..naikin trhootle sedikit-demi sedikit, akhirnya 10 Meter pesawat take off the ground, sampai 5 meteran, tiba-tiba pesawat dangak (kelebihan lift ???) keatas (sama kasusnya dengan waktu di cibubur), lalu stall dan belok kiri menuju tanah,.coba-coba aileron dan elevator dinaikin percuma,.. akhirnya udah bisa ditebak pesawat menghujam bumi dengan dahsyat,..sudah 4 propeler ancur hisk,..membuat aku tambah napsuan untuk mencoba lagi.

Ada saran ??Kenapa tiba2 bisa stall baru beberapa meter take-off ? apa kelebihan elevator (terlalu tajem naiknya ??) karena menurut saya power dah cukup lah,..
Kesimpulan awal Pilot Gak Mampu,...Hiks,...

Posted: 28 May 2007, 17:44
by aria
Om abi , apa mungkin servo elevator tidak terikat dengan rapih sehingga berubah anglenya? atau dudukan motor tidak kokoh sehingga terhempas angin kencang jadi meleot coronya. Tapi gak mungkin juga ya om.....

Posted: 29 May 2007, 07:19
by NF
coba check wing angle of attack ( sudut serang /sudut pasang) sayap , apa terlalu besar ?