Page 2 of 2

Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 08 Jul 2011, 09:07
by AgoesAurelz
Sekedar sharing saja....
Intinya Rolling harrier adalah gerakan "Torque roll" yg dilakukan sambil pswt bergerak pelan...
Berdasarkan pengalaman saya urutan yg harus/wajib dikuasai idealnya sbb:

1. Hover
2. Torque roll
3. Rolling circuit
4. Rolling harrier

Artinya sebelum Rolling Harrier anda harus menguasai Rolling Circuit, sebelum Rolling circuit anda harus menguasai Torque roll, sebelum menguasai Torque Roll anda harus menguasai Hover (berbagai arah/sudut)..

Saya dulu juga penasaran bagaimana caranya, akhirnya seiring dengan waktu saya BISA SENDIRI walaupun kadang masih belum mulus...
waktu itu saya sempet berguru dgn suhu Ary dan suh Budi P1... (lumayan bisa tambah pengetahuan soal teknik 3D...)
Tapi yg penting adalah.... banyakin latihan simulator.... Banyakin jam terbang... dan jangan takut crash.... Nanti anda akan bisa sendiri... ini proses alamiah...
Dalam menguasai gerakan 3D hampir bisa dipastikan kerja otak kanan lebih banyak dari otak kiri... artinya gerakan akan lebih bersifat natural, spt dibawah sadar, dan tidak bisa dijelaskan bagaimana detail gerajan jempol tsb... alias REFLEX!
Saya rasa suhu manapun akan susah menjelaskan gerakan jempol, ngga ada teorinya... karena pilot dgn pesawat harus "senyawa dan sehati"...
singkat kata.............. dengan banyak latihan nanti akan BISA SENDIRI!....

Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 08 Jul 2011, 09:20
by AgoesAurelz
Yang saya lihat saat ini banyak pilot hanya puas di gerakan "Hover" saja.... itupun gaya punggung doang.... begitu masuk "Belly In" (hover posisi perut pswt menghadap pilot) langsung gelagapan dan langsung tancap gas (bail out)!
Memang benar Hover adalah Basic dari semua 3D...
tapi ....
Inti dari 3D sebenarnya penguasaan gerakan "Torque Roll"...
artinya, sebelum pilot menguasai Torque roll dengan baik, akan susah menguasai Rolling harrier ini dan juga gerakan-gerakan 3D xtreme lainnya...

Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 09 Jul 2011, 05:33
by Budi
Benar oom AA, harus bisa torque roll duyu....baru rolling halliel.......

Saya paling kagok kalo belly in.......soalnya bellybutton(udel)nya kelihatan..... :shy

Nah lebih indah lagi kalo rolling hallielnya stiff atau high degree AoA dimana pesawat benar2 harrier pada saat rolling....atau benar2 rolling pada saat harrier...... Duh ... Mana yg bener ya...... :pyg

Dan akan sangat indah jika Dilakukan dgn pelan

Sedikit video belajar rolling Harrier dan sedikit torque roll..... Mohon maaf ngg diedit ojeg yg naik motor melintas :wk3




Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 09 Jul 2011, 05:38
by Budi
Satu lagi kenang2an....contoh kurang baik....dimana rolling harrier kurang stif dan torqueroll terbawa angin alias ngg diem



AgoesAurelz wrote: karena pilot dgn pesawat harus "senyawa dan sehati"...


Good quote..... :plk .... You have to feel it if you want to fly it......

... Maklum oom, Bener2 sakit jiwa...... Tapi yg penting 'hati' nya ngg sakit.... :wek

Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 10 Jul 2011, 14:16
by AnnasKaruniawan
:deal :plk :plk

Terimakasih suhu2 atas infonya

Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 11 Jul 2011, 15:05
by Redblur
AgoesAurelz wrote:Sekedar sharing saja....
Intinya Rolling harrier adalah gerakan "Torque roll" yg dilakukan sambil pswt bergerak pelan...
Berdasarkan pengalaman saya urutan yg harus/wajib dikuasai idealnya sbb:

1. Hover
2. Torque roll
3. Rolling circuit
4. Rolling harrier

Artinya sebelum Rolling Harrier anda harus menguasai Rolling Circuit, sebelum Rolling circuit anda harus menguasai Torque roll, sebelum menguasai Torque Roll anda harus menguasai Hover (berbagai arah/sudut)..

Saya dulu juga penasaran bagaimana caranya, akhirnya seiring dengan waktu saya BISA SENDIRI walaupun kadang masih belum mulus...
waktu itu saya sempet berguru dgn suhu Ary dan suh Budi P1... (lumayan bisa tambah pengetahuan soal teknik 3D...)
Tapi yg penting adalah.... banyakin latihan simulator.... Banyakin jam terbang... dan jangan takut crash.... Nanti anda akan bisa sendiri... ini proses alamiah...
Dalam menguasai gerakan 3D hampir bisa dipastikan kerja otak kanan lebih banyak dari otak kiri... artinya gerakan akan lebih bersifat natural, spt dibawah sadar, dan tidak bisa dijelaskan bagaimana detail gerajan jempol tsb... alias REFLEX!
Saya rasa suhu manapun akan susah menjelaskan gerakan jempol, ngga ada teorinya... karena pilot dgn pesawat harus "senyawa dan sehati"...
singkat kata.............. dengan banyak latihan nanti akan BISA SENDIRI!....


Setuju sama om AA,fondasi dasarnya torque roll hehe,Coba aja hover lalu torque roll pelan2 body pesawat di miringin menjadi Harrier,tinggal terusin rudder dll Selain itu juga bisa di latih melalui knife edge nya om :D
krn otomatis saat Roll harrier kanan/Kiri gerakan jempol nya beda :)

gak nemu di youtube video tutorialnya yah share video ngaco aja deh akibat 1 tahun vakum ](*,)


Re: WTA : ROLLING HARRIER

Posted: 25 Jul 2011, 23:46
by Andremon
kapan ya saya bisa begitu? :pyg