Page 2 of 2

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 06:16
by doditsky
Nah kalo sudah begini apakah pesawat F3A tidak bisa untuk latihan di daerah yang nggak punya landasan mulus yaa :whoaa :whoaa :whoaa apakah ada solusi dari suhu2...kalo kita kuati balsa di sekitar landing gear takutnya CG berubah...gimana ya ada yang pernah nyoba.....

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 12:50
by toto
kalau di kuatain dudukan LG nya ya entar tinggal yang rompal fuselage nya ................. hayo serba salah kan .................... :wk3

Salam

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 13:40
by akwet77
toto wrote:kalau di kuatain dudukan LG nya ya entar tinggal yang rompal fuselage nya ................. hayo serba salah kan .................... :wk3

Salam



betul suhu toto, tinggal pilih saja , mau perkuat dudukan lading gear tapi body hancur atau tetap landing gear yg kena....?
sungguh pilihan yg sulit.... :flu :flu :flu :flu

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 20:37
by AgoesAurelz
kayaknya sih iya... cepet rusak..... makanya dari pada F3A mending maen 3D aja... landing bisa menclok dimana aja... :ha3 :ha3 :ha3

....kaburrrrr........ :pis

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 21:52
by doditsky
gimana kalo ada spesies baru...F3AD...buat terbang patern...TO/L bak artis 3D...... :ok :ok :ok :ok

ternyata betul2 pilihan sulit....betul suhu semua..saking pingin kuat ..balsa sekitar landing gear saya ganti dengan diameter lebih tebal...eh yang rompal sekarang bagian balsa yang baru...hahahahaha.....nasiiiiiibbbbb

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing gear

Posted: 23 Jun 2011, 21:58
by toto
Loh sekarang Ada tuh varian pesawat F3 yang diberikan kemampuan 3D jadi bentuknya seperti pad a umumnya pesawat pattern tapi control surface nya dilebarin, tapi ya gitu deh jadinya gimana sih kalau sudah kay a gini

Salam

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing

Posted: 17 Sep 2012, 20:19
by KBSantoso
doditsky wrote:gimana kalo ada spesies baru...F3AD...buat terbang patern...TO/L bak artis 3D......

ternyata betul2 pilihan sulit....betul suhu semua..saking pingin kuat ..balsa sekitar landing gear saya ganti dengan diameter lebih tebal...eh yang rompal sekarang bagian balsa yang baru...hahahahaha.....nasiiiiiibbbbb


Kalo belum ada solusi, bisa dijajal trick saya di viewtopic.php?f=243&t=11653&start=100

Tentunya masih bisa di-improve dari segi material, tapi prinsipnya adalah roda pendarat harus cukup lentur dan rigid secara simultan.

Re: Apakah benar pesawat F3A n Aerobatic rawan di landing

Posted: 19 Jul 2013, 17:04
by Janto_JAC
Salam kenal, mungkin topik ini sudah basi juga

Saya sependapat dengan semua masukan teman-teman, ijinkan saya melengkapi saja.

F3A dan juga 3D di-design seringan mungkin, jadi agak ringkih, salah satu persyaratannya harus landing di tempat yang rata.

Pengalaman saya, saya punya Funtana 40, di-design seringan mungkin juga, pada saat landing keluar masuk rumput, landing gear lepas #-o.

Teman saya terbang pattern kelas 140, landing terlalu pelan, stall diatas landasan pacu, padahal tidak tinggi-tinggi amat, patah pinggang

Oleh sebab itu, penerbang pattern, mau terbang saja, pesawatnya diangkat sampai landasan pacu terus take off, sedapat mungkin tidak lama-lama jalan dilandasan pacu baik pada saat take off dan landing. Penerbang F3A paling anti taxiing :D

Solusinya: lapangan rumputnya dibuat rata untuk jalur take off dan landing, tanam rumput lapangan golf jika memungkinkan. Daripada tidak terbang F3A pattern \:D/ Jangan ditambah penguat dll, nanti tambah berat pesawatnya, menggangu performance manuever he he [-X . F3A semua suka ditimbang, mesti bawa timbangan terigu :-"

Selamat berlatih terbang pattern, lancar-lancar untuk semuanya.

Salam aeromodelling,

Janto