Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
pampie
Airman
Airman
Posts: 34
Joined: 30 Nov 2007, 17:47
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by pampie »

Haduh ini dia yang saya kuatirkan... jadi kesimpulannya harus pakai 10:1 mix? Maynard Hill pakai coleman stove fuel (dijual di Ace kaya'nya) dan lubricant pakai Indopol L-50 dengan komposisi 16 ounces untuk 1 galon, kalau diitung2 sekitar 12% lubricant.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

om suhu pampie, sampai saat ini saya menggunakan campuran sesuai arahan pa'de suhu Justinus yaitu 1:16 yang tadinya 1:20 dengan menggunakan olie full synthetic dan alhasil s/d saat ini engine masih belum menunjukkan ada nya sesuatu yang harus dikhawatirkan, tapi nanti setelah selesai seluruh sertifikasi memang ada rencana akan memeriksa seluruh jeroan si engine semoga tidak diketemukan hal2 yang sudah di wanti2 oleh pa'de justinus

pa'de suhu justinus, menurut saya ekperimennya bukan gagal kok om hanya keberhasilan yang tertunda saja karena suatu eksperimen apapun hasilnya ada sah2 saja dan justru karena dipicu eksperimen pa'de yg membuat rekan SJAC bertekad meneruskan perjuangan pa'de suhu

salam
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1791
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by dino »

:tlt :tlt :tlt ijin ngintip suhu :tlt :tlt :tlt
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by toto »

dino wrote::tlt :tlt :tlt ijin ngintip suhu :tlt :tlt :tlt


suhu dino, saya hanya meningatkan agar jangan ada penyesalan dikemudian hari setelah melakukan pengintipan ya .................... :wk3
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by Budi »

OS120FS sudah dititipkan ke Eyang pak........ titip untuk di eksperimen....... :thx :thx
User avatar
handoyo6299
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 611
Joined: 02 Aug 2008, 10:08
Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by handoyo6299 »

Semoga proses pengujian hari ini berjalan lancar...... dan berarti akan datang era baru...... hmhmhmmmm gak sabar nunggu hasilnya nich...
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

justinus wrote: gagal. Hiks.


Ya pakDe, konversi saya juga sudah saya persiapkan gagal, dan di approve PToto risk nya kalo gagal.

Kegagalan pakDe.., saya kira cuma belon ketemu trick/setting nya aja.
Dan saya juga tau model konversi tsb (Gasoline dgn Glow-Plug), karena memang udah ada yg sukses.
Dimana itu tadinya juga menjadi kandidat proyek konversi saya.

Jadi setau saya ada macem2 model konversi (yg sudah proven/sukses).

Mesin asli Methanol, bahan bakar Methanol tanpa Nitro, dgn busi Spark.
Mesin asli Methanol, bahan bakar Bensin, dgn busi Glow.
Mesin asli Gasoline, bahan bakar Bensin dengan busi Glow.
Mesin asli Gasoline, bahan bakar Methanol dicampur Bensin, dgn busi Glow.
Mesin asli Methanol, bahan bakar Bensin, dgn busi Spark.

Pilihan saya adalah yg terahir, Mesin yg aslinya Methanol, memakai full Bensin, memakai busi/pengapian Spark.

Naaah, Semua kan ada Pro's dan Con's nya.
Kenapa saya milih yg terahir itu, ya tentu ada background Story/Report nya.
Itu saya mau bikin nanti , tulisan yg saya janji itu, termasuk "debat terbuka" Pro's dan Con's nya itu.


Ber Experiment.., Sukses & Gagal.., itulah FUN nya..., so called: The Wonderful World of Aeromodell !

ya gak pakDe ???
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Saya sukses itu boleh dapet dari pakBli Ary dan pakDe Justinus itu.., begini:

Timing, Retard, advance efect dll..., dari pakBli.
Karb asli, O-Ring nya OK2 kalo kena Bensin..., dari pakDe Justinus.

Udah lama saya mikirin experiment conv ini, cuma yg saya liat Karb nya tetep pakai model Walbro.
ya, ahir nya saya males.., (gak kena sama salah satu alasan conv saya).
Lha, setelah mbaca thread nya pakDe itu, ya saya gali lagi cita2 yg dah lama saya kubur.
Gitu lho...


Ini deh.., contoh nya ! JBA-56A..., the success story.
Ya, sasaran utama saya adalah engine kecil2 yg umum, dan ukuran paling banyak dipakai !


Image

Engine murah meriah yg power aslinya cukup lumayan,
Ukuran kecil, umum/average, cukup utk ber FUN-ria.., namun sayang susah nyari Methanol...
Lha kenapa kita gak konvert ke Bensin aja ???, Toh ???

Tapi, buat wan-kawan yg gak masalah dari segi duit dan pengadaan Methanol, ya mending tetep pakai Methanol.
Karena, jauh2 didepan saya ingatkan.., bensin itu BAU nya gak enak !.
...sedangkan Methanol/Nitro itu enak bau nya seperti Ganja.

Alasan sasaran, pertimbangan2.., Pro's Con's.., step-by-step How-to.., Laporan dll, dsb nya...
...Pokok nya saya janji bikin lengkap di thread khusus.
Lengkap, no Secret recipe.., no nothing..., Sabas Mar, Sabaaar ya oom...
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by su-31 »

Ini saya muncul bentar karena gak tahan mau ngasi tau...

Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).
(waktu test terbang, diem2 udah saya batasi sampai 10.000rpm)

Kenapa kok saya claim sukses besar,
Kerana sudah disiksa secara amat kejam dan sangat ndak manusiawi...,
...yg mungkin cuma PToto/PBudi aja yg bisa cerita !
Lha wong saya ngumpet, gak tahan liat engine di bikin men-jerit2 gitu !!!
Saya kira PBudi sudah kejam.., ternyata ada yg lebih kejam lagi...
...dan si JBA-56AR tsb, bisa bertahan dan malah nantang sampe jebol...(gimana PToto ???, boleh di jebolin gak engine nya).
User avatar
farhanhendrik
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 172
Joined: 05 May 2010, 21:04
Location: Surabaya

Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong

Post by farhanhendrik »

semakin penasaran pengen liat aslinya...ijin berguru yah eyang... :thx :thx
Post Reply