toto wrote:Budiman wrote:Pertanyaan Pak Dhe Suhu akhir2 ini sangat cermat dan rumit,dan semakin rumit pasca Sang Pilatus masuk jaring gawang bola di Cikempong dlm manuver 'kamikaze touch-down'...
makanya ajarin dong suhu .............. orang kepleset kok malah diketawain untung pakai celana dalam ...........................
salam
Pak Dhe Suhu bukannya udah mati rasa alias immun dengan yg muter2 kecuali propeler..

...
Untuk definisi gesit,liar,anteng dan stabil memang susah utk dicermati...karena gesit blum tentu sama dg liar...sdgkan gesit,seringnya dpt berkolaborasi dg anteng dan stabil..
Sedangkan heli utk liar dan gesit, biasanya diimbangi atopun dibantu oleh setting mekanis serta parameter di radio..
Tapi klo buat saya..heli yg liar perlu dilakukan pemeriksaan krn ada yg ga beres..misalkan heli nyelonong sendiri masuk gawang bola..

Gesit,ini baru Ok..artinya heli sangat patuh terhadap pilot melalui Tx..
Rata2 heli elektrik 450 ke bawah sangat "gesit"..bukan "liar"...
,bahkan t-rex 450..ini krn bobot heli yg ringan serta diameter rotor disc yg kecil..salah satu cara yg saya tau,untuk menjinakkannya adalah menggunakan pemberat pd flybar,dg resiko headspeed rotor disc akan berkurang..tapi ini masi mungkin lho ya...