Page 12 of 14

Posted: 21 Jun 2007, 08:31
by iwan21
Iya pasti panas banget, ESC 18 amp aja panas saat statik, tapi nanti kalo terbang kan udah ada airflow buat coolingnya..

Yg penting tenaga buat roging dulu deh yg dikejar,kalo udah airborne kan bisa mainini throtle.

Utk intake, persyaratannya mesti diatas 100% FSA (front Swept Area, luasan permukaan si D/F), makanya saya tambahain cheater hole (eh lupa lagi difoto2...hiks) dibagian bawah body supaya lebih dari 100%, dan juga transisi dari inlet yg kotak ke bagian depan d/f yg lingkaran mesti mulus (diakalin dg inlet transition duct, bikin dari plastik dilengkungin) sedangkan outlet antara 85 - 90% FSA supaya aliran udara tekanannya nambah jadi pas keluar dari outlet larinya kenceng karena ada penyempitan, gitu kata teorinya yg saya baca...

Posted: 25 Jun 2007, 08:44
by iwan21
Wah...ternyata BD-10 belom sempet lagi test...tapi untung karena motor jadi sempet diganti yg lebih powerfull...dg cdr motor double stack lebih menjanjikan powernya..

dg motor baru

Image

test statik, motor dan ESC cuma anget aja di full throtle, padahal anginnya kenceng banget...

Ini cheater hole yg saya maksud, buat nambah supply udara ke EDF supaya enggak kesedak..
Image

Posted: 09 Jul 2007, 08:58
by iwan21
Akhirnya yg ditunggu2 jadi juga, test flight BD-10

Pertama coba rogging, ternyata susah karena nose wheel gak steerable, jadi pesawat cenderung belok kanan terus. 3 kali coba tetep gagal padahal jalannya udah kenceng.

Akhirnya hand launch aja deh

Image

Terbang sementara masih mengangguk2 dan perlu trim down banyak, keliatannya masih agak tail heavy atau posisi CG belom pas..lain waktu di koreksi lagi deh.
Tenaga ducted fan dg motor cdr double stack cukup bagus dan kuat, dicoba dg setengah throtle juga bisa cruise dg anteng.

Posted: 23 Jul 2007, 08:53
by iwan21
BD 10 nyoba d/f baru, diameter 67mm
Karena ukuran lebih gede dari EDF-64,
Image

posisi D/F mundur kebelakang 2cm
Image

malah jadi tail heavy, padahal batere udah di ujung nose banget..weks..
Image

mesti operasi body dulu agar D/F bisa maju kedepan dan CG bisa pas pada posisinya

Posted: 23 Jul 2007, 11:06
by nedi
sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................

Posted: 23 Jul 2007, 11:27
by iwan21
nedi wrote:sukses ya om ...... BD 10 sudah terbang dengan sempurna................


Terima kasih om, tapi masih kurang.
Berikutnya mau pindah posisi D/F lebih kedepan agar CG nya dapet pas, juga luasan sayap mau ditambah supaya enak terbangnya

Posted: 21 Jan 2008, 09:34
by iwan21
Nah setelah lewat 6 bulan sejak test pertama, kemarin minggu dilakukan lagi test BD-10 dg wing yg sudah diperluas 126%, juga taileron diperluas 125%

dg batere hxt 1450+mah/3s/25C, diharapkan enggak ada masalah dg powernya
AUW menjadi 480 gr (cukup berat juga dg thrust yg dihasilkan EDF sekitar 350~400 gr aja)

karena pilotnya pak Supri , dan saya handlaunchernya, maka yg ada foto2 saat udah terbang

Image

Image

Image

Image

Posted: 21 Jan 2008, 09:37
by iwan21
Ini videonya

[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=HpInFt6gtSE[/youtube]

Ternyata tenaga EDF cukup juga, handlaunch walau pelan dg gampang menanjak dan terbangnya kalem bener kayak scale jet he heheh


Setelah sampe rumah langsung dipajang diruang tamu hehe hehe (saking senengnya berhasil terbang)

Image

Posted: 21 Jan 2008, 11:19
by jedx
mantep..mantep...
warna nya ngejreng.. kayaknya sterbangnya juga stabil banget suhu..

sayang.. i'm missed this moment..

Posted: 21 Jan 2008, 12:30
by dion
wah bener² keren heuheueu
kapan aku bisa bikin kek githu yah