Wingloading

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Wingloading

Post by Adilgun »

Terimakasih om chris cukup jelas dan membantu...
mungkin patokan suhu roji bs jd referensi..
msh ada yg mengganjal nih...kl ga ada hubunganya dengan berat, pnjng fuse...misalnya sy pengen bikin pesawat trainer, tp yg jumbo, apakah patokan suhu roji bs dipake WL nya <20Gr/dm2? (sebelumnya, maaf nih 20Gr/dm2 dari panjng X Lebar kan) :pis brarti kl bgitu misal WS = 100Cm, brarti Chord 20Cm maka didapat 20gr/dm2 (bener ga sih?)
maksudnya mungkin adakah perbandinganya? (pesawat jumbo tp wing cm 100cmx20cm)...
apakah pake ilmu kira"...?

maaf nih suhu kl pertanyanya bikin :pyg

terimakasih
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

misal WS 100cm=10dm chord 20cm=2dm ==> luas sayap = 20 dm2 (bukan 20gr/dm2)
supaya wing loading nya 20 gr/dm2 maka berat pesawat harus 20 gr/dm2 x 20 dm2 = 400 gr
Rumusnya :
Wing loading = berat / luas_sayap
kalau panjang x lebar itu kan luas sayap saja (itupun kalau sayapnya persegi panjang)
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

Budi wrote:Ada istilah "wing cube loading"....... Kira2 ada hubungannya ngg ya suhu?


WCL = WL/sqrt(WA)

digunakan untuk menyamakan dimensi
kalau ditulis ulang rumusnya

WCL = berat/luas_sayap/sqrt(luas_sayap) = berat / (luas_sayap^1.5)

kalau WL berdimensi gr/dm2, sedangkan WCL dimensinya gr/dm3 yang mana sama dg dimensi masa jenis.
WCL cuma upaya sebagian orang untuk melihat scale lebih adil (untuk perbandingan performance antara 2 pesawat sama yg berbeda skala), tapi tidak punya efek langsung dalam desain. (kalau WL kan langsung berbanding lurus dg stall speed)
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

contohnya begini :
kalau sebuah pesawat trainer 40 (misalnya) punya berat 3200gr dg WS 160 cm dan chord 40 cm (persegi panjang) maka
WA = 16*4 = 64 dm2
WL = 3200/64 = 50 gr/dm2
WCL = 50/8 = 6.25 gr/dm3

katakan kita akan membuat anakan nya, dengan scale down (diperkecil separuh) 50%
maka ketemunya WS 80cm dg chord 20cm
berati
WA=16dm2

kalau kita buat WL nya sama berarti target berat jadi 50*16=800gr
artinya bila beratnya 800gr maka pesawat baru akan punya stall speed yg sama dg bapak nya, padahal pesawatnya kan lebih kecil, jadi seyogyanya stall speed nya juga harus lebih kecil kan ...

Kalau kita buat WCL nya yg sama maka target berat jadi 6.25*16^1.5=400gr
dg berat 400 gr maka WL nya menjadi 400/16=25gr/dm2 ==> separo dari WL bapak nya
artinya pesawat baru akan bisa terbang lebih pelan (separoh kecepatan) dari bapaknya.

nah, masuk akal kan ....
Last edited by christoffel on 26 Jun 2011, 19:35, edited 1 time in total.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

kalau saya pribadi nggak mau ribet begitu sampe bikin istilah baru segala (WCL)
kalau mau bikin down size scale 50%, ya semua ukuran di buat 50% termasuk WL nya.
jadi deh, lebih simple kan ...
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Wingloading

Post by Budi »

:plk :plk :thx :thx
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Wingloading

Post by Adilgun »

:plk terimakasih penjelasan suhu chris, ilmu nya udah d sedot,
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Wingloading

Post by Budi »

Terimakasih juga suhu Christ.........., walau masih ngg mudeng... :wek
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wingloading

Post by christoffel »

lho ...
:hah
waduh ....
:whoaa
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Wingloading

Post by AgoesAurelz »

Adilgun wrote:Mau minta ilmu lagi dari para Suhu gaero..,maaf kl repost, tp udah dicari sih kyknya ga ada..walaupun ada cm sekilas, lupa lg di postingan mana..

Saya belum mengerti mengenai Wingloading, yang sy tau wingloading (WL) daya angkat berdasarkan luas sayap (bener ga sih?)...
selama ini bikin pesawat udah ada plannya, tp ga ngerti...

1. yang sy ingin tau WL ini berketerkaitanya dengan apa saja (panj. fuse, berat pswt..etc)..?
2. apakah ada rumus (Ideal)nya (mis : berat pswt 500Gr, WL hrs sekian)...?
3. ...etc


Terimakasih


saya udah berapakali bikin pesawat hingga airboat... semuanya bisa terbang enak... tapi jujur aja, saya ngga pernah hitung-hitung pake calculator,, maklum otak udah males mikir hitung2an... Saya juga pantang menjiplak ukuran-ukuran yg sudah ada.. jadi pasti ukuran yg saya buat beda dengan yang lain... :htg :pyg jadi saya lebih pakai metode craftmanship alias trial and error... share pengalaman dikit buat pesawat.. saya biasanya bikin berdasarkan kira-kira aja, instict saya sebagai pilot aeromodeller lebih berperan disini... sayapnya biasanya saya buat agak panjang... kalo ngga enak/kurang lincah saya potong sisi-sisinya sampe mendapatkan gerak pesawat yg ideal spt yg saya inginkan... :ok
Post Reply