Page 2 of 3
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 23 Jun 2011, 08:40
by MrDoms
iwan21 wrote:cuman pengen tau aja, katanya justru methanol/castor lebih ramah lingkungan dibanding bahanbakar fosil ini
( karena diaeromodelling terjadi kebalikannya, disaat orang2 berusaha menciptakan bio fuel yg ramah lingkungan dan meninggalkan bbm fosil, kita2 malah rame2 beralih ke si fosil)
(maaf , cuman suara gagak bin kelelawar aja

, gak usah dianggep)
benar suhu..... biofuel.... green energy..... energy terbarukan....
Aeromodelling itu emang hobby yang ndak ada batasnya - bener-bener sky is the limit (I love aeromodelling).... selalu pengen cepet-cepet coba yang baru alias selingkuh... ntar abis gasoline.... pasti deh pengen yang glider.... ini tingkat tertinggi menurut saya dari segi pembuatan dan penerbangannya....
ada temen saya abis nitro langsung lompat ke glider.... wal hasil yang terjadi adalah glider rasa pylon racing.....

untung beliau segera insyaf setelah banyak glider yang ancur....
sekarang beliau turun pangkat alias dimutasikan ke gasoline.....

Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 23 Jun 2011, 13:00
by Wind Raider
hehehe akhirnya suhu hery nyicip gasoline jugaa
busyett dahh premium langka di cirebon .... kok bisa ya ??? padahal dekat dengan balongan ???
mungkin sudah waktunya engine gasoline diwajibkan pakai stnk hehehe ..
kalau listrik langka ???
mungkin psw elektrik kudu pakai meteran PLN ... pakai pulsa isi ulang
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 23 Jun 2011, 14:52
by toto
sudah masanya back to basic om .................. main glider saja take off di slepet pake karet beres deh nguing2 dan jangan lupa bawa kursi malas dan makan secukupnya terus bawa radio stel deh kesiaran yang paling di gandrungin ......
salam
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 23 Jun 2011, 19:44
by Wind Raider
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 24 Jun 2011, 06:47
by hery_s
thanks infonya pak...
kenapa saya beralih ke gasoline ?
terus terang saya kalau maen elektrtik nggak puas...waktu terbang yg singkat dan harus charge batt.
kalau engine nirto cukup mantaf...cuman kendalanya bahan bakar susah di dapat
akhirnya...
hijrah ke gasoline...bahan bakar mudah didapat.

Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 24 Jun 2011, 07:35
by dino
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 08 Oct 2011, 19:42
by Hopatz
Powernya bagus ini engine rcgf 15cc cukup kuat narik low wing .61 - .75
Staterannya juga gampang..
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 08 Oct 2011, 20:03
by hery_s
Hopatz wrote:Powernya bagus ini engine rcgf 15cc cukup kuat narik low wing .61 - .75
Staterannya juga gampang..
terakhir saya pasang di mustang TWM size 61.....berat 3700 gr, hasilnya pesawatnya crash krn ngak ada tenaga, setelah nanya sana-sini nih engine hanya bisa dibawah 2700 gr.....skrg sdh jadi pajangan enginenya nunggu pswt baru yg size 50 an...berat < 2700 gr
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 08 Oct 2011, 20:58
by toto
waduh kok bisa jadi gitu ya ..... kelebihan 300gr langsung bikin kaput .... jadi penasaran nih saya dan untuk itu mohon infonya terkait antara lain :
1. break'in menghabiskan berapa liter bensin
2. jenis bensin dan olie yang digunakan
3. ukuran propeller yang digunakan waktu break'in dan terbang
4. apakah menggunakan busi baru pada saat penerbangan
5. apakah perbandingan lubang saluran udara masuk dan pembuangannya ukurannya minimal 1:3
6. apakah dibuatkan baffle di dalam cowl untuk mengarahkan aliran angin agar terkonsentrasi hanya pada sirip cylinder head
7. apakah ada tanda2 suara kaya mrebet pada saat takeoff
setidak tidaknya ke 7 item diatas yang membuat performance engine turun walaupun berat pesawat sama atau dibawah kemampuan engine
mohon maaf ya om suhu hery kalau pertanyaan saya itu merepotkan, saya bertanya semata karena penasaran saja dan untuk ini saya turut prihatin atas musibah yang terjadi
salam
Re: RCGF 15cc Gas Engine....engine gas.pertamaku..cara break in?
Posted: 09 Oct 2011, 19:05
by hery_s
thanks om Toto atas kepeduliannya...
toto wrote:waduh kok bisa jadi gitu ya ..... kelebihan 300gr langsung bikin kaput .... jadi penasaran nih saya dan untuk itu mohon infonya terkait antara lain :
1. break'in menghabiskan berapa liter bensin -----> sekitar 6 galon pakde
2. jenis bensin dan olie yang digunakan ----> premium oli castrol 2 T
3. ukuran propeller yang digunakan waktu break'in dan terbang --> terbang 14x6
4. apakah menggunakan busi baru pada saat penerbangan---> busi baru pak
5. apakah perbandingan lubang saluran udara masuk dan pembuangannya ukurannya minimal 1:3--> yang mana nih pak lubangnya ? apakah cowlnya yg dimaksud ?
6. apakah dibuatkan baffle di dalam cowl untuk mengarahkan aliran angin agar terkonsentrasi hanya pada sirip cylinder head--->> ngak ngerti pak
7. apakah ada tanda2 suara kaya mrebet pada saat takeoff ---> ada dikit saat full throtle.
setidak tidaknya ke 7 item diatas yang membuat performance engine turun walaupun berat pesawat sama atau dibawah kemampuan engine
mohon maaf ya om suhu hery kalau pertanyaan saya itu merepotkan, saya bertanya semata karena penasaran saja dan untuk ini saya turut prihatin atas musibah yang terjadi
salam