Re: C-5 Galaxy: Semoga bisa jadi
Posted: 14 Oct 2010, 12:05
iwan21 wrote:Di RCG ada yg buat C-17, mirip dg C5, wingspan 160cm
AUW si C-17 = 1600
dg luas sayap 35 dm2, wingloadingnya 44 gr/dm2..
tapi liat komentarnya :
" I hope to have enough power for a scale flight relying on the fact that the C-17 wing loading is quite low (44g/dm2) "
44gr/dm2 masih " quite low"....wah jadi sebebernya utk si C-5 ni gak perlu nambah luas sayap, sebab itungan saya masih 42 gr/dm2..masih " quite low" juga..![]()
selain itu, dg rencana 4 EDF-64 berthrust masing2 400gr, total 1600 gr dg lipo 3sel, ternyata cukup berlebih , sebab keterangan si pembuat C-17 , dg berat 1600 gr, ternyata gak perlu power 1:1 terhadap thrust, tapi ternyata si C-17 cuman perlu thrust 600~800 gr utk take off.
suhu, murid mo nanya lagi ini






](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Hitung punya hitung (pake rumus jajaran genjang) , untuk sayap A400M sy dapatnya segini:
Wing Root : 30 cm
Wing Tip : 16 cm
WS : 1600 cm
Target AUW 1700 gram (yg paling realistis bagi saya



setelah dikonversi ke gram/dm2 dapatnya 34.2 gram/dm2







Penasaran, saya mencoba membandingkan dengan pesawat twin motor sy kemaren yg bisa terbang slow. saya hitung ulang, hasilnya
Wing Root : 1,6 dm
Wing Tip : 1,6 dm
WS : 10 dm
AUW : 800 gram
setelah dikonversi ke gram/dm2 dapatnya 49.09 gram/dm2. ini berarti juga belum masuk kategori slow flyer kan ??? semakin binun saya
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
akhirnya sy hitung lagi luas horisontal stabilizer nya
panjang : 4 dm
lebar : 1.5 dm
luas : 6 dm
hitung lagi luas penampang fuselagenya :
panjang : 8 dm
lebar : 0.7 dm
luas : 5.6 dm
akhirnya sy mencoba mengambil kesimpulan begini : pesawat twin motor sy bisa terbang slow meskipun wing loading nya cuman 49.09 gram/dm2 karena luas horisontal stabilizer dan luas penampang fuse lage nya ikut memperkecil wing loadingnya.




hitungannya :
Berat Pesawat / (Wing Area + luas Fuse Lage + Luas Horizontal Stabilizer) = 28 gr/dm2
Jadi secara keseluruhan wing loadingnya adalah 28 gr/dm2. ini yang membuat pesawat bisa terbang slow. Nah kalo logika ini benar tentu bisa berlaku juga di proyek A400M saya ?? artinya sy tidak perlu terlalu kwatir dengan wingloading yg masih cukup besar.
Benar begini gak suhu kesimpulannya ???? mohon bimbingannya suhu.