Ask : Type Propeller

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by toto »

alhamdulillah, masih sabar kok nunggu sampe senin yang kagak sabar sih pasti waksuhu iwan21 sendiri kalao ampe harus balik rumah nunggu hari senen ..................... selamat senyum2 ye wak ...... :shy



salam
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1225
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Ask : Type Propeller

Post by justinus »

simanjuntak wrote:Dear gaero Master/Suhu,
nanya mengenai macam macam propeller seperti pusher dll, apakah type pusher harus pake motor pusher? atau gimana?
maklum mau bangun homemade yg type pusher. :thx :thx


Prop pusher digunakan untuk engine (nitro), karena engine hanya bisa berputar satu arah, maka untuk pemasangan engine yang menghadap belakang, diperlukan prop pusher.

Prop pusher memiliki pitch yang terbalik dengan prop normal. Dengan pitch normal, waktu engine dinyalakan akan terasa tarikan. Dengan prop pusher, waktu engine menyala akan terasa tekanan (push), sehingga engine yang diletakkan dibelakang akan menekan maju bodinya. Bila kita tidak menggunakan prop pusher, laju bodi malah akan mundur (karena ditarik kebelakang).

Untuk motor elektrik, karena motor bisa berputar cw atau ccw, prop pusher tidak diperlukan. Kita tinggal membalik arah putaran motor sehingga kita bisa merasakan tarikan atau tekanan.
User avatar
simanjuntak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 30 Apr 2008, 18:36
Location: DKI Jakarta
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by simanjuntak »

justinus wrote:
simanjuntak wrote:Dear gaero Master/Suhu,
nanya mengenai macam macam propeller seperti pusher dll, apakah type pusher harus pake motor pusher? atau gimana?
maklum mau bangun homemade yg type pusher. :thx :thx


Prop pusher digunakan untuk engine (nitro), karena engine hanya bisa berputar satu arah, maka untuk pemasangan engine yang menghadap belakang, diperlukan prop pusher.

Prop pusher memiliki pitch yang terbalik dengan prop normal. Dengan pitch normal, waktu engine dinyalakan akan terasa tarikan. Dengan prop pusher, waktu engine menyala akan terasa tekanan (push), sehingga engine yang diletakkan dibelakang akan menekan maju bodinya. Bila kita tidak menggunakan prop pusher, laju bodi malah akan mundur (karena ditarik kebelakang).

Untuk motor elektrik, karena motor bisa berputar cw atau ccw, prop pusher tidak diperlukan. Kita tinggal membalik arah putaran motor sehingga kita bisa merasakan tarikan atau tekanan.

Thanks Pak sudah dilengkapi juga ... makin tambah ngerti lagi :plk :plk :plk :plk :plk
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1656
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by Redblur »

lalu kalo untuk konfigurasi motor yang ada di sayap kiri-kanan, kan salah satunya di set untuk contra rotating. Itu kalau di elektrik dan engine bagaimana caranya ya? apa utk Elektrik pake prop pusher lalu di reverse putaran motornya?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ask : Type Propeller

Post by christoffel »

betul blur, untuk electric. untuk engine nggak bisa, kecuali engine nya bisa direverse juga putarannya ... (ada beberapa engine yg memang bisa di reverse)
User avatar
simanjuntak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 30 Apr 2008, 18:36
Location: DKI Jakarta
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by simanjuntak »

satu lagi nih suhu mumpung tentang propeller.
kalau ada propeller yg ukuran 9x5, 10x6 dll pengertiannya apa dan cocoknya dipasangin ke motor brp KV biar efektif, atau dibalik pertanyaanya motor sekian KV cocoknya pake propeller apa, atau ada calculatornya?mohon ilmunya, thanks
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by Syafik »

Saya ikut nimbrung bertanya nih mumpung ada suhu yang mengasuh kuliah... Saya pernah lihat ada motor dengan 2 propeler sekaligus, apakah itu menggunakan prop yang normal dan reverse ya? dan putaran motor yang saling berlawanan? pasti gak perlu side trust?

Apa pengaruhnya (power) antara motor single dan doble motor?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ask : Type Propeller

Post by christoffel »

KV nggak ada hubungan langsung dg ukuran prop. KV menunjukkan RPM motor tersebut berkaitan dg tegangan nya.

motor dg 2 prop ? maksudnya 2 motor (dijadikan satu pangkon) dg dua prop ya ... ini namanya contra rotation.
pake 2 esc, dg arah putar yg berlawanan, gunanya untuk saling menghilangkan momen puntir nya.
Betul sekali om syafik, kalau dipasang di pesawat, nggak perlu pake side thrust lagi ...
powernya ya otomatis jadi 2x lipat ...
User avatar
simanjuntak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 30 Apr 2008, 18:36
Location: DKI Jakarta
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by simanjuntak »

christoffel wrote:KV nggak ada hubungan langsung dg ukuran prop. KV menunjukkan RPM motor tersebut berkaitan dg tegangan nya.

Ok Suhu, tapi mengenai ukuran propeller gimana suhu? 8x6,9x5,10x6 maksudnya apa ya? dan propeller type mana untuk pesawat yg cepat atau lambat .. :thx
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: Ask : Type Propeller

Post by NF »

angka pertama = d= diameter , biasa dlm satuan "inch"
angka kedua = p= pitch ,satuan dlm inchi juga. pitch = dlm satu rotasi , prop itu maju dlm jarak........inchi.
Post Reply