bayupbm wrote:dengan gyro kds jg sama pak, cm sy pilih assan, krna tidak pakai potensio buat trimnya, total digital..
sy blum brani pake yg PRO pak.. mrinding klo cash..
yg 600 sy jg pake assan+DS620, cm blom brani aneh2.. total hover aja, blom brani nyentak2,..
sementara sy anggap setting sy pas dulu klo bgitu, sambil nunggu mata bener2 nyambung ama jempol, bru bener pake yg udah bener2 efisiensinya di itung ama pabrik(combo)
ok pak makasih pencerahanya.....

Sekedar pendapat dari saya untuk Mas Bayu,
GY401 Futaba dan servo 9254 , sepanjang pengalaman saya , adalah jenis Gyro dengan performance yang bagus pada medium range class...karena Gyro ini dapat diaplikasikan secara flexible pada heli electric dan engine..sekali lagi, sepanjang yang saya sudah perna pakai lho ya...
Kalo pilot R/C heli PRO, ya mungkin tidak menggunakan GY 401, karena GY 401 memiliki keterbatasan menu jika dibandingkan dengan, misalnya GY 611 Futaba...

..
Saya rasa jika installasi Gyro dilakukan dengan benar dan benar2 "secured"...kemungkinan Gyro untuk cedera sangat kecil saat heli crashed...kecuali kalo heli "nyemplung" ke got ato pun kali...ya lain lagi ceritanya...

...
Ada beberapa trik khusus saya soal installasi Gyro agar tetap "aman" ...

..maklumlah,Mas..saya kan kebanyakan "crashed" , daripada terbangnya...
Gyro Align , saya belum perna pake, tapi berdasarkan pengalaman dari rekan2 , juga memiliki performance yang bagus kok...
Kenapa Gyro saya sarankan untuk upgrade,
karena gyro dan jenis servo rudder adalah hal yang kritikal untuk tail controldi selebihnya kita dapat lebih fokus pada persoalan cyclic control, variasi perubahan Throttle curve dan Pitch curve untuk tiap manuver yang berlainan...
Itu saja dulu dari saya...