Page 11 of 17

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 14 Oct 2010, 12:05
by redsky767
iwan21 wrote:Di RCG ada yg buat C-17, mirip dg C5, wingspan 160cm
AUW si C-17 = 1600
dg luas sayap 35 dm2, wingloadingnya 44 gr/dm2..
tapi liat komentarnya :
" I hope to have enough power for a scale flight relying on the fact that the C-17 wing loading is quite low (44g/dm2) "
44gr/dm2 masih " quite low"....wah jadi sebebernya utk si C-5 ni gak perlu nambah luas sayap, sebab itungan saya masih 42 gr/dm2..masih " quite low" juga.. :D

selain itu, dg rencana 4 EDF-64 berthrust masing2 400gr, total 1600 gr dg lipo 3sel, ternyata cukup berlebih , sebab keterangan si pembuat C-17 , dg berat 1600 gr, ternyata gak perlu power 1:1 terhadap thrust, tapi ternyata si C-17 cuman perlu thrust 600~800 gr utk take off.


suhu, murid mo nanya lagi ini :D . ini soal wing loading. sy mulai kwatir jika pada proyek A400M (seperti biasa :lol: :lol: ) sy tidak akan mampu mengejar target AUW dibawah 1600 gr. Padahal target saya pesawat ini harus bisa terbang slow [-o< [-o< [-o< . Kalo gak, bisa dikatakan proyeknya gagal.... ](*,) ](*,) ](*,) .

Hitung punya hitung (pake rumus jajaran genjang) , untuk sayap A400M sy dapatnya segini:

Wing Root : 30 cm
Wing Tip : 16 cm
WS : 1600 cm

Target AUW 1700 gram (yg paling realistis bagi saya :lol: :lol: :lol: )

setelah dikonversi ke gram/dm2 dapatnya 34.2 gram/dm2 :-s :-s :-s :-s (kok malah makin mantap yah ????) nah kalo segitu berarti belom bisa masuk ke kategori slow flyer kan ??? #-o #-o #-o

Penasaran, saya mencoba membandingkan dengan pesawat twin motor sy kemaren yg bisa terbang slow. saya hitung ulang, hasilnya

Wing Root : 1,6 dm
Wing Tip : 1,6 dm
WS : 10 dm
AUW : 800 gram

setelah dikonversi ke gram/dm2 dapatnya 49.09 gram/dm2. ini berarti juga belum masuk kategori slow flyer kan ??? semakin binun saya ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ?

akhirnya sy hitung lagi luas horisontal stabilizer nya

panjang : 4 dm
lebar : 1.5 dm
luas : 6 dm

hitung lagi luas penampang fuselagenya :

panjang : 8 dm
lebar : 0.7 dm
luas : 5.6 dm

akhirnya sy mencoba mengambil kesimpulan begini : pesawat twin motor sy bisa terbang slow meskipun wing loading nya cuman 49.09 gram/dm2 karena luas horisontal stabilizer dan luas penampang fuse lage nya ikut memperkecil wing loadingnya. :-k :-k :-k :-k

hitungannya :

Berat Pesawat / (Wing Area + luas Fuse Lage + Luas Horizontal Stabilizer) = 28 gr/dm2

Jadi secara keseluruhan wing loadingnya adalah 28 gr/dm2. ini yang membuat pesawat bisa terbang slow. Nah kalo logika ini benar tentu bisa berlaku juga di proyek A400M saya ?? artinya sy tidak perlu terlalu kwatir dengan wingloading yg masih cukup besar.

Benar begini gak suhu kesimpulannya ???? mohon bimbingannya suhu.

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 14 Oct 2010, 21:53
by GandrungMaBur
Seperti wejangan Pak NF, semangat tetap semangat.... enggak perlu kuatir, Emang kadang2x hitungan Wing Loading agak membuat kuatir. Hitungan ini perlu banget untuk ngebangun mini/micro flyer. tapi untuk pesawat yang gede, agak mudah di kulik-kulik agar dapat sesuai dng yang kita inginkan. saya coba untuk masukan spec AM400 Pak Redsky (WS:1600cm??--> 160 cm) ke WL Calculator hasilnya seperti ini:
http://www.anything-rc.com/wing-load-calculator.html
Image

AM400 Bapak WL 46 g/sq dm equal ama 15.24 oz/sq-ft masuk kategori Glider ke Trainer
Saya rasa ama karakternya ama pesawat twin motor bapak . Apa lagi jika memasukan tambahan pengaruh luasan body dan stabilizer. Ama hasil analisa Pak Iwan21 terhadap C-17 yg di RCGroups. Emang semakin besar pesawat semakin besar WL-nya dibandingkan dengan pesawat yang lebih kecil dengan karakter terbang yang sama. Seprti kalau kita lihat diangkasa pesawat hercules yg lagi terbang luas sayapnya kecil sekali jika dibandingkan dg badannya. beda dg WD dimana luas sayap dibanding badannya cukup besar. (Mode Kira2x "ON")
Lanjut terus Pak, inget pesan Pak De "NF" (inggih ngoten Pak De?)
NF wrote:ga usah takut dulu........kalo berat = butuh take off dan landing dgn rolling panjang. sink ratenya juga agak tinggi...... :D ...tenang wa'e............sing penting progress must go on.......



Salam

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 14 Oct 2010, 22:39
by redsky767
makasih banyak suhu GM dan juga suhu NF :muach: :muach: :muach: jadi bisa tidur pulas dah malem ini \:D/ \:D/ \:D/ . mudah2an bisa segera kelar proyeknya


salam

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 06:45
by NF
GandrungMaBur wrote:Seperti wejangan Pak NF, semangat tetap semangat.... enggak perlu kuatir, Emang kadang2x hitungan Wing Loading agak membuat kuatir. Hitungan ini perlu banget untuk ngebangun mini/micro flyer. tapi untuk pesawat yang gede, agak mudah di kulik-kulik agar dapat sesuai dng yang kita inginkan. saya coba untuk masukan spec AM400 Pak Redsky (WS:1600cm??--> 160 cm) ke WL Calculator hasilnya seperti ini:
http://www.anything-rc.com/wing-load-calculator.html
Image

AM400 Bapak WL 46 g/sq dm equal ama 15.24 oz/sq-ft masuk kategori Glider ke Trainer
Saya rasa ama karakternya ama pesawat twin motor bapak . Apa lagi jika memasukan tambahan pengaruh luasan body dan stabilizer. Ama hasil analisa Pak Iwan21 terhadap C-17 yg di RCGroups. Emang semakin besar pesawat semakin besar WL-nya dibandingkan dengan pesawat yang lebih kecil dengan karakter terbang yang sama. Seprti kalau kita lihat diangkasa pesawat hercules yg lagi terbang luas sayapnya kecil sekali jika dibandingkan dg badannya. beda dg WD dimana luas sayap dibanding badannya cukup besar. (Mode Kira2x "ON")
Lanjut terus Pak, inget pesan Pak De "NF" (inggih ngoten Pak De?)
NF wrote:ga usah takut dulu........kalo berat = butuh take off dan landing dgn rolling panjang. sink ratenya juga agak tinggi...... :D ...tenang wa'e............sing penting progress must go on.......



Salam

jangan lupa teori 'konspirasi "LIFTING BODY" = body yg juga memberi daya angkat' meskipun kecil tapi ya lumayan lah..... :D .....
sorry kalo ini juga kleru bin salah......... :lol: , dewan suhu , piye ?........

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 14:46
by redsky767
NF wrote:
GandrungMaBur wrote:Seperti wejangan Pak NF, semangat tetap semangat.... enggak perlu kuatir, Emang kadang2x hitungan Wing Loading agak membuat kuatir. Hitungan ini perlu banget untuk ngebangun mini/micro flyer. tapi untuk pesawat yang gede, agak mudah di kulik-kulik agar dapat sesuai dng yang kita inginkan. saya coba untuk masukan spec AM400 Pak Redsky (WS:1600cm??--> 160 cm) ke WL Calculator hasilnya seperti ini:
http://www.anything-rc.com/wing-load-calculator.html
Image

AM400 Bapak WL 46 g/sq dm equal ama 15.24 oz/sq-ft masuk kategori Glider ke Trainer
Saya rasa ama karakternya ama pesawat twin motor bapak . Apa lagi jika memasukan tambahan pengaruh luasan body dan stabilizer. Ama hasil analisa Pak Iwan21 terhadap C-17 yg di RCGroups. Emang semakin besar pesawat semakin besar WL-nya dibandingkan dengan pesawat yang lebih kecil dengan karakter terbang yang sama. Seprti kalau kita lihat diangkasa pesawat hercules yg lagi terbang luas sayapnya kecil sekali jika dibandingkan dg badannya. beda dg WD dimana luas sayap dibanding badannya cukup besar. (Mode Kira2x "ON")
Lanjut terus Pak, inget pesan Pak De "NF" (inggih ngoten Pak De?)
NF wrote:ga usah takut dulu........kalo berat = butuh take off dan landing dgn rolling panjang. sink ratenya juga agak tinggi...... :D ...tenang wa'e............sing penting progress must go on.......



Salam

jangan lupa teori 'konspirasi "LIFTING BODY" = body yg juga memberi daya angkat' meskipun kecil tapi ya lumayan lah..... :D .....
sorry kalo ini juga kleru bin salah......... :lol: , dewan suhu , piye ?........


masih penasaran soal WL 8-[ 8-[ 8-[ . mungkin karena itu makanya pesawat2 cargo/angkut konstruksi bodynya selalu agak flat (lebar) dibawahnya ya suhu ? supaya bisa menambah luas area dan memperkecil WL nya ? :-k :-k :-k

Image
Image
Image
Image

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 15:23
by iwan21
redsky767 wrote:masih penasaran soal WL 8-[ 8-[ 8-[ . mungkin karena itu makanya pesawat2 cargo/angkut konstruksi bodynya selalu agak flat (lebar) dibawahnya ya suhu ? supaya bisa menambah luas area dan memperkecil WL nya ? :-k :-k :-k



kalo ini tujuannya agar muatannya bisa gede dan banyak om,jadi lantai dalemnya bisa rata dan lebar.. :D

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 15:33
by redsky767
dicopy suhu, btw dah nemu pembahasannya nih disub forum aerodinamika viewtopic.php?f=21&t=3834&start=10 \:D/ \:D/ \:D/.

Satu lagi suhu, kalo istilah payload itu artinya total berat keseluruhan (termasuk cargonya) yang mampu diangkut oleh pesawat ya ?

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 15:46
by iwan21
payload itu setau saya sih cuman berat muatannya doang
kalo di dunia pesawat ( beneran) ada istilah sbb : ( udah rada2 lupa, maklum udah lama ninggalin dunia pesawat benera.. :lol: )
MTOW : maximum take off weight, berat maksimum take off yg dijinkan ( kalo di dunia aeromodelling ini mungkin AUW = all unit weight)
Payload : berat muatan yg dibawa

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 15:55
by redsky767
emang dah suhu ini =D> =D> =D> kagak ade abisnye...makasih banyak suhu....

suhu ada ide nih :shock: :shock: :shock: , gimana kalo proyek C5 Galaxy juga di uji berapa kemampuan payloadnya [gaya2an : ON] 8-[ 8-[ 8-[ . misalnya nanti diuji untuk ngangkut mobil2an RC ? 8-[ 8-[ 8-[ [ kabur......]

Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi

Posted: 15 Oct 2010, 15:56
by iwan21
redsky767 wrote:emang dah suhu ini =D> =D> =D> kagak ade abisnye...makasih banyak suhu....

suhu ada ide nih :shock: :shock: :shock: , gimana kalo proyek C5 Galaxy juga di uji berapa kemampuan payloadnya [gaya2an : ON] 8-[ 8-[ 8-[ . misalnya nanti diuji untuk ngangkut mobil2an RC ? 8-[ 8-[ 8-[ [ kabur......]



minjem sitilah bang RJB, saya ini cuman punya ilmu SOTOY alias sok tau..kekekekekekekkkk

Wah itu sih udah ada idenya, cuman kalo itu ditulis disin jadi kagak supris dong .. :lol: :lol: :lol: :lol: