Page 2 of 27

Posted: 27 Jun 2007, 14:21
by iwan21
night fox wrote:pushyinggggggg................om jedx............,terbang c/l pake mesin cox 0,049 3menit kalo ga' tahu caranya dah bisa bongkar isi perut...........


Ha ha ha..itui pengalaman saya taon 79 pakde...engine cox 0.049 dg pesawat P-51 mustang (waktu itu beli di Hoya Mangga Besar)...tiap minggu pagi bisa bangunin orang se RT saking berisiknya ( kayak suara tawon dikasih pengeras suara 200 W O:) .hi hi hi hi hi..), satu tangki kecil isi 20cc aja udah enek ......... #-o

Posted: 27 Jun 2007, 14:23
by NF
sekarang fuelnya yang bikin kantong enek.........lha nitro 40%.......

Posted: 27 Jun 2007, 16:09
by sudjai sarmo
@ Windraider:
Kalau 300V untuk yang power besar, kalau untuk yang setara motor BL-2409 bisa dikasi tegangan 50V saja, baru di turunkan dengan Switching menjadi 12V. Memang ribet jadinya tetapi pesawatnya nggak kelebihan beban jadi terbangnya lebih kenceng.

Posted: 27 Jun 2007, 16:45
by joko
Sepertinya boleh jg nih CL elektrik dicoba... :-k :-k :-k

Mohon pencerahannya, dg segudang pertanyaan 2x berikut ini,...malum ilmu cl-nya nol besar....he....he...

1. Apakah CL- elektrik mengenal slow / fast flyer ?
2. Apakah memakai ESC, untuk mengontrol speed?
3. to: Pak Dhe Ja'i,.. kalau batere dikantongin,...apakah panjang kabelnya tdk menambah Resistansi( termasuk arus dan tegangan batere) ?
4. Berapa sih panjang ideal Line-nya
5. take-off ROG atau hand launch?
6. Sepertinya tidak perlu Servo...benarkah? kalau begitu bagaimana mekanisme Kontrolnya? untuk menggerakkan kemudi dan elevator? moon bagi yg tau bagannya, please di share... [-o< [-o< [-o<

sementara ini cukup begitu saja, keingintauan saya,..trims.

Posted: 28 Jun 2007, 00:13
by su-31
night fox wrote:...kalo ga' tahu caranya dah bisa bongkar isi perut...........


wuaaah ini pak NF suhunya C/L rupanya...
Iya Pak, saya kenalan Aeromodel dari C/L dulu, gak bisa2 sampe saya tinggalin...
Lebih dari 35thn setelah jatuh bangun babak belur di R/C, kemudian belajar C/L lagi, sekarang malah mulai ketagihan.
Ya..., asal tau caranya !.
Dan faktor sport nya lebih kerasa.
Pasti keringetan dan sehat...
Dijamin bagus untuk olahraga jantung sehat.
Apalagi Speed Racing atau Combat.
Kalo R/C kan diem aja menengadah keatas...:)
Percayalah, sekali lagi.., asal tau caranya.
(Racun mode off, Poison switch On).

Cerita dikit ya paks...
2 thn lalu saya masih di Irian, di kirimin pesawat C/L trainer dari JKT oleh bang Yan Fajar,
..(apa beliau member disini juga kah ?).
Kemudian lewat e-mail2an, beliau nuntun saya ber C/L.
Ya sendirilah, tanpa instructor di lapangan.
Sampai ahirnya bisa, bahkan sebelum ninggalin Irian saya bisa ngajarin anak pramuka di Lanud Timika.
(eealah.., baru diajarin malah ngajarin...).

@mas Iwan21,
Iya mas, saya jadi inget..selain punya P-51 itu, juga Stuka yg warna item..., satu paket dah dapet fuel & starter kit nya ya
(Handle, Tali Dacron, glow clip).., nostalgia lagi deh...

@Pak NF,
Iyalah pak, engine kecil gitu sulot nyalanya kalo ndak pakai nitro.
Tapi kan ndak harus sampai 40%.., 20% bisa kok.
Dan diatas .10 Cu, ndak pakai nitro bisa lah.
Jangan kuatir pak, nanti saya kirim 1 liter nitro murni.
Ayo Pak, terbang C/L lagi dong...

@Pak Sudja'i,
Kita balik ke Ether aja Pak...:)

@Mas Joko,
naaah, diliat dari pertanyaan2 nya, manteb deh.
Gimana oom WindRider, Mas Joko ini yg perlu kita daulat jadi pengasuh forum C/L.
Ayo dong, biar minimalis realistis tambah rame...

Saya pernah coba bikin Bullet-Boy dari Bandung, dikonversi dengan Kyosho Endoplasma saya dengan Nicad di fuselagenya (berat eh).
Talinya pengaruh..., kalau steel keberatan jadi sag.
Saya coba yg kevlar, lumayan tapi drag nya besar.
Belum coba kalau Dacron...
Ndak pakai ESC, ya cuma switch aja sampe batere habis.
Nanti dia malah pelan landing nya enak, motor masi nyala dikit.
Ndak kayak engine, abis fuel langsung glide...
Line length 20 meter (saya kira2 aja dari C/L engine .15 saya).
T/O bisa hand launch bisa ROG.
Control ya ndak beda sama yg engine, talinya langsung ke belcrank.
Kalau C/L Engine ada yg slow flyer.., termasuk bisa Hover !
yg electric belum tau deh...

Naaah, piye Mas Joko...
Ayo bikin forumnya deh.., boleh ya oom WindRider?
Ntar saya yg ngeramein deh.

Salam,


..ini salah satu contohnya yg elektrik:
Googling aja mas, pasti nemu deh..., saya lupa link nya.
Image

Posted: 28 Jun 2007, 00:19
by su-31
jedx wrote:...langsung aja colokin P/S nya ke stop kontak...
terbang terus 24 jam...


adhouuww Kang JedX.., awas ke setrum... :lol:

Posted: 28 Jun 2007, 10:31
by shaify
tenang blur....[-X ente gak usah pusing mikirin CL...kerjaiin dulu PR dr suhu iwan21.... :muach:

Posted: 28 Jun 2007, 15:58
by joko
su-31 wrote:@Mas Joko,
naaah, diliat dari pertanyaan2 nya, manteb deh.
Gimana oom WindRider, Mas Joko ini yg perlu kita daulat jadi pengasuh forum C/L.
Ayo dong, biar minimalis realistis tambah rame...



#-o #-o #-o

ampun.....
lha wong gak ngerti apa-apa, ....suruh jadi pengasuh.....
ampun om su-31... #-o #-o #-o

Posted: 28 Jun 2007, 16:13
by tn
joko wrote:
su-31 wrote:@Mas Joko,
naaah, diliat dari pertanyaan2 nya, manteb deh.
Gimana oom WindRider, Mas Joko ini yg perlu kita daulat jadi pengasuh forum C/L.
Ayo dong, biar minimalis realistis tambah rame...



#-o #-o #-o

ampun.....
lha wong gak ngerti apa-apa, ....suruh jadi pengasuh.....
ampun om su-31... #-o #-o #-o



iya om joko aja jadi pengasuh
saya juga tertarik nih =P~

mode ngomporin : on

Posted: 28 Jun 2007, 17:00
by sudjai sarmo
Control Line perlu juga kita tau karena ini masuk juga di kalender FASI. Meskipun diluar negeri sana anak umur 4 tahun sudah bisa menerbangkan Heli Engine dengan nilai 9, saya sampai geleng kepala lihat videonya kiriman dari Mr.Andre.