hendrasetiono wrote:
Pakde, klo blh tau knpa belok selalu isi power,.... Maaf krna blm punya sehingga tanya terlebih dahulu, hehehe
mengingat bentuk sayapnya yang tapper depan belakang maka saat belok bidang angkat/penampang efektif sayap akan semakin kecil jadinya kalau kurang speed buntutnya pesawat akan mengalami tip stall alias melintir tidak terkendali kalau belok kepelanan, nah kalau lagi belok rendah bisa kebayang pesawat sudah tidak memiliki ruang recovery untuk bisa nambah kecepatan .... gitu aja kok
makanya pada setiap penerbangan awal apakah itu maiden atau misalnya dipinjemin atau minjem pesawat kawan sebaiknya terbang tinggi dulu untuk bisa lebih mengenal karakter si pesawat antara lain untuk melakukan penyetelan bidang kontrol agar pesawat bisa lurus, kondisi CG, memperhatikan stall speed nya dalam berbagai kondisi misalnya pada saat glide dan belok
gitu deh kira2 yang saya terima dari para suhu dan semoga saya mencerna nya sesuai dengan petuah para suhu dan mohon maaf apabila tidak pas apalagi salah
salam