Untuk Mas Handoyo ,Mas Adit,dan Pak Pitra(pakar gaero.org utk urusan scale heli yg cantik)
Saya tau, Anda bertiga adalah heli-lover dan Anda bertiga memiliki karakter terbang yg berbeda...hehehe...
Untuk Mas Asoen,
hover adalah basicnya heli,jika ini dikuasai dr berbagai dr segala posisi, maka manouver selanjutnya akan lebih mudah
Untuk Pak Jarest,
Kalo menurut saya,perpindahan dr kelas 450 ke engine powered adalah degradasi secara kecepatan control response,karena kelas 450 lebih cepat responsenya daripada heli besar yg mana lebih lamban sehingga lebih terprediksi.
Masalah cost yg serba mahal adalah relatif..buktinya, Anda lebih memilih pesawat gasoline..jadi sebenarnya,jika memandang pendapat Anda mengenai cost...rasanya ,saya lebih menangkapnya..Anda lebih berminat kpd fixed wing,bukan heli..
Untuk perbedaan karakter,helipun memiliki hal yg demikian,karena dari point ini, heli dibagi menjadi 2 kelas secara karakter,yaitu F3C dan 3D, dimana F3C berkarakter presisi,akurat dan stabil,sedangkan 3D berkarakter lincah,responsif dan bandel...
Untuk manuver2 yg menantang, helipun memiliki warna tantangan yg berbeda.Sperti 3D, tantangan lebi bertumpu pd karakter heli secara alami...sedangkan utk mengimbangi fixed wing, heli bole dikatakan berkarakter ganda,yaitu seperti high wing saat normal dan low wing saat inverted....
Anda bole melihat pada kompetisi F3C schedule 1,2 dan 3..yg mana heli diterbangkan secara aerobatic,layaknya pesawat secara umumnya...tentu saja antara heli dengan pesawat,tidak bisa disamakan secara persis,karena perbedaan karakter alami yg mendasar...sekali lagi ,heli tidak melulu hover saja...
salam,
budiman
Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
Last edited by Budiman on 25 May 2011, 13:41, edited 1 time in total.
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
Aku masih cinta heli, my first love, kenapa skrg lebih sering main pesawat karena mencari tantangan dan pengalaman baru, sekarang juga sementara meninggalkan fixed wing dan beralih ke multi rotor, juga mencari tantangan dan ilmu baru, konsekuensinya heli ku dirumah tambah berdebu
Gara2 thread ini aku jadi teringat dengan seekor heliku yang ku tinggalkan terbengkalai dalam keadaan crash, akhirnya barusan order parts deh

Gara2 thread ini aku jadi teringat dengan seekor heliku yang ku tinggalkan terbengkalai dalam keadaan crash, akhirnya barusan order parts deh
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
ipin17 wrote:Aku masih cinta heli, my first love, kenapa skrg lebih sering main pesawat karena mencari tantangan dan pengalaman baru, sekarang juga sementara meninggalkan fixed wing dan beralih ke multi rotor, juga mencari tantangan dan ilmu baru, konsekuensinya heli ku dirumah tambah berdebu![]()
Gara2 thread ini aku jadi teringat dengan seekor heliku yang ku tinggalkan terbengkalai dalam keadaan crash, akhirnya barusan order parts deh
Alhamdulillah,akhirnya ada seekor heli yg terselamatkan ya Om...


salam,
budiman
- eja
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 17 Dec 2007, 22:33
- Location: cibubur
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
ninggalin?? ga tepat kali ya, lebih tepat vakum..
soalnya dana lg ngepress, jadi maen yg penting terbang..
home made aja, murah meriah mabur..
kalo crash ga pusing2 setting, sedikit fine tune udah mabur lagi
soalnya dana lg ngepress, jadi maen yg penting terbang..
home made aja, murah meriah mabur..
kalo crash ga pusing2 setting, sedikit fine tune udah mabur lagi
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
.eja wrote:ninggalin?? ga tepat kali ya, lebih tepat vakum..
soalnya dana lg ngepress, jadi maen yg penting terbang..
home made aja, murah meriah mabur..
kalo crash ga pusing2 setting, sedikit fine tune udah mabur lagi
Ya, Mas Eja,saya juga demikian saat ini...semoga utk ke depannya,Anda come back to heli lagi...
salam,
budiman
- eja
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 17 Dec 2007, 22:33
- Location: cibubur
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
Budiman wrote:.eja wrote:ninggalin?? ga tepat kali ya, lebih tepat vakum..
soalnya dana lg ngepress, jadi maen yg penting terbang..
home made aja, murah meriah mabur..
kalo crash ga pusing2 setting, sedikit fine tune udah mabur lagi
Ya, Mas Eja,saya juga demikian saat ini...semoga utk ke depannya,Anda come back to heli lagi...
salam,
budiman
kalo saya tau Om Budiman memang sudah mengakar dalam jiwa perkara Rotary Wing ini,
harapan saya juga demikian om, semoga armada dapat mengudara kembali, sekalian dapat mendidik anak saya jadi mahir seperti Om Budiman
- dedy_r450
- Captain
- Posts: 1626
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
Saya tidak meninggalkan heli, tapi heli yang meninggalkan saya.. (Helinya crash)
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
dedy_r450 wrote:Saya tidak meninggalkan heli, tapi heli yang meninggalkan saya.. (Helinya crash)
Iya,Mas..heli Anda udah takut duluan,karena mau dibedah menjadi multi-rotor...


salam,
budiman
- djemif
- Airman First Class
- Posts: 77
- Joined: 12 Aug 2009, 07:48
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
Meninggalkan heli.....??? Oh NO....... urusan bisnis ke luar kota aja yang saya bawa heli bukan istri
Kalau saya sih selang seling antara heli n plane. Tantangan Heli lebih besar tapi tingkat stress juga lebih besar (kalau crash
). Plane lebih mudah dikuasai tapi ya itu akibatnya cepat merasa bosan.
Heli bisa dimainin dimana saja, mudah dibawa2, pokoknya siippp deh......belum terpikirkan untuk dilupakan



Kalau saya sih selang seling antara heli n plane. Tantangan Heli lebih besar tapi tingkat stress juga lebih besar (kalau crash

Heli bisa dimainin dimana saja, mudah dibawa2, pokoknya siippp deh......belum terpikirkan untuk dilupakan


- andreas13
- Chief Master Sergeant
- Posts: 816
- Joined: 12 Oct 2010, 01:22
- Location: ((..(ungaran)..))
Re: Mengapa Anda mulai meninggalkan R/C helicopter?
meninggalkan heli... ????
tidak lah...
cuma kadang bosen....bosen karena helinya ituu...aja punyanya...
habis mo beli yang gede belum mampu beli...
....
kalau pas bosen heli tinggalin sesaat...selingkuh ke pesawat gabus yg "murmer...hore".... ntar kalau maen pesawat...jadi bosen ..... pasti kangen lagi "hover heli 50cm"




cuma kadang bosen....bosen karena helinya ituu...aja punyanya...


habis mo beli yang gede belum mampu beli...


kalau pas bosen heli tinggalin sesaat...selingkuh ke pesawat gabus yg "murmer...hore".... ntar kalau maen pesawat...jadi bosen ..... pasti kangen lagi "hover heli 50cm"


