Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
Moderator: sudjai sarmo
- hendrasetiono
- Airman First Class
- Posts: 86
- Joined: 25 May 2010, 10:59
- Location: MaTAraM_LoMBok
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
Pakde, siap, n trima kasih pakde atas info nya, bener2 bermanfaat,
- BERTHIE FLYER
- Staff Sergeant
- Posts: 237
- Joined: 22 Feb 2008, 22:37
- Location: dulu Medan sekarang Depok
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
ilmu dan informasi yang sangat berguna nih pakde.... Lanjut lagi dong... Ditunggu thread2 yang kayak gini nih,,,,,
- jarest
- Airman First Class
- Posts: 90
- Joined: 16 Aug 2010, 11:34
- Location: banten
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
lanjut pa de.
ijin menyimak
ijin menyimak
- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1078
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
wah... pada ngumpul nih... hehehe
Pembakaran fuel mengakibat panas yang menyebabkan udara mengembang sehingga menghasilkan tenaga. Jadi penting, jumlah tenaga yang dihasilkan berkaitan dengan jumlah udara yang dimasukkan kedalam silinder.
Berdasarkan referensi, pembakaran paling efisien untuk gasoline memerlukan 14.6 udara per satu bagian gasoline. Sayangnya mesin bisa jebol pada rasio ini akibat panas yang berlebihan, istilahnya lean bangeettt... Normalnya gasolin dioperasikan pada posisi rich dengan rasio udara 10 - 12 per setiap bagian fuel.
Sementara untuk methanol membutuhkan rasio yang lebih kecil sekitar 6:1 atau kira kira 2.25 kali lebih banyak fuel dibanding gasolin. Makanya methanol jauh lebih boros dibanding gasolin.
Jadi kalau mau ganti fuel lumayan juga tuh yang mesti di fine tune... apalagi carby gasoline di colokin ke methanol pasti jebol enginenya kepanasan.... atau linenya perlu digedein agar bisa mengejar ratio dibawah 6:1
Pembakaran fuel mengakibat panas yang menyebabkan udara mengembang sehingga menghasilkan tenaga. Jadi penting, jumlah tenaga yang dihasilkan berkaitan dengan jumlah udara yang dimasukkan kedalam silinder.
Berdasarkan referensi, pembakaran paling efisien untuk gasoline memerlukan 14.6 udara per satu bagian gasoline. Sayangnya mesin bisa jebol pada rasio ini akibat panas yang berlebihan, istilahnya lean bangeettt... Normalnya gasolin dioperasikan pada posisi rich dengan rasio udara 10 - 12 per setiap bagian fuel.
Sementara untuk methanol membutuhkan rasio yang lebih kecil sekitar 6:1 atau kira kira 2.25 kali lebih banyak fuel dibanding gasolin. Makanya methanol jauh lebih boros dibanding gasolin.
Jadi kalau mau ganti fuel lumayan juga tuh yang mesti di fine tune... apalagi carby gasoline di colokin ke methanol pasti jebol enginenya kepanasan.... atau linenya perlu digedein agar bisa mengejar ratio dibawah 6:1
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
Ikut menyimak sambil tanya pak dhe.....
Kalo engine gasoline/bensin pembakaran dan timingnya dilakukan oleh busi ( karena bensin tidak bisa terbakar sendiri ), kalo engine nitro pembakarannya dan timingnya seperti apa pak dhe? sedangkan dia menggunakan karburator tidak pake busi dan tidak pake fuel injection pump.... Mohon pencerahannya.....
nb: cara kerja dasar engine sudah ngerti, namun engine glow / nitro proses terbakarnya campuran fuel dan udara kapan dan bagaimana belum ngerti....
Kalo engine gasoline/bensin pembakaran dan timingnya dilakukan oleh busi ( karena bensin tidak bisa terbakar sendiri ), kalo engine nitro pembakarannya dan timingnya seperti apa pak dhe? sedangkan dia menggunakan karburator tidak pake busi dan tidak pake fuel injection pump.... Mohon pencerahannya.....
nb: cara kerja dasar engine sudah ngerti, namun engine glow / nitro proses terbakarnya campuran fuel dan udara kapan dan bagaimana belum ngerti....
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
Engine Nitro cukup disulut dengan panasnya Glow Plug saja sudah bisa terbakar, lalu kalau Battery Glow dilepas kenapa masih tetap hidup ? Itu karena Glow Plug masih tetap panas akibat reaksi pembakaran. Makanya bila Glow Plugnya kotor dan penuh dengan kerak sisa pembakaran maka Glow Plugnya tidak bisa menyimpan panas lagi sehingga mesinya ngadat tak mau hidup.
- gigisekar
- Airman First Class
- Posts: 85
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
pakde, mau tanya, jadi bahan bakar mesin jet pesawat terbang komersial kyk garuda tuh avigas (=minyak tanah) atau bensol ya?
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
@ gigisekar, semua mesin Gass Turbine pada pesawat berbahan bakar Avigass Turbine atau lazimnya disebut Avtur kalau di negara barat disebut Kerosene kalau di Jawa Timur disebut Lengo Gas sedang di Kalsel biasa disebut Minyak Gas. Pada pewsawat yang terbang sangat tinggi Avtur disimpan pada tangki pesawat yang dilengkapi Heater agar Avtur tidak beku saat terbang tinggi. Sedangkan Bensol adalah bahan bakar pesawat bermesin Piston. Sedangkan bahan bakar Pilotnya bisa saja Soto Betawi lengkap dengan Es Tehnya. Asyik kan.
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
Teruskan pak long Djai ...
( pak long = pakdhe )


( pak long = pakdhe )
- iwanfitrawan
- Airman First Class
- Posts: 54
- Joined: 15 Jun 2010, 09:08
Re: Perbedaan antara Methanol dan Pertamax pada Engine RC.
pantes lebih memilih jual kerosine ke dunia penerbangan ya???la harganya jadi berapa kali lipat??dr pada dijual ke masyarakat harus disubsidi lagi hehehehe...
btw tanya sekalian, benr ga sih gara2 pake metanol dan minyak jarak racikan sendiri dengan yang beli jadi mempengaruhi keawetan glow plug? atu komponen yang lain??
terus kalau ignitor glow plug kita lepas setelah mesin nyala keadaan bara di dalam busi bagaimana ya ?? apa tetep merah apa ngga ya?
btw tanya sekalian, benr ga sih gara2 pake metanol dan minyak jarak racikan sendiri dengan yang beli jadi mempengaruhi keawetan glow plug? atu komponen yang lain??
terus kalau ignitor glow plug kita lepas setelah mesin nyala keadaan bara di dalam busi bagaimana ya ?? apa tetep merah apa ngga ya?