Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

membahas pesawat gepeng

Moderators: su-31, Budi

User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by Budi »

AgoesAurelz wrote:Terbang terakhir kemaren, Planker sempet saya coba full throtle waktu terbang lurus walau sebentar (saya masih trauma full gas lama-lama takut ambrol body-nya)... Tapi ternyata tidak ada tanda-tanda "Flutter" seperti planker almarhum sebelumnya... Apa mungkin karena full throtlenya sebentar saja :-k )

Yg jelas sekarang ngga ada gejala mau flutter.... Saya rasa ini akibat sealed gap... thanks for suhu Eyang Wiznu... (karena sekarang kalo inget "sealed gap" pasti inget beliau...) :lol: :lol: :lol:

Sesuai instruksi dan petunjuk dari suhu Ary via telpon, maka dudukan mesin saya ganjel bagian depannya, saya ganjel dengan ring setebal 2mm... Semoga dengan posisi yg agak.. ke- "Right Thrust" -an ini Hovernya jadi lebih enak.... \:D/ \:D/

Saya masih perlu latihan lagi, karena saya baru lancar hover di posisi "jam 9 -- jam 12 -- jam 3" saja... diluar posisi itu (apalagi posisi Belly in) pasti jempol reflex tancep gas untuk bailout.... :oops:

Kapan ya, saya bisa seperti bli Ary yg udah lancar "Rolling Harrier"... Mode pengin ON.... :-k [-o<

Sehubungan dengan hal teknis saya mau tanya sedikit,
apakah ada pengaruh yg significant kalo saya melakukan mixing Elevator to Flaperon? maksud saya Aileron berfungsi juga sebagai "elevator, tetapi posisinya kontra terhadap Elevator, misalnya kalo elevator ditarik ke atas maka aileron kiri-kanannya kebawah semua)... kira-kira ada good side effectnya ngga buat hovering...? :-k




Oom AA nanya ke siapa nih??

soalnya jawabannya bakal beda.......dari masing2 orang..... :-# :-# :-# :lol: :lol:
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by AgoesAurelz »

nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by su-31 »

AgoesAurelz wrote:nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)


#-o udah deh oom, saya ulangin..."Welcome to the Club !!!".

No Gap sealed.., No right thrust, No Aft CG..., No Nothin'
Just enjoy the Hover =D>

Itu persis kejadian sama saya..., ketika pertama kali bisa hover...
...kita terserang penyakit "Excited" !
Tanya sana sini, coba sana sini, sampe kita nanti malah bingung sendiri.

Sekali oom bisa hover, itu tanpa disadari ketemu "Sweet Spot"..., udah.
...selanjutnya tinggal latihan.

Percaya deh oom,
Ketika saya ketemu P.Budi, beliao belon bisa hover.., saya dah duluan.., Top deh pokoknya [-(
Sampai satu ketika beliau tail-touch dengan Katana-70 nya.., saya kagum, kok cepet banget bisanya...
...lebih kagum dan garuk2 kepala.., gap nya gak di seal sama sekali..., dan apa coba !!!??? :
saya liat engine thrust line nya bukan Right..., eeee malah LEFT THRUST ! #-o #-o #-o
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 325
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by pakdesurib »

su-31 wrote:
AgoesAurelz wrote:nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)


#-o udah deh oom, saya ulangin..."Welcome to the Club !!!".

Percaya deh oom,
Ketika saya ketemu P.Budi, beliao belon bisa hover.., saya dah duluan.., Top deh pokoknya [-(

:lol: :lol: :lol:
eyang kalo sama cucu.... hua hahahaha.....


selamat bisa beldili ya mas agoes.....
beldili mode : on (off nya rusak) =D> =D> =D>
User avatar
tedyBAT
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 16 Oct 2007, 09:05
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by tedyBAT »

su-31 wrote:
AgoesAurelz wrote:nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)


#-o udah deh oom, saya ulangin..."Welcome to the Club !!!".

No Gap sealed.., No right thrust, No Aft CG..., No Nothin'
Just enjoy the Hover =D>

Itu persis kejadian sama saya..., ketika pertama kali bisa hover...
...kita terserang penyakit "Excited" !
Tanya sana sini, coba sana sini, sampe kita nanti malah bingung sendiri.

Sekali oom bisa hover, itu tanpa disadari ketemu "Sweet Spot"..., udah.
...selanjutnya tinggal latihan.



mmmmm itu semacam kalo pas night fly ketemu G-Spot yahh eyang..??? maksudku Gravity-Spot yahh Eyang.... ](*,) ](*,) ](*,) :-k :-k
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by Budi »

su-31 wrote:
AgoesAurelz wrote:nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)


#-o udah deh oom, saya ulangin..."Welcome to the Club !!!".

No Gap sealed.., No right thrust, No Aft CG..., No Nothin'
Just enjoy the Hover =D>

Itu persis kejadian sama saya..., ketika pertama kali bisa hover...
...kita terserang penyakit "Excited" !
Tanya sana sini, coba sana sini, sampe kita nanti malah bingung sendiri.

Sekali oom bisa hover, itu tanpa disadari ketemu "Sweet Spot"..., udah.
...selanjutnya tinggal latihan.

Percaya deh oom,
Ketika saya ketemu P.Budi, beliao belon bisa hover.., saya dah duluan.., Top deh pokoknya [-(
Sampai satu ketika beliau tail-touch dengan Katana-70 nya.., saya kagum, kok cepet banget bisanya...
...lebih kagum dan garuk2 kepala.., gap nya gak di seal sama sekali..., dan apa coba !!!??? :
saya liat engine thrust line nya bukan Right..., eeee malah LEFT THRUST ! #-o #-o #-o




tuh kan oom AA....... jawabannya ngga ada yang sama!!! :ym24


kalo saya begini........, awalnya banyak bener masukkan dari para sesepuh ke saya,....... biar bisa cepet hover:

1. Aft heavy (tail heavy)...alias cg digeser kebelakang
2. Maksimum throw semua surface kontrol
3. pakai gyro 2 axis.......
4. di mix antara aileron sama rudder......
5. di Mix antara rudder sama elevator.....
6. dibuat throttle curve dimana di sweet spot (berat pesawt =thrust) dibuat flat/expo (Kalau remotenya bagus dan punya feature ini)
7. Expo besar, D/R Maximum
8. EPA atau Servo Travel maksimum.....
9. Latihan/jam terbang.......


ternyata point 1,2,6,8 dan yang paling penting 9 yang paling manjur.....

oleh karena no 9 itu, saya latihan dari isuk sampe maghrib, jadi saya bisa dipanggil Nak Sukrib....... :ym24
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 325
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by pakdesurib »

AgoesAurelz wrote:nanya sama para suhu hover... termasuk suhu Budi P1 :)


lho eyang 7J kok gak ditanya sih...
kualat lo.....
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 325
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by pakdesurib »

Budi wrote:
oleh karena no 9 itu, saya latihan dari isuk sampe maghrib, jadi saya bisa dipanggil Nak Sukrib....... :ym24


:ym24 :ym24 :ym24
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by AgoesAurelz »

thanks masukkannya om-om sekalian....
memang racun planker ini dahsyat banget.... Cuman saya merasa, pesawat sekelas Planker 40 memang agak keberatan bila dipasangin mesin 61.... kurang floating, jadi kadang seperti terhuyung-huyung terbangnya... Mustinya paling pas pake engine OS 55Ax... Kalo pake engine 61 begitu mesin mati terasa sekali pesawat nyelonong seakan ingin nuncep kebawah...
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Akhirnya bisa hover juga.... CAP 232 "Air Killer"

Post by Budi »

satu lagi oom.........

saya merasakan perbedaan yang sangat mendasar antara menggunakan elektrik dibanding nitro maupun gasoline


terutama power......... nitro maupun gasoline diputaran rendah hingga tinggi seperti kurva dari kecil ke besar.....


sedangkan elektrik rata powernya di semua putaran, sehingga akselerasi rata di setiap putaran............ini, menyebabkan pada saat hover(di throttle setengah-3/4) ketika perlu bail out, elektrik akan lebih menolong........disamping itu ngg ada istilah mati engine/deadstik

oleh karena itu saya mulai berpindah ke GO GREEN, mulai dari yang imut2 sampai yang 100cc(sekarang baru 50cc di elektrikin)
Post Reply