Cierva C30 di HK

Moderator: wonodikromo

User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

Jreng...... \:D/ \:D/

Image

Manual Instructionnya Muuuuaaaanaaaa ???? ](*,) ](*,) ](*,) ](*,), parah buangett memang rupanya nggak pakai instruction manual. Ini mah bakalan jadi kerjaan yang lama banget

Kualitas bagus, pas diperhatikan dengan seksama headnya pakai delta hinge Hmmm.. less conning, gampang autorotation, tapi berat di servo.. untug udah ambil metal gear

to be continued... very slowly

Om WR C30-nya sudah sampai Om ?
User avatar
rachmatjeny
Captain
Captain
Posts: 1670
Joined: 19 Mar 2009, 21:55
Location: Depok
Contact:

Re: Cierva C30 di HK

Post by rachmatjeny »

loh bahannya balsa ya om?
User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

Iya om rahmatjeny, kalau yg LAheli kan dr foam, to harganya hampir dua kalinya. Yg ini quality sih OK bgt cuma challange di AWU, theorynya 600gr to kayaknya bakal lebih. 8-[

Tp coba dulu kalau udah bisa accelerate ke autorotation pake rogging jg udah seneng bgt. Klu keberatan ya tinggal panjangin bikin blade sendiri.. Jack turunin rotor loading :D
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Cierva C30 di HK

Post by Wind Raider »

widodo wrote:Om WR C30-nya sudah sampai Om ?

Sudah pak ... tapi belum diapa2in .... soalnya lagi seneng sama psw imut2 ....
btw , kita termasuk yang beruntung krn stock di toko minus terussss ....
:lol: :lol:
User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

Beruntung bgt... apalagi waktu itu shipment ke susulannya cepet :)

anyway punya masukan ini untuk bagian yg mana nggak ya om ?
Image

kalau yg kecil sepertinya untuk pegangan hood (yg abu2 di gambar atas) dibawah head ya ?, nah kalau yg kotak ada A..B.. itu untuk apa ya om ? bracket landing gear ?
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Cierva C30 di HK

Post by Wind Raider »

Ini ada yang sudah merakit pak ...
bisa didownload di : http://www.hobbyking.com/hobbyking/stor ... 027X46.doc
User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

alhamdulillah, berbekal petunjuk dr om WR...
Image

testing autorotation di depan kipas angin...

blade masih harus d balance, motor sama batere mesti di cari dulu...

servo turnigy 7gr/1.5kg metal gear megang banget...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: Cierva C30 di HK

Post by Wind Raider »

wahhhh cakepnya ...
mudah2an kali ini tidak perlu naik motor keliling kampung lagi hahaha ...

bladenya kelihatannya flat bottom ya ?
konon kabarnya lebih efisien dibanding clark y .
User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

Memang cantik bener om...

Yang ini tinggal taroh di depan kipas angin doang kok... lagian supir saya juga udah nggak mau boncengin lagi pake motor... kayaknya dia malu.. he he.. :-k Selain itu juga aman dari teguran anak "Papa jangan jadi kaya papanya Belle di beauty and the beast dong.." ](*,) ](*,).

Anyway, Head design udah pake delta (hinge angled, tidak tegak lurus, jadi kalau blade flaps up.. karena sudut hingge ini, blade akan membentuk sudut negative sehingga mengkoreksi flapping.) Enaknya lagi putaran rotor accelerasinya cepet, karena negative incident nya bisa lebih besar saat start up, dan otomatis berkurang (karena gaya sentrifugal tip weight) untuk rpm yang lebih tinggi.

Bladenya flat bottom, ide yang bagus, sim untuk negative angle langsung build ini di blade, kayaknya sih gampang di contek om..

Cuman yang saya seneng, design rotor bracing + landing gear bagus buat absorb vibration, biar blade belum di balance, getaran yang ada bisa di absorb sama gear depan. Trus gear belakang juga kokoh banget... karena dia harus support all the weight during take off waktu roda depan udah keangkat... kalau meleot.. gagal take off.

Anyway, lagi mau order buat motor sama batere, kalau 2409 sih nggak bakal kuat dari pengalaman (infact ini yg bikin selama ini gagal), saya lagi mikir turnigy 3510 pakai 10x4.7 karena plg nggak coba dapet thrust 1kg. Kalau batere kira2 3S 1300mAh cukup nggak ya tempatnya. Ada masukan om ?

Btw, servo saya udah pakai turnigy metal gear buat cyclic.. karena bahaya servo strip. Kalau ruder sih pakai servo biasa.
User avatar
widodo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 04 Aug 2007, 16:51
Location: Jakarta

Re: Cierva C30 di HK

Post by widodo »

Koreksi Turnigy 3530 1700KV atau alternative Hextronix DT700 dari pada lama nunggu pesen dua2nya #-o , lippo pakai zippy 3S-25C 1300mAH,
Post Reply