Page 2 of 5
Posted: 15 May 2007, 12:58
by Ary
paskal wrote:JIka V mar bagus egk pak ?
Kalau Vmar sy belum pernah punya , tp sering lihat dilapangan ,coveringnya meriah karena menggunakan system sablon,cuma kalau sobek agah susah nambalnya,cuma bahan kayunya yg sy sampai sekarang masih belum tahu pakai balsa atau nggak ya?
Posted: 15 May 2007, 13:16
by Ary
ajo.naim wrote:Ary wrote:Kebetulan saya pernah punya superstar,avistar,piper cub dan cessna tsb,
jadi yg paling cocok untuk pemula ya superstar......
Apalagi jika dipasangkan motor elektrik,jadi si pilot bisa konsentrasi belajar terbang sj ,tanpa takut mesin brebet atau mati diatas....
Terima kasih P' Ary
Kalau dikonvert ke electric, rekomendasi motor/esc dan battery nya apa Pak?
kalau konvert ke elektrik untuk pes engine 40 non 3d sy biasa pakai motor yg kelas 500 watt atau 100watt per pon(450gr) berat pesawat ,karena berat pes 40 berkisar 2,2 kg.
contoh motor : thundertiger ripper seri 36-40A
Saya pakai lipo 3sel 2100mA 20C, karena paling gampang dicari,sebanyak 2buah diparalel menjadi 3S2P,sehingga menjadi 11V 4200mA
Sehingga untuk motor 500wtt, lipo tsb terbebani : 500w/10,5v = 47,6A
Dgn beban Amp sekian ,sy gunakan ESC 60A,sy gunakan hobbywing 60A,
dgn konfigurasi spt diatas kita bisa terbang +- 10 menit mix flying...
Posted: 16 May 2007, 12:32
by seasickers
Kalo Cessna Skylane 46 bandung punya pak? ( bikinan tinbdg)
Katanya stabil mungkin bisa di review
Posted: 16 May 2007, 20:26
by Ary
Wah kalau yg buatan bandung sy belum pernah lihat,mungkin expornya belum nyampe ke bali atau sby,buatan pak budi ya?
Posted: 16 May 2007, 22:05
by seasickers
Yup betul Pak Ary, cessna skylane bikinan Pak Budi Atmoko. Sy udah kontak sms ama beliaunya dan sy tanyakan ttg komparasi performa nya tp blm ada jawaban, tp kalo secara general beliau pernah bilang cessna skylane 46, wilga 60 (yg sudah sya rakit juga), TS 40 atau TS 60 serta piper cub 40 bikinan beliau, hampir sama karakteristik terbangnya dan tergolong sangat stabil dan bedanya cuman di landing gear tail dragger dan tricycle yang tentunya berpengaruh di pengendalian waktu take off dan landing. mohon tanggapan suhu-suhu semua, mohon maaf kalo salah.
Posted: 17 May 2007, 05:34
by Ary
Saya pernah lihat pesawat produksinya pak Budi ini pd sekitar tahun 93,pameran pd acara kampus disurabaya....
sudah 14 tahun beliaunya produksi pesawat ,tentunya sdh pengalaman sekali ya? dan bikinannya sekarang pasti sdh bagus bagus...
untuk yg tail dragger pada waktu take off,karena roda belakang cepat naik,maka kita harus gesit menjaga heading pes dgn rudder,nah disinilah kita mesti bisa memberikan input pd rudder dgn pas,byak orang kaget disini karena respon steering dgn roda(nose gear) dan dgn rudder(tail dragger) berbeda sekali...kuncinya jgn kaget dan berikan input rudder dgn halus dan jgn berlebihan...
Untuk landingnya ada triknya..... untuk yg tail dragger pd waktu landing usahakan ketiga roda menyentuh landasan berbarengan... Untuk yg nose gear pd waktu landing usahakan kedua roda main gear menyentuh landasan terlebih dahulu ,baru kemudian disusul roda depan.... semuanya itu untuk menghindari bouncing...
Posted: 17 May 2007, 06:29
by NF
mau lebih mudah untuk kontrol tail dragger ? pasang gyro untuk rudder spt untuk 3d... pasti stabil waktu take off krn headingnya di lock sama gyro..
Posted: 17 May 2007, 13:42
by seasickers
night fox wrote:mau lebih mudah untuk kontrol tail dragger ? pasang gyro untuk rudder spt untuk 3d... pasti stabil waktu take off krn headingnya di lock sama gyro..
Pake gyro om,....?
saya pernah lihat di Discovery channel ada pesawat glider Rc pake gyro, terbangnya pun matab sekali, bisa koreksi sendiri stabilitasnya.
mungkin bapak-bapak yang pengalaman di heli juga merasakan enaknya pake gyro saat main Rc heli.
tapi kalo landing ato take off pake gyro saya blm kenal tuh pakdhe, mohon penjelasannya

Posted: 17 May 2007, 14:13
by NF
gyro untuk mbantu stabil pesawat waktu t/o atau l/d spy pilot konsentrasi yang lain.
gyro pilih aja yg piezo kecil dan bisa on/off lewat tx.
Posted: 17 May 2007, 14:41
by tn
Yagee wrote:Cessna CMPro
engine magnum 46.
Ngrakitnya susah bagi pemula
terbangnya bagus namun landing musti jaga speed karena mudah stall
kalo udah crash susah betulinya karena sebagian besar bodinya dari fiber
Piper J3 cup TWM 25s
terbang bagus tapi tingkat stallnya sangat tinggi, take off dan landing perlu belajar 1 tahun bagi pemula
Cessna Skylane 46
ternyata merakitnya memang butuh ketelatenan yg tinggi
om Yagee..bisa reviewkan peswat cessna ini ?? dengan engine 46 terbangnya ga ngos2an ????
piper j3 cub 25.....
saya kok ga pernah berhasil menerbangkan pesawat ini.saat ini saya senjatai pesawat ini dengan eng ex heli 32 tapi kok stal mulu
om Yagee,om Ary,om Justinus dan om2ku yg lain.....kasih saran dong cara menaklukan nih piper j3 cub 25 ini....
