tex 600 belt or tourque tube

You got problems ? Let's discuss here

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by andreansyah »

didin wrote:
andreansyah wrote:makanya mas deddredd menurut sy gitu tapi ada yg bilang lebih stabil tt ya inilah negri demokrasi pendapat orang berbeda :pis ya mas makasih pedapatnya ya mas


kalau soal stabil.....menurut saya jawabannya sangat ditentukan oleh:
1. hardware dan settingannya di Heli
2. settingan software di remot
3. settingan jempol

Nah...apapun helinya, stabil atau tdk tergantung dai hal di atas.
Ini menurut saya lho...
Saya lihat di yutub...apapun type Trex, kalau yg megang Allan Zhabo...menurut saya malah nggak stabil.
Terbangnya nggak karuan... :ha3 :ha3 :ha3

bener om didin kalo yg megang alan zhabo atau satu lg tu orang india apa araf tuh lebih ga karuan lg ya om didin :) tapi point om didin 1 s/d 3 betul semua om
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by Syafik »

andreansyah wrote:salam om om semua mo nanya nih ama om om semua :shy ada rencana sy mo ambil trex 600 engine yg sy tanyain stabilan n ekonomisan yg pake belt apa yg tourque tube ya om makaseh maklum newby di engine :shy :shy

DedDredd wrote:Om andre kan dah pake 450 tt? masak 600nya turun spek?bTw cpet juga pake engine ... Jdf pengen...

menurut saya heli dengan belt drive bukan kemunduran atau turun spek, kalau saya gak salah ingat dulu sebelum banyak heli menggunakan belt justru sudah banyak yang menggunakan torque tube, saya pertama beli trex450 dengan belt drive sebelumnya sudah banyak heli yg pake TT dan justru rame2 upgrade ke belt...

Belt system:
kekurangan diantaranya lifetime beltnya lbh singkat dan kalau ausnya parah akan kaluar serabut rambut akibatnya bisa mbulet di gear dan akan membahayakan helinya, belt juga sering menghasilkan putaran tail kurang sempurna jika beltnya kekencangan atau terlalu kendor (harus pas).
Kelebihan lebih tahan crash, meskipun tailboom bengkok tidak banyak mempengaruhi beltnya arena fleksibel

TT:
kelebihan rpm terjaga, cocok buat yang suka 3D
Kekurangan lebih tidak tahan terhadap crash jika mengenai bagian tail/tailboom/tail system

kalau salah mohon koreksi
User avatar
wawans
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 231
Joined: 19 Mar 2010, 22:35
Location: payakumbuh SUMBAR
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by wawans »

Syafik;setuju,,,,,,,, :ok :ok
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by DedDredd »

:tlt :ide Ooooo gitu ya om syafik?...saya kira dgn harga lebih mahal speknya lebih tinggi ato lebih bagus....
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by sahid »

DedDredd wrote::tlt :ide Ooooo gitu ya om syafik?...saya kira dgn harga lebih mahal speknya lebih tinggi ato lebih bagus....


spek nya sama koq mas.... :wek
enaknya TT, g' pusing urusan belting kendor.....
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by DedDredd »

Kalo belting bisa kendor, kalo tt apa ada kelemahan secara teknis dengan mengesampingkan unsur crash?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by christoffel »

nambahin om syafik, secara teknis (lepas dari urusan jempol dan setting) TT lebih baik performanya karena :
- sebagus-bagus belt, pasti ada elastisitasnya (molor). ini bikin rpm tail rotor nggak kontan dan nggak konstan. memang beda tipis, cuman kata pilot yg jempolnya nggak bisa diem, kerasa banget bedanya ... :) ... saya sendiri cuman bisa terbang patroli, jadi nggak bisa ngerasain bedanya ...
- setting kekencangan belt yg paling pas sekalipun, pasti akan membebani putaran, karena belt harus agak seret nempel pada puly.

untuk lebih jelasnya, coba bandingkan kedua jenis ini dg cara putar2 pake tangan, akan terasa yg TT lebih enteng ...
lalu coba tahan main gear nya, dan agak paksa putar tail rotor, yg pake belt akan berputar lebih banyak karena belt-nya molor ...

ps: buat saya yg masih sering crash, belt jauh lebih ekonomis, dg performa yg sudah sangat mencukupi ...
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by andreansyah »

Syafik wrote:
andreansyah wrote:salam om om semua mo nanya nih ama om om semua :shy ada rencana sy mo ambil trex 600 engine yg sy tanyain stabilan n ekonomisan yg pake belt apa yg tourque tube ya om makaseh maklum newby di engine :shy :shy

DedDredd wrote:Om andre kan dah pake 450 tt? masak 600nya turun spek?bTw cpet juga pake engine ... Jdf pengen...

menurut saya heli dengan belt drive bukan kemunduran atau turun spek, kalau saya gak salah ingat dulu sebelum banyak heli menggunakan belt justru sudah banyak yang menggunakan torque tube, saya pertama beli trex450 dengan belt drive sebelumnya sudah banyak heli yg pake TT dan justru rame2 upgrade ke belt...

Belt system:
kekurangan diantaranya lifetime beltnya lbh singkat dan kalau ausnya parah akan kaluar serabut rambut akibatnya bisa mbulet di gear dan akan membahayakan helinya, belt juga sering menghasilkan putaran tail kurang sempurna jika beltnya kekencangan atau terlalu kendor (harus pas).
Kelebihan lebih tahan crash, meskipun tailboom bengkok tidak banyak mempengaruhi beltnya arena fleksibel

TT:
kelebihan rpm terjaga, cocok buat yang suka 3D
Kekurangan lebih tidak tahan terhadap crash jika mengenai bagian tail/tailboom/tail system

kalau salah mohon koreksi[/quote

makasih om syafik pendapatnya ngomong2 duluan tt dari belt ya om
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by Syafik »

andreansyah wrote:

makasih om syafik pendapatnya ngomong2 duluan tt dari belt ya om

Pada awal saya main heli, beli heli 400 merek ZAP (sebelum populer trex450) masih menggunakan TT dan yang saya lihat di internet waktu itu memang semua heli 450 juga menggunakan TT pada tail drive systemnya... dan setelah mulai muncul belt drive, saya juga ikutan upgrade heli TT saya ke belt

Sama juga dengan teknologi ccpm pada rotorhead heli dibandingkan dengan non-ccpm (HDE kalau di heli hirobo), saat ini ccpm dianggap perbaikan dari teknologi hde yang muncul sebelumnya, padahal teknologi ccpm sudah diterapkan pada heli jadul juga. Ada rekan pilot di surabaya yg punya heli sangat lama produksi USA menggunakan teknologi ccpm

Kalau untuk heli engine saya tidak tahu banyak, tapi ini ada video heli sangat jadul, perhatikan tailnya menggunakan TT diluar boom nya, lucu juga konstruksinya...

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: tex 600 belt or tourque tube

Post by Budiman »

Sedikit menambahkan...dari sisi performance, antara timming-belt driven dengan torque tube, tdk memiliki perbedaan yang mencolok, asalkan anda tau persis bagaimana memperlakukan kedua sistem tersebut.
Timming belt driven lebih unggul dr sisi ekonomis,sedangkan torque tube lebih unggul dr kepraktisan(bongkar pasang lebi cepat)

Sedikit tricky dari saya,khususnya utk torque tube driven, yaitu menghindari pemasangan tail-rotor blade yg terlalu kencang,namun juga jangan terlalu kendor.Ini bertujuan utk menyelamatkan gear pd mekanisme torque tube dan tail-rotor shaft,saat tail mengalami impact sekecil apapun


salam,
budiman
Post Reply