Adilgun wrote:heli sy HK450, sy cb seting servo cyclic pake servo tester supaya center, tp ketika tx menyala servo cyclic jd berubah gak center lagi (dua servo yg di depan mengarah sedikit kebawah)...., apakah pengaruh dr setingan pitchcurve di tx...setingan pitchcurve di tx 0-inh-50-inh-100..
mohon petunjuk dr para suhu heli,
terimakasih
Om Adilgun, menurut pendapat saya,
Soal membuat servo untuk center memang cukup susah untuk servo2 tertentu, kecuali brand spt Futaba, Hitec, JR dan sebagainya, saya juga perna mengalami masalah yg serupa dg servo DS 610 ALIGN, cara yang saya lakukan agar swashplate tetap level adalah dengan melakukan adjustment pada link-rod setelah servo horn saya posisikan hampir mendekati posisi center.
Setting up pitch curve pada Tx, memberikan pengaruh pada daya angkat heli secara umum serta diantaranya mempengaruhi power efficiency pada heli utamanya pada manuver2 tertentu seperti hovering, rolling, looping, dsb. Biasanya setiap manuver memerlukan pitch curve yang berlainan.
Jika kita salah memprediksi pitch curve, maka yang terkena dampak adalah power plant dr heli, baik Electrical powered maupun Engine powered, misalkan ESC terbakar atopun engine bogged down, hingga mati di udara.
Beban pada heli terdiri atas pitch dari main blade dan swash degree. Pitch dr main blade tentunya Anda sudah mengetahui seperti apa, sedangkan swash degree adalah pitch yg terjadi pada main blade dikarenakan oleh gerakan swashplate sendiri.
Pitch curve pada heli secara full range adalah 0 s/d 100%, sedangkan INH adalah fungsi penghitungan dari Tx untuk mendapatkan nilai prosentase di antara 2 point, misalkan point 1 kita set pada 0 % dan point 3 adalah 50 %, maka point ke 2 dr pitch curve adalah 25%.
Jadi saat pitch curve 0 s/d 100% pada Tx adalah equivalen dengan pitch pada main blade sebesar -10 deg/ -11 deg s/d +10 deg/+11 deg, kurang lebih...beberapa heli mampu memiliki pitch range sebesar -12 deg s/d +12 deg.
Dengan catatan, mechanical setting up pada heli telah dilakukan dengan benar sesuai dengan manual book heli masing2...
Dengan full range pitch sebesar ini, maka kita dapat menentukan secara bebas berapa deg pitch main blade yg akan kita perlukan nantinya
Namun, meskipun kita nantinya, mungkin tidak menggunakan range ini, tapi saat setting up awal pada heli, kita harus mendapatkan full range pitch tsb pada saat setting up, ini untuk membuktikan bahwa mekanikal pada heli telah memenuhi persyaratan tsb, selebihnya kita tinggal utak atik pitch curve pada Tx.
Kira2 demikian, Om