Eksperimen OS .25 dgn gasoline (merged thread Hery_S n WR )
Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
hmmm gara2 ini nih akhirnye aye terjerumus ...
ini video aye lagi bikin sirup castor
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
loh om WR kan katanya kena cekal kok masih menongol lagi entar bisa kena kartu kuning loh ................... sudah lah sabar barang 2-3 hari aja kenapa sih suhu ......
sedikit tentang engine berbahan bakar ether kok sekarang jadi terlupakan, sebetulnya sederhana saja kok permasalahannya karena susah mencari ether dan barang ini juga masuk daftar barang yang mendapatkan pengawasan ketat ..... tapi kalau di Indonesah kan Merdeka Merdeka jadi gimana ya .......... itu baru dari sisi BBM nya terus dari pengamatan saya saat ini semoga saya tidak salah pada umumnya para aeromodeller sekarang lebih menginginkan yang instant enggak terlalu banyak setting sana sini yang membutuhkan kesabaran .............. salah kah ini .............. menurut saya ya tidak juga lah kan jamannya juga sudah berubah cuman tantangannya saya rasa masih sama cuman masih ada yang mau menekuni dan ada yang tidak .............. itu doang kok ......
hare geneeeeeeeeeee .............
salam

sedikit tentang engine berbahan bakar ether kok sekarang jadi terlupakan, sebetulnya sederhana saja kok permasalahannya karena susah mencari ether dan barang ini juga masuk daftar barang yang mendapatkan pengawasan ketat ..... tapi kalau di Indonesah kan Merdeka Merdeka jadi gimana ya .......... itu baru dari sisi BBM nya terus dari pengamatan saya saat ini semoga saya tidak salah pada umumnya para aeromodeller sekarang lebih menginginkan yang instant enggak terlalu banyak setting sana sini yang membutuhkan kesabaran .............. salah kah ini .............. menurut saya ya tidak juga lah kan jamannya juga sudah berubah cuman tantangannya saya rasa masih sama cuman masih ada yang mau menekuni dan ada yang tidak .............. itu doang kok ......

hare geneeeeeeeeeee .............

salam
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
om TJONG.......adalah legenda (kalo boleh saya sebut begitu) aeromodeler sejati , beliau adalah inventor mesin untuk aeromodeling BOMA 150 dan TS (saya kebetulan nyimpen keduanya) , juga mesin LAMBRETTA (sejenis skuter) dan mesin untuk UAV "TURANGGA" , semuanya di buat di pabrik mesin BOMA BISMA INDONESIA - PASURUAN........
lainnya ?......coba suhu surabaya nulis ceritanya.......menarik banget lho....
lainnya ?......coba suhu surabaya nulis ceritanya.......menarik banget lho....
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
ini linknya.........
viewtopic.php?f=18&t=259
viewtopic.php?f=18&t=259
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
toto wrote:loh om WR kan katanya kena cekal kok masih menongol lagi entar bisa kena kartu kuning loh ................... sudah lah sabar barang 2-3 hari aja kenapa sih suhu ......![]()
itu video stok kemaren pakdhe ...

- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Setelah bbrp kali ber-eksperimen dengan fuel bensin + castor ini , saya rasa sistem yang bekerja mirip dengan fuel metanol + castor...
Bedanya dengan fuel bensin , masih diperlukan pijar glowplug / panas yg cukup utk tetap bekerja ..
Suhu engine juga akan jadi lebih tinggi dgn fuel bensin .
Jika engine sudah panas maka catu daya glow driver bisa dikurangi bahkan di OFF kan sementara .
Jika panas engine menurun , maka glow driver harus di ON kan ...
Dengan kata lain , adalah bagaimana me-maintain agar pijar glow plug terjaga .
Mungkin harus dicoba dengan bbrp jenis glow plug , termasuk glow plug engine 4 stroke seperti yg dipakai Om Justin ( yg ini malah ndak perlu glow driver sama sekali )..
Karena sistem kerja glow plug berbeda dengan sistem CDI . Pendekatan pada eksperimen ini harus memakai sistem kerja glowplug .
Bagaimana kalau dikasih sensor spt sistem CDI utk menyalakan glowplug ?
Saya rasa akan tetap bekerja*) , tapi itu mungkin agak mubazir **) ...
note :
*) Mengapa saya berpendapat demikian ? Karena memasang sensor pada sistem glow , itu identik dengan menembakkan pulsa arus/tegangan ( tentunya ada rangkaian elektroniknya ) sehingga glow plug akan tetap terjaga pijarnya . Glowplug driver yang saya gunakan , memakai sistem pulsa tegangan ( bukan sistem linier 1,2 V ) . Jadi sistem kerjanya hampir sama .
**) well ... belum tentu mubazir .... soalnya saya belum coba ... Dengan sistem pengaturan yang lebih baik mungkin malah jadi lebih bagus ...
Sayangnya glowplug tidak ada datasheetnya seperti transistor / IC jadi parameternya harus di raba2 dan diuji sendiri
Aye habis 2 biji glow plug hanya untuk mengetes daya tahannya/durasinya terhadap transient arus , yg satu bijinya gugur setelah bbrp kali ditest di engine yg hidup .
Memang bisa diganti pakai bolam lampu utk ngetes rangkaian ; tapi karakteristiknya tidak sama dengan glow plug sebenarnya .
Bedanya dengan fuel bensin , masih diperlukan pijar glowplug / panas yg cukup utk tetap bekerja ..
Suhu engine juga akan jadi lebih tinggi dgn fuel bensin .
Jika engine sudah panas maka catu daya glow driver bisa dikurangi bahkan di OFF kan sementara .
Jika panas engine menurun , maka glow driver harus di ON kan ...
Dengan kata lain , adalah bagaimana me-maintain agar pijar glow plug terjaga .
Mungkin harus dicoba dengan bbrp jenis glow plug , termasuk glow plug engine 4 stroke seperti yg dipakai Om Justin ( yg ini malah ndak perlu glow driver sama sekali )..
Karena sistem kerja glow plug berbeda dengan sistem CDI . Pendekatan pada eksperimen ini harus memakai sistem kerja glowplug .
Bagaimana kalau dikasih sensor spt sistem CDI utk menyalakan glowplug ?
Saya rasa akan tetap bekerja*) , tapi itu mungkin agak mubazir **) ...
note :
*) Mengapa saya berpendapat demikian ? Karena memasang sensor pada sistem glow , itu identik dengan menembakkan pulsa arus/tegangan ( tentunya ada rangkaian elektroniknya ) sehingga glow plug akan tetap terjaga pijarnya . Glowplug driver yang saya gunakan , memakai sistem pulsa tegangan ( bukan sistem linier 1,2 V ) . Jadi sistem kerjanya hampir sama .
**) well ... belum tentu mubazir .... soalnya saya belum coba ... Dengan sistem pengaturan yang lebih baik mungkin malah jadi lebih bagus ...
Sayangnya glowplug tidak ada datasheetnya seperti transistor / IC jadi parameternya harus di raba2 dan diuji sendiri
Aye habis 2 biji glow plug hanya untuk mengetes daya tahannya/durasinya terhadap transient arus , yg satu bijinya gugur setelah bbrp kali ditest di engine yg hidup .
Memang bisa diganti pakai bolam lampu utk ngetes rangkaian ; tapi karakteristiknya tidak sama dengan glow plug sebenarnya .
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Ada Thomas Alfa Edison milenium baru. 

- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
@Om Justin : walahhh aye ndak pantes ....
Kalau elmu ttg elektronik saya banyak belajar dari suhu Iwan21 (Gaero Walking Dictionary ) , Om Christ ( pakar mikro elektronika ) , Pak Widodo ( pakar mikrokontroller ) , Pak Thoha ( Habibie dr Mataram ) , suhu RJ ( pakar dari Batara ) ,dan suhu2 lainnya.
Kalau elmu ttg engine , justru saya banyak belajar dari postingan Om Justin , TrioPakdhe( ndak pakai kwek2): PD Djai , PD Toto , lan PD NF ) , Om Kula (spesialist break in and tuning di KAC ) , dan rekan2 lainnya ...
Kalau elmu bikin psw coro , saya mesti belajar dari Om atari n Om Hery_S
Elmu pengetahuan ttg psw balsa aye banyak dapetkan dari suhu Bli Ary , dan tentunya dari Om Justin
Pengetahuan ttg foamy ... siapa lagi kalau bukan suhu Iwan21 , Om Doms ( pakar giant foamy ) , Om Joko ( pakar cetak mencetak ), Pak GM ( diam2 menghanyutkan ) , Om Joun ( yang ini saya suka sharingnya dan jokes segarnya ) , Om Kuch2 Hotahe ( where are om Kucing ? ) redsky 767 ( pakar dari Aceh ) , dll
Cara menerbangkan psw saya dapatkan dari rekan KAC ( Abah Dadang n the gank ) , Trio macan IDM ( snowman , Fiha , Nyonk and the gank ) n Om James ( yang ini sering kali mengingatkan saya ttg aspek safety ) ,
Cara menerbangkan heli , saya banyak belajar dari postingan Om Budiman dan Om Syafik
Cara konversi WD ke engine , saya terinspirasi oleh AA
Cara menghandle HS dan forum jual beli , saya mesti angkat topi buat Om Ravenchan
Ttg simulator ... saya banyak berkonsultasi dengan Om Devin
Dan banyak lagi , tidak bisa dijelaskan satu persatu..... kalau dituliskan semuanya nanti penuh forumnya
Mohon maaf kalau ada yang terlewat .... dan yang pasti bagi saya member gaero semua itu orang penting , terlepas dari jenis /aliran aeromodelling yang Anda mainkan
Adapun experimen ini hanya melanjutkan experimennya om Justin , dan om Hery_S : viewtopic.php?f=76&t=6095
dengan pelumas berbeda ( beliau berdua memakai Castrol , aye memakai Castor )... . Disamping itu , karena aye kena hipnotis pakdhe Toto hehehe
Seandainya waktu itu saya tidak iseng mencampur castor ke premium ... mungkin tidak terjerumus seperti begini
Mengapa makai engine ABC ??? Yahh karena pada saat itu , itulah yang saya punyai

Kalau elmu ttg elektronik saya banyak belajar dari suhu Iwan21 (Gaero Walking Dictionary ) , Om Christ ( pakar mikro elektronika ) , Pak Widodo ( pakar mikrokontroller ) , Pak Thoha ( Habibie dr Mataram ) , suhu RJ ( pakar dari Batara ) ,dan suhu2 lainnya.
Kalau elmu ttg engine , justru saya banyak belajar dari postingan Om Justin , TrioPakdhe( ndak pakai kwek2): PD Djai , PD Toto , lan PD NF ) , Om Kula (spesialist break in and tuning di KAC ) , dan rekan2 lainnya ...
Kalau elmu bikin psw coro , saya mesti belajar dari Om atari n Om Hery_S
Elmu pengetahuan ttg psw balsa aye banyak dapetkan dari suhu Bli Ary , dan tentunya dari Om Justin
Pengetahuan ttg foamy ... siapa lagi kalau bukan suhu Iwan21 , Om Doms ( pakar giant foamy ) , Om Joko ( pakar cetak mencetak ), Pak GM ( diam2 menghanyutkan ) , Om Joun ( yang ini saya suka sharingnya dan jokes segarnya ) , Om Kuch2 Hotahe ( where are om Kucing ? ) redsky 767 ( pakar dari Aceh ) , dll
Cara menerbangkan psw saya dapatkan dari rekan KAC ( Abah Dadang n the gank ) , Trio macan IDM ( snowman , Fiha , Nyonk and the gank ) n Om James ( yang ini sering kali mengingatkan saya ttg aspek safety ) ,
Cara menerbangkan heli , saya banyak belajar dari postingan Om Budiman dan Om Syafik
Cara konversi WD ke engine , saya terinspirasi oleh AA
Cara menghandle HS dan forum jual beli , saya mesti angkat topi buat Om Ravenchan
Ttg simulator ... saya banyak berkonsultasi dengan Om Devin
Dan banyak lagi , tidak bisa dijelaskan satu persatu..... kalau dituliskan semuanya nanti penuh forumnya

Mohon maaf kalau ada yang terlewat .... dan yang pasti bagi saya member gaero semua itu orang penting , terlepas dari jenis /aliran aeromodelling yang Anda mainkan
Adapun experimen ini hanya melanjutkan experimennya om Justin , dan om Hery_S : viewtopic.php?f=76&t=6095
dengan pelumas berbeda ( beliau berdua memakai Castrol , aye memakai Castor )... . Disamping itu , karena aye kena hipnotis pakdhe Toto hehehe
Seandainya waktu itu saya tidak iseng mencampur castor ke premium ... mungkin tidak terjerumus seperti begini

Mengapa makai engine ABC ??? Yahh karena pada saat itu , itulah yang saya punyai

- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
kula wrote:mau test engine di rumah ane ? ampoonn suhu... bisa2 ditimpukin tetangga![]()
tapi kalo mo break in di penggung sich ane bantuin dah..
biasanya juga temen2 KAC kalo break in di penggung aja kelar kok, kan cuma paling 1-2 tanki di darat, lalu lsg break in sambil terbang.
bukan break in , tepatnya aye mau mem "BREAK_OUT" engine hehehe

- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
............whaduuhhhh........... 
