dulbehek wrote:bentar yah om tak kasih gambar pesawat 3 chp itu sayap nekuk nama nya di hedral fungsinya untuk stabilitas sayap memanfaatkan beda tekanan klo tx nya pindah si ruder ke chanel nya aileron klo ga salah canel 1
klo menstabilkan sambil berdoa ya???
hwakakakakakaka iya pak doa yang banyak moga2 kagak melintir tapi sumpah pak seru juga n terbangnya ga kalah lincah ma yg 4 chp
Rancangan asli/awalnya pakai hedral. Pengeleman pembuatan hedral agak sulit pada bagian patahan, sudut harus sama sekian deg, apakah juga harus balance dan benar2 simetri kiri/kanan?
om anelah, ini yg dibikin buat glider kan ... yg pake polyhedral itu biasanya cuman glider ... kalo bukan glider, cukup pake dihedral saja, jadi nggak ada kesulitan harus sama sudutnya kiri dan kanan ... tambahan: hedral selain membuat pesawat stabil (sumbu guling), juga berfungsi sebagai mixing rudder ke aileron. kalo diberi rudder kiri, pesawat juga seolah-olah diberi aileron kiri, bergantung seberapa besarnya sudut hedral ... (memanfaatkan efek sideslip kekanan, sayap kanan akan mendapat lift lebih besar sehingga pesawat akan berguling kekiri. hal yg sama juga terjadi pada wing tip miring di sayap flat buttom). jadi bisa saja pesawat tanpa aileron bikin roll, cuman roll nya nggak mungkin segaris sumbu ...
iwan21 wrote:Pesawat 3ch dg kontrol R.E.T ( Rudder, Elevator, Throttle) dirancang mempunya stabilitas roll yg bagus dan jarang sekali sumbu roll terganggu , dg demikian gak perlu koreksi roll seperti pesawat ber aileron kunci utamanya adalah : 1. High Wing alias sayap atas 2. sayap diberi sudut hedral ( bisa dihedral, bisa polyhedral, tergantung keperluan), kalo WD pake digedral, tapi glidernya bang Dulbehek pake multihedral/polyhedral
(kecuali bikinya gak pake hedral , baru pusing tujuh keliling deh kalo pesawatnya melintir)
...
Punteun, ikut nimbrung ... Kalo pswt low wing dikendaliken dengan 3 ch kira2 apa yang terjadi...??
aristnt wrote:Punteun, ikut nimbrung ... Kalo pswt low wing dikendaliken dengan 3 ch kira2 apa yang terjadi...??
kalo dihedralnya cukup ya gak masalah, utk low wing dihedralnya mesti lebih gede dari high wing
ada cara lain juga om... dengan merubah sistem kontrolnya... jangan pake R.E.T...ruder elevator throtle... mesti pake A.E.T...aileron elevator throtle... sama2 tiga chanel... jadi ngga akan pusing kalo pesawat nge roll... bisa dikontrol pake aileron...