Page 2 of 3
Re: betulin motor
Posted: 05 May 2011, 08:11
by iwan21
dulbehek wrote:ok om bisnie tak praktekin
ohya om cara ngelurusin shaft gimana soale aku pernah dibilangi pak joun pake kaca lurus seh lurus tapi mungkin dalam satuan mikro kagak lurus
pernah nyoba pake bor duduk biar tekanan merata
tapi tetep masih kagak lurus
apa emang musti lem biru yah om
kalo udah bengkok satu2nya cara cuman diganti om, buang aja yg bengkok
ngelurusin shaft bengkok gak sebanding dg hasilnya
1. walau liat dikaca, belum jaminan 100 %
2. walau bengkok gak keliatan, karena muternya kenceng dan ada beban propeller,menimbulkan vibrasi
3. vibrasi akan mengurangi power motor, konsumsi arus motor naik, rpm gak maksimal, motor cepet panas, efeknya ya ke ESC dan batere yg jadi terbeban lebih dari normalnya ( ini kasus yg sama kalo kita pake prop yg gak dibalance atau prop yg dipaksa potong supaya jadi pendek)
Re: betulin motor
Posted: 05 May 2011, 08:55
by toto
iwan21 wrote:dulbehek wrote:ok om bisnie tak praktekin
ohya om cara ngelurusin shaft gimana soale aku pernah dibilangi pak joun pake kaca lurus seh lurus tapi mungkin dalam satuan mikro kagak lurus
pernah nyoba pake bor duduk biar tekanan merata
tapi tetep masih kagak lurus
apa emang musti lem biru yah om
kalo udah bengkok satu2nya cara cuman diganti om, buang aja yg bengkok
ngelurusin shaft bengkok gak sebanding dg hasilnya
1. walau liat dikaca, belum jaminan 100 %
2. walau bengkok gak keliatan, karena muternya kenceng dan ada beban propeller,menimbulkan vibrasi
3. vibrasi akan mengurangi power motor, konsumsi arus motor naik, rpm gak maksimal, motor cepet panas, efeknya ya ke ESC dan batere yg jadi terbeban lebih dari normalnya ( ini kasus yg sama kalo kita pake prop yg gak dibalance atau prop yg dipaksa potong supaya jadi pendek)
Gara mau ngirit di shaft .................. eh tadinya yang lain2nya sehat malah bisa jadi nular loh ke lipo, esc dan maah bisa jadi dudukan motor di pesawat (firewall) malah jadi somplak juga loh .............. jadi saran saya kalau enggak nemu CDROM Drive bekas ya pesen aja sekaligus tuh shaft barang 2-3 buah ..............
tapi ini dari pengalaman saya saja loh, karena merasa punya serep shaft banyak terus terbangnya ngawur srudak sruduk ampe kelimit ...... salah lagi deh ....
jadi gimana ya, yang penting ya mbok di eman2 lah bukan karena punya serep shaft banyak atau pesawat gampang dibetulin dan bisa dikerjakan sendiri terus sruntulan terbangnya kaya saya, yang model gini jangan diikuti deh dijamin cape sendiri nantinya
salam
Re: betulin motor
Posted: 05 May 2011, 08:59
by iwan21
toto wrote:jadi gimana ya, yang penting ya mbok di eman2 lah bukan karena punya serep shaft banyak atau pesawat gampang dibetulin dan bisa dikerjakan sendiri terus sruntulan terbangnya kaya saya, yang model gini jangan diikuti deh dijamin cape sendiri nantinya
salam
siyyaaappp ama yg ini, saling mengingatkan terbanglah dg baik dan benar, bukan asal terbang
walaupun yg namanya benda terbang pasti kalah ama gravitasi, alangkah berbahagianya kita kalo pulang kerumah entu pesawat masih utuh, kalopun jatoh biarlah itu karena faktor technical failure, bukan human error
Re: betulin motor
Posted: 05 May 2011, 09:04
by toto
iwan21 wrote:toto wrote:jadi gimana ya, yang penting ya mbok di eman2 lah bukan karena punya serep shaft banyak atau pesawat gampang dibetulin dan bisa dikerjakan sendiri terus sruntulan terbangnya kaya saya, yang model gini jangan diikuti deh dijamin cape sendiri nantinya
salam
siyyaaappp ama yg ini, saling mengingatkan terbanglah dg baik dan benar, bukan asal terbang
walaupun yg namanya benda terbang pasti kalah ama gravitasi, alangkah berbahagianya kita kalo pulang kerumah entu pesawat masih utuh, kalopun jatoh biarlah itu karena faktor technical failure, bukan human error
saya ber ZANZI entar pesawat warisan dari wak suhu iwan21 akan saya eman2 untuk bisa di turunkan ke anak dan cucu ....

...... tapi ya semoga saya tidak kelupaan ke elingannya ya suhu ....

...... abis gimana karena imut2nya itu malah sering bikin gemes loh apalagi kalao topi item dengan tulisan SJAC lagi dipake kayanya utek jadi susah dikendalikan deh .....

...... sebelumnya hamba mohonkan maaf apabila terjadi sesuatu atas warisan wak suhu semoga bukan kerena dipaksa CRASH ..........
salam
Re: betulin motor
Posted: 05 May 2011, 20:59
by Syafik
Bijaksana sekali petuah para suhu... ngeman beberapa puluh ribu tp resikonya bisa beratus2 ribu gak sebanding banget...

Re: betulin motor
Posted: 27 Jun 2011, 21:46
by coyo
iwan21 wrote:kalo c klip ilang, saya ganti pake kawat tembaga kecil dililit di paritnya terus lembaganya disolder/dilem, dijamin gak lepas2 lagi
klo sy malah sengaja dicabut, biar gampang dicopot - just in case ada masalah apa gitu....
selama ini aman2 aja, belum pernah copot waktu terbang - kecuali dlu waktu nabrak sutet eh sutt hehehe....
Re: betulin motor
Posted: 27 Jun 2011, 21:54
by coyo
itwilly wrote:kemaren abis maiden motor jadi seperti ini.

kayaknya shaftnya agak bengkok, dan nonjol ke dalam
gimana cara perbaikinya ya ?

seperti saran suhu Roji: ganti pake sliding bar CDROM
viewtopic.php?f=11&t=4466murah-meriah.....
Re: betulin motor
Posted: 17 Nov 2011, 11:18
by alibaba17
iwan21 wrote:dulbehek wrote:ok om bisnie tak praktekin
ohya om cara ngelurusin shaft gimana soale aku pernah dibilangi pak joun pake kaca lurus seh lurus tapi mungkin dalam satuan mikro kagak lurus
pernah nyoba pake bor duduk biar tekanan merata
tapi tetep masih kagak lurus
apa emang musti lem biru yah om
kalo udah bengkok satu2nya cara cuman diganti om, buang aja yg bengkok
ngelurusin shaft bengkok gak sebanding dg hasilnya
1. walau liat dikaca, belum jaminan 100 %
2. walau bengkok gak keliatan, karena muternya kenceng dan ada beban propeller,menimbulkan vibrasi
3. vibrasi akan mengurangi power motor, konsumsi arus motor naik, rpm gak maksimal, motor cepet panas, efeknya ya ke ESC dan batere yg jadi terbeban lebih dari normalnya ( ini kasus yg sama kalo kita pake prop yg gak dibalance atau prop yg dipaksa potong supaya jadi pendek)
pengalaman suhu iwan memang mantap...

salut om...

Re: betulin motor
Posted: 21 May 2012, 16:43
by JEFFRY
coyo wrote:iwan21 wrote:kalo c klip ilang, saya ganti pake kawat tembaga kecil dililit di paritnya terus lembaganya disolder/dilem, dijamin gak lepas2 lagi
klo sy malah sengaja dicabut, biar gampang dicopot - just in case ada masalah apa gitu....
selama ini aman2 aja, belum pernah copot waktu terbang - kecuali dlu waktu nabrak sutet eh sutt hehehe....
Hari Minggu kemaren saya coba praktekin cara om coyo ganti shaft motor tower pro 2408 pake besi optik cd room...
berhubung alat grenda untuk bikin takik tempat c klip tidak ada. maka shaft nya
coba dipasang aja tanpa dipasang c klip...
disambungin ke esc dan battery coba naikin throthle full gak masalah...(shaft tidak dipasangin prop)
setelah 5 menitan coba dicek lagi, besi tempat nempelin motor ke pesawat panas...
apa itu normal, karena tidak ada hembusan angin sebagai pendingin waktu kita terbangin pake pesawat.
ato ada masalah lain?
terimakasih...
Re: betulin motor
Posted: 21 May 2012, 21:04
by iwan21
JEFFRY wrote:.
disambungin ke esc dan battery coba naikin throthle full gak masalah...(shaft tidak dipasangin prop)
setelah 5 menitan coba dicek lagi, besi tempat nempelin motor ke pesawat panas...
apa itu normal, karena tidak ada hembusan angin sebagai pendingin waktu kita terbangin pake pesawat.
ato ada masalah lain?
terimakasih...

,
ini maksudnya dipanteng full throttle statik selama 5 menit ?
bahaya om, bisa kebakar motornya , kalo test statik itu gak perlu lama2 kok, 10 detik aja udah lebih dari cukup dan itupun dg prop terpasang agar ada aliran udara utk pendinginannya