Page 11 of 12

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 21 Jan 2012, 22:26
by bayupbm
udah pak kisaran 70-90, klo lbih godek,cyclic DS410M, gyro assan+servo DS420, glier2 kayanya krna rpm kurang pak, gliernya cenderung ekor ke kanan.. helinya hk450 belt drive.. mungkin memng karakter hk450 belt bgtu ya... :thx :thx
sejauh ini sih nurut asal perintahnya kalem aja pak, klo di sentak ekor mlintir kanan..
cuma itu, bingung-nya gmana menetukan kmbinasi pitc ama trotl udah oke..
yang saya alami :
klo efisien dilihat dari durasi terbang lebih lama, pasti jempol kiri lebih ribet dengan ruder, esc cuma anget karena memng trotle kecil, dan heli limbung kurang kokoh oleh angin...
klo efisien dilihat dari temperature esc, trlotle agak lebih besar, esc panas(dipegang tangan bisa -+70deg), heli lebih solid, ekor juga manclep, cuma durasi max 3 menit..
sekarang saya pakai tengah2 nya, cuma blum yakin apakah udah pass.. :thx :thx
durasi saya hitung dari mulai hover hingga alarm btre, alarm telemtri aurora9, set alarm di 11.1 volt..


makasi pak... :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 21 Jan 2012, 22:27
by bayupbm
johansipp wrote:Pake batt berapa C dan mAh, oom???

pakai 2200mah 25C dan 30C om.. :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 21 Jan 2012, 23:07
by Budiman
bayupbm wrote:udah pak kisaran 70-90, klo lbih godek,cyclic DS410M, gyro assan+servo DS420, glier2 kayanya krna rpm kurang pak, gliernya cenderung ekor ke kanan.. helinya hk450 belt drive.. mungkin memng karakter hk450 belt bgtu ya... :thx :thx
sejauh ini sih nurut asal perintahnya kalem aja pak, klo di sentak ekor mlintir kanan..
cuma itu, bingung-nya gmana menetukan kmbinasi pitc ama trotl udah oke..
yang saya alami :
klo efisien dilihat dari durasi terbang lebih lama, pasti jempol kiri lebih ribet dengan ruder, esc cuma anget karena memng trotle kecil, dan heli limbung kurang kokoh oleh angin...
klo efisien dilihat dari temperature esc, trlotle agak lebih besar, esc panas(dipegang tangan bisa -+70deg), heli lebih solid, ekor juga manclep, cuma durasi max 3 menit..
sekarang saya pakai tengah2 nya, cuma blum yakin apakah udah pass.. :thx :thx
durasi saya hitung dari mulai hover hingga alarm btre, alarm telemtri aurora9, set alarm di 11.1 volt..


makasi pak... :thx :thx


Kalo soal kurang RPM..heli biasanya akan angguk2, Mas... :tlt

Gyro Assan dan DS 420 ini saya ga tau bagaimana spesifikasi nya...cuma jujur saja, jika hal ini terjadi pada saya...maka yang akan saya upgrade duluan adalah Gyro dan servo rudder nya..

Kombinasi Throttle dan Pitch curve seharusnya tidak perlu Anda bingungkan lagi...soalnya Anda kan menggunakan Gyro..kecuali, jika Anda tidak menggunakan gyro dan hanya mengandalkan mixing Pitch-Rudder sebagai pengganti Gyro..nah ini baru Anda akan terfokus oleh persoalan kombinasi throttle dan pitch curve...

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 21 Jan 2012, 23:31
by bayupbm
dengan gyro kds jg sama pak, cm sy pilih assan, krna tidak pakai potensio buat trimnya, total digital..
sy blum brani pake yg PRO pak.. mrinding klo cash.. :pis :pis
yg 600 sy jg pake assan+DS620, cm blom brani aneh2.. total hover aja, blom brani nyentak2,..
sementara sy anggap setting sy pas dulu klo bgitu, sambil nunggu mata bener2 nyambung ama jempol, bru bener pake yg udah bener2 efisiensinya di itung ama pabrik(combo)

ok pak makasih pencerahanya..... :thx :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 22 Jan 2012, 01:01
by johansipp
Gyro gp780 kayanya skrg dah gak mahal kok.. Cocok tuh ama align rudder..

Batt 25c dan 2200mah utk esc itu kegedean C kayanya.. Makanya panas.
Kalo buat hover pake 20C.
Kalo dah mau jungkir" baru 25c

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 22 Jan 2012, 06:17
by Budiman
bayupbm wrote:dengan gyro kds jg sama pak, cm sy pilih assan, krna tidak pakai potensio buat trimnya, total digital..
sy blum brani pake yg PRO pak.. mrinding klo cash.. :pis :pis
yg 600 sy jg pake assan+DS620, cm blom brani aneh2.. total hover aja, blom brani nyentak2,..
sementara sy anggap setting sy pas dulu klo bgitu, sambil nunggu mata bener2 nyambung ama jempol, bru bener pake yg udah bener2 efisiensinya di itung ama pabrik(combo)

ok pak makasih pencerahanya..... :thx :thx :thx

Sekedar pendapat dari saya untuk Mas Bayu,
GY401 Futaba dan servo 9254 , sepanjang pengalaman saya , adalah jenis Gyro dengan performance yang bagus pada medium range class...karena Gyro ini dapat diaplikasikan secara flexible pada heli electric dan engine..sekali lagi, sepanjang yang saya sudah perna pakai lho ya...
Kalo pilot R/C heli PRO, ya mungkin tidak menggunakan GY 401, karena GY 401 memiliki keterbatasan menu jika dibandingkan dengan, misalnya GY 611 Futaba...:shy ..
Saya rasa jika installasi Gyro dilakukan dengan benar dan benar2 "secured"...kemungkinan Gyro untuk cedera sangat kecil saat heli crashed...kecuali kalo heli "nyemplung" ke got ato pun kali...ya lain lagi ceritanya... :ha3 ...
Ada beberapa trik khusus saya soal installasi Gyro agar tetap "aman" ... :shy ..maklumlah,Mas..saya kan kebanyakan "crashed" , daripada terbangnya... :ha3 :ha3

Gyro Align , saya belum perna pake, tapi berdasarkan pengalaman dari rekan2 , juga memiliki performance yang bagus kok... :ok

Kenapa Gyro saya sarankan untuk upgrade, karena gyro dan jenis servo rudder adalah hal yang kritikal untuk tail controldi selebihnya kita dapat lebih fokus pada persoalan cyclic control, variasi perubahan Throttle curve dan Pitch curve untuk tiap manuver yang berlainan...
Itu saja dulu dari saya...

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 22 Jan 2012, 08:59
by bayupbm
johansipp wrote:Gyro gp780 kayanya skrg dah gak mahal kok.. Cocok tuh ama align rudder..

Batt 25c dan 2200mah utk esc itu kegedean C kayanya.. Makanya panas.
Kalo buat hover pake 20C.
Kalo dah mau jungkir" baru 25c


klo C lbih besar bukanya lebih baik om? :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 22 Jan 2012, 09:23
by bayupbm
Budiman wrote:Kalo pilot R/C heli PRO, ya mungkin tidak menggunakan GY 401, karena GY 401 memiliki keterbatasan menu jika dibandingkan dengan, misalnya GY 611 Futaba...:shy ..

klo liat punya om Handoyo emng matep ruddernya pak.. kayanya pakai GY 611+servo brushless-nya..
klo ruder sya sperti ini pak kira2:
Image

makasi pak... :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 22 Jan 2012, 10:05
by Budiman
bayupbm wrote:
Budiman wrote:Kalo pilot R/C heli PRO, ya mungkin tidak menggunakan GY 401, karena GY 401 memiliki keterbatasan menu jika dibandingkan dengan, misalnya GY 611 Futaba...:shy ..

klo liat punya om Handoyo emng matep ruddernya pak.. kayanya pakai GY 611+servo brushless-nya..
klo ruder sya sperti ini pak kira2:
Image

makasi pak... :thx :thx

Kalo Futaba GY 611 dan servo pasangannya (9256 atopun BLS 251), sih...saya ga berani ngomong apa2 lagi....memang mantap :ok ...saya pake Gyro itu juga sekarang, pada heli engine... :shy
Dari gambar Mas Bayu...tail nya berayun pelan ato berayun cepat?

"delay" pada Gyro, mungkin perlu di set pada angka 0%.."delay" ini biasanya ada pada Gyro nya
Kemudian trimm rudder di set pada angka 0% di Tx
Jika tail berayun pelan, gain gyro ditambah sedikit..bisa dari Tx(jika ada) atopun dari Gyro sendiri,kemudian test hover(flight mode normal)
Jika sebaliknya, berarti gain gyro perlu dikurangi...kemudian test hover lagi (Normal flight mode )
Kemudian "delay" pada Gyro, mungkin perlu di set pada angka 0%.."delay" ini biasanya ada pada Gyronya
Jika tail melintir trus pada satu arah, yang saya tau, ada penempatan "neutral point" untuk linkage servo rudder yang perlu diperiksa lagi...

Monggo dicoba dulu ..hehehehehe...makasi :thx :thx

Re: Throttle dan Pitch curve

Posted: 09 Jul 2012, 09:20
by agusfirmansyah
Budiman wrote:
thoha wrote:pada awalnya saya juga bingung ketika ketika harus menentukan
curva throttle dan pitch

karena dulu esc, motor dan battery yg sangat minim power
karena untuk mendapatkan esc yg amperenya besar masih sulit dan mahal
begitu juga motor dan batterynya

sehingga setting yang tidak tepat akan merusak
esc, motor atau battery

namun sekarang semua itu sudah berlalu
dengan kapasitas esc yg besar, serta motor yang sangat kuat
didukung battery yang tangguh

saya tidak ragu2 lagi menentukan seberapa kurva throttle serta pitch
untuk throttle saya pilih flat : 100-100-100
serta pitch maksimum +12 dan -12 derajat
cyclic juga maksimum
pitch :80%
aileron : 80%
elevator : 80%
heli : beam
esc : 45Amper
motor : esky
bat : kong
durasi : 6-10 menit per flight


Oh ya,Pak...kenapa Throttle curve dipilih yang flat?.. :)

salam,

Budiman

izin kan menyimak....... :tlt :tlt