Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
hendrasetiono
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 86
Joined: 25 May 2010, 10:59
Location: MaTAraM_LoMBok
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by hendrasetiono »

Pakde, siap, n trima kasih pakde atas info nya, bener2 bermanfaat,
User avatar
BERTHIE FLYER
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 237
Joined: 22 Feb 2008, 22:37
Location: dulu Medan sekarang Depok

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by BERTHIE FLYER »

ilmu dan informasi yang sangat berguna nih pakde.... Lanjut lagi dong... Ditunggu thread2 yang kayak gini nih,,,,,
User avatar
jarest
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 90
Joined: 16 Aug 2010, 11:34
Location: banten
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by jarest »

lanjut pa de.
ijin menyimak
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by MrDoms »

wah... pada ngumpul nih... hehehe

Pembakaran fuel mengakibat panas yang menyebabkan udara mengembang sehingga menghasilkan tenaga. Jadi penting, jumlah tenaga yang dihasilkan berkaitan dengan jumlah udara yang dimasukkan kedalam silinder.

Berdasarkan referensi, pembakaran paling efisien untuk gasoline memerlukan 14.6 udara per satu bagian gasoline. Sayangnya mesin bisa jebol pada rasio ini akibat panas yang berlebihan, istilahnya lean bangeettt... Normalnya gasolin dioperasikan pada posisi rich dengan rasio udara 10 - 12 per setiap bagian fuel.

Sementara untuk methanol membutuhkan rasio yang lebih kecil sekitar 6:1 atau kira kira 2.25 kali lebih banyak fuel dibanding gasolin. Makanya methanol jauh lebih boros dibanding gasolin.

Jadi kalau mau ganti fuel lumayan juga tuh yang mesti di fine tune... apalagi carby gasoline di colokin ke methanol pasti jebol enginenya kepanasan.... atau linenya perlu digedein agar bisa mengejar ratio dibawah 6:1
User avatar
stefendy
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 300
Joined: 14 Aug 2009, 08:13
Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by stefendy »

Ikut menyimak sambil tanya pak dhe.....
Kalo engine gasoline/bensin pembakaran dan timingnya dilakukan oleh busi ( karena bensin tidak bisa terbakar sendiri ), kalo engine nitro pembakarannya dan timingnya seperti apa pak dhe? sedangkan dia menggunakan karburator tidak pake busi dan tidak pake fuel injection pump.... Mohon pencerahannya.....

nb: cara kerja dasar engine sudah ngerti, namun engine glow / nitro proses terbakarnya campuran fuel dan udara kapan dan bagaimana belum ngerti....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by sudjai sarmo »

Engine Nitro cukup disulut dengan panasnya Glow Plug saja sudah bisa terbakar, lalu kalau Battery Glow dilepas kenapa masih tetap hidup ? Itu karena Glow Plug masih tetap panas akibat reaksi pembakaran. Makanya bila Glow Plugnya kotor dan penuh dengan kerak sisa pembakaran maka Glow Plugnya tidak bisa menyimpan panas lagi sehingga mesinya ngadat tak mau hidup.
User avatar
gigisekar
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 16 Oct 2008, 15:33
Location: Jakarta
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by gigisekar »

pakde, mau tanya, jadi bahan bakar mesin jet pesawat terbang komersial kyk garuda tuh avigas (=minyak tanah) atau bensol ya?
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 517
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by sudjai sarmo »

@ gigisekar, semua mesin Gass Turbine pada pesawat berbahan bakar Avigass Turbine atau lazimnya disebut Avtur kalau di negara barat disebut Kerosene kalau di Jawa Timur disebut Lengo Gas sedang di Kalsel biasa disebut Minyak Gas. Pada pewsawat yang terbang sangat tinggi Avtur disimpan pada tangki pesawat yang dilengkapi Heater agar Avtur tidak beku saat terbang tinggi. Sedangkan Bensol adalah bahan bakar pesawat bermesin Piston. Sedangkan bahan bakar Pilotnya bisa saja Soto Betawi lengkap dengan Es Tehnya. Asyik kan.
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by Wind Raider »

Teruskan pak long Djai ... =D> =D>
( pak long = pakdhe )
User avatar
iwanfitrawan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 54
Joined: 15 Jun 2010, 09:08

Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.

Post by iwanfitrawan »

pantes lebih memilih jual kerosine ke dunia penerbangan ya???la harganya jadi berapa kali lipat??dr pada dijual ke masyarakat harus disubsidi lagi hehehehe...

btw tanya sekalian, benr ga sih gara2 pake metanol dan minyak jarak racikan sendiri dengan yang beli jadi mempengaruhi keawetan glow plug? atu komponen yang lain??

terus kalau ignitor glow plug kita lepas setelah mesin nyala keadaan bara di dalam busi bagaimana ya ?? apa tetep merah apa ngga ya?
Post Reply