Page 14 of 16
Re: Low Wing
Posted: 19 Sep 2012, 18:12
by unding
vinoajah wrote:wah ternyata seperti itu ... tidak terpikir sama sekali ... untuk "A" dan "B" sepertinya tidak masalah, nah untuk yang "C" ini gimana caranya ya Pa, masalahnya wingnya sudah saya lem .....

....... mohon petunjuknya Pa Suhu ...... terimakasih
Buat pennya dari terali sepeda motor dan ujungnya dibuat runcing, lalu tusuk dari depan (LE) sambil di putar2 agar sparnya terlubangi, setelah pen terasa sdh cukup nancap sisa ditetesi dgn lem CA (pen dgn spar), jadi coronya harus disayat sedikit. Segaris dgn batang pen agar ada celah untuk meneteskan lem CA, terakhir potong pennya sesuai kebutuhan.
Re: Low Wing
Posted: 19 Sep 2012, 22:43
by EchaBakti
Tambahan om...kalau sayap sdh terlanjur di lem,sdh cocok seperti yg suhu unding sampaikan,tambahannya kalau tdk yakin dengan kekuatannya, buat tembus aja sparnya baru tetesin lem CA lewat teralinya biar merembes ke dalam,nanti sisa kawat terali di luar atw di depan LE (petunjuk A) tinggal di potong saja.
Re: Low Wing
Posted: 20 Sep 2012, 09:10
by vinoajah
Terimakasih bapa2 Suhu atas pencerahannya .... akan segera saya praktekan ....
dan unntuk sementara project low wing saya sampai sebatas ini .........

Uploaded with
ImageShack.us
Re: Low Wing
Posted: 20 Sep 2012, 09:57
by unding
Wahh... pesawatnya cakep om. penggeraknya rencananya pakai apa? engine atau elektrik?
Re: Low Wing
Posted: 20 Sep 2012, 11:41
by rumboko

Kalo aku lagi sebatas ini om, rencana sih mau niru T28 Trojan .....
Re: Low Wing
Posted: 20 Sep 2012, 11:54
by vinoajah
Rencananya mau pakai brushless aja Pa, kebetulan saya ada brushless emax GT2218-11 KV 970 dengan max trust 1100 gr, kemarin malam saya coba timbang berat AUW nya (lengkap dengan electronic part dan perkiraan coro yg belum terpassang) beratnya 790gr, bagaimana menurut Bapa Suhu, apakah kira2 bisa terbang bagus ? .......... mohon pencerahannya ....
Re: Low Wing
Posted: 20 Sep 2012, 17:21
by unding
vinoajah wrote:Rencananya mau pakai brushless aja Pa, kebetulan saya ada brushless emax GT2218-11 KV 970 dengan max trust 1100 gr, kemarin malam saya coba timbang berat AUW nya (lengkap dengan electronic part dan perkiraan coro yg belum terpassang) beratnya 790gr, bagaimana menurut Bapa Suhu, apakah kira2 bisa terbang bagus ? .......... mohon pencerahannya ....
AUW sampai 1200 gram masih bisa, cuma KV motornya saja sepertinya kekecilan (970) kurang support untuk speed, sedangkan type pswtnya sport/pylon, sebaiknya pakai motor dgn KV minimal 1300.
Re: Low Wing
Posted: 21 Sep 2012, 08:04
by vinoajah
Maaf Pa, maklum saya pemula, sebetulnya saya tidak mau ngebut ngebut, tapi saya suka model pesawat ini, lalu apa pengaruh speed yg rendah untuk pesawat ini ? apakah menyebabkan pesawat kurang bagus terbangnya ? mohon petunjuknya Pa .... terimakasih
Re: Low Wing
Posted: 21 Sep 2012, 08:11
by iwan21
vinoajah wrote:Maaf Pa, maklum saya pemula, sebetulnya saya tidak mau ngebut ngebut, tapi saya suka model pesawat ini, lalu apa pengaruh speed yg rendah untuk pesawat ini ? apakah menyebabkan pesawat kurang bagus terbangnya ? mohon petunjuknya Pa .... terimakasih
Mungkin yg jadi kesulitan ini :
1. Kalo ini pesawat dikasih landing gear, motor ber kv 970 perlunya prop gede, minimal 10 inch,
2. lah jadi jangkung banget tuh landing gearnya supaya prop enggak mentok tanah saat take-off dan landing
Re: Low Wing
Posted: 21 Sep 2012, 09:36
by vinoajah
Terimakasih Pa Suhu Iwan21 atas masukanya, tetapi untuk terbangnya sendiri gimana Pa, apa ada pengaruhnya pesawat low wing dengan motor kv kecil ?