Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Moderator: sudjai sarmo
- pampie
- Airman
- Posts: 34
- Joined: 30 Nov 2007, 17:47
- Location: Karawaci, Tangerang
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Haduh ini dia yang saya kuatirkan... jadi kesimpulannya harus pakai 10:1 mix? Maynard Hill pakai coleman stove fuel (dijual di Ace kaya'nya) dan lubricant pakai Indopol L-50 dengan komposisi 16 ounces untuk 1 galon, kalau diitung2 sekitar 12% lubricant.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
om suhu pampie, sampai saat ini saya menggunakan campuran sesuai arahan pa'de suhu Justinus yaitu 1:16 yang tadinya 1:20 dengan menggunakan olie full synthetic dan alhasil s/d saat ini engine masih belum menunjukkan ada nya sesuatu yang harus dikhawatirkan, tapi nanti setelah selesai seluruh sertifikasi memang ada rencana akan memeriksa seluruh jeroan si engine semoga tidak diketemukan hal2 yang sudah di wanti2 oleh pa'de justinus
pa'de suhu justinus, menurut saya ekperimennya bukan gagal kok om hanya keberhasilan yang tertunda saja karena suatu eksperimen apapun hasilnya ada sah2 saja dan justru karena dipicu eksperimen pa'de yg membuat rekan SJAC bertekad meneruskan perjuangan pa'de suhu
salam
pa'de suhu justinus, menurut saya ekperimennya bukan gagal kok om hanya keberhasilan yang tertunda saja karena suatu eksperimen apapun hasilnya ada sah2 saja dan justru karena dipicu eksperimen pa'de yg membuat rekan SJAC bertekad meneruskan perjuangan pa'de suhu
salam
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong






- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
dino wrote::tlt![]()
ijin ngintip suhu
![]()
![]()
suhu dino, saya hanya meningatkan agar jangan ada penyesalan dikemudian hari setelah melakukan pengintipan ya ....................

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
OS120FS sudah dititipkan ke Eyang pak........ titip untuk di eksperimen.......



- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Semoga proses pengujian hari ini berjalan lancar...... dan berarti akan datang era baru...... hmhmhmmmm gak sabar nunggu hasilnya nich...
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
justinus wrote: gagal. Hiks.
Ya pakDe, konversi saya juga sudah saya persiapkan gagal, dan di approve PToto risk nya kalo gagal.
Kegagalan pakDe.., saya kira cuma belon ketemu trick/setting nya aja.
Dan saya juga tau model konversi tsb (Gasoline dgn Glow-Plug), karena memang udah ada yg sukses.
Dimana itu tadinya juga menjadi kandidat proyek konversi saya.
Jadi setau saya ada macem2 model konversi (yg sudah proven/sukses).
Mesin asli Methanol, bahan bakar Methanol tanpa Nitro, dgn busi Spark.
Mesin asli Methanol, bahan bakar Bensin, dgn busi Glow.
Mesin asli Gasoline, bahan bakar Bensin dengan busi Glow.
Mesin asli Gasoline, bahan bakar Methanol dicampur Bensin, dgn busi Glow.
Mesin asli Methanol, bahan bakar Bensin, dgn busi Spark.
Pilihan saya adalah yg terahir, Mesin yg aslinya Methanol, memakai full Bensin, memakai busi/pengapian Spark.
Naaah, Semua kan ada Pro's dan Con's nya.
Kenapa saya milih yg terahir itu, ya tentu ada background Story/Report nya.
Itu saya mau bikin nanti , tulisan yg saya janji itu, termasuk "debat terbuka" Pro's dan Con's nya itu.
Ber Experiment.., Sukses & Gagal.., itulah FUN nya..., so called: The Wonderful World of Aeromodell !
ya gak pakDe ???
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Saya sukses itu boleh dapet dari pakBli Ary dan pakDe Justinus itu.., begini:
Timing, Retard, advance efect dll..., dari pakBli.
Karb asli, O-Ring nya OK2 kalo kena Bensin..., dari pakDe Justinus.
Udah lama saya mikirin experiment conv ini, cuma yg saya liat Karb nya tetep pakai model Walbro.
ya, ahir nya saya males.., (gak kena sama salah satu alasan conv saya).
Lha, setelah mbaca thread nya pakDe itu, ya saya gali lagi cita2 yg dah lama saya kubur.
Gitu lho...
Ini deh.., contoh nya ! JBA-56A..., the success story.
Ya, sasaran utama saya adalah engine kecil2 yg umum, dan ukuran paling banyak dipakai !

Engine murah meriah yg power aslinya cukup lumayan,
Ukuran kecil, umum/average, cukup utk ber FUN-ria.., namun sayang susah nyari Methanol...
Lha kenapa kita gak konvert ke Bensin aja ???, Toh ???
Tapi, buat wan-kawan yg gak masalah dari segi duit dan pengadaan Methanol, ya mending tetep pakai Methanol.
Karena, jauh2 didepan saya ingatkan.., bensin itu BAU nya gak enak !.
...sedangkan Methanol/Nitro itu enak bau nya seperti Ganja.
Alasan sasaran, pertimbangan2.., Pro's Con's.., step-by-step How-to.., Laporan dll, dsb nya...
...Pokok nya saya janji bikin lengkap di thread khusus.
Lengkap, no Secret recipe.., no nothing..., Sabas Mar, Sabaaar ya oom...
Timing, Retard, advance efect dll..., dari pakBli.
Karb asli, O-Ring nya OK2 kalo kena Bensin..., dari pakDe Justinus.
Udah lama saya mikirin experiment conv ini, cuma yg saya liat Karb nya tetep pakai model Walbro.
ya, ahir nya saya males.., (gak kena sama salah satu alasan conv saya).
Lha, setelah mbaca thread nya pakDe itu, ya saya gali lagi cita2 yg dah lama saya kubur.
Gitu lho...
Ini deh.., contoh nya ! JBA-56A..., the success story.
Ya, sasaran utama saya adalah engine kecil2 yg umum, dan ukuran paling banyak dipakai !

Engine murah meriah yg power aslinya cukup lumayan,
Ukuran kecil, umum/average, cukup utk ber FUN-ria.., namun sayang susah nyari Methanol...
Lha kenapa kita gak konvert ke Bensin aja ???, Toh ???
Tapi, buat wan-kawan yg gak masalah dari segi duit dan pengadaan Methanol, ya mending tetep pakai Methanol.
Karena, jauh2 didepan saya ingatkan.., bensin itu BAU nya gak enak !.
...sedangkan Methanol/Nitro itu enak bau nya seperti Ganja.
Alasan sasaran, pertimbangan2.., Pro's Con's.., step-by-step How-to.., Laporan dll, dsb nya...
...Pokok nya saya janji bikin lengkap di thread khusus.
Lengkap, no Secret recipe.., no nothing..., Sabas Mar, Sabaaar ya oom...
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
Ini saya muncul bentar karena gak tahan mau ngasi tau...
Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).
(waktu test terbang, diem2 udah saya batasi sampai 10.000rpm)
Kenapa kok saya claim sukses besar,
Kerana sudah disiksa secara amat kejam dan sangat ndak manusiawi...,
...yg mungkin cuma PToto/PBudi aja yg bisa cerita !
Lha wong saya ngumpet, gak tahan liat engine di bikin men-jerit2 gitu !!!
Saya kira PBudi sudah kejam.., ternyata ada yg lebih kejam lagi...
...dan si JBA-56AR tsb, bisa bertahan dan malah nantang sampe jebol...(gimana PToto ???, boleh di jebolin gak engine nya).
Konversi JBA-56AR ini, SUKSES BESAR.., melebihi expektasi dari yg sudah2.
Engine Peak bisa >11.000 rpm dgn Prop 12x6 APC...(hiiiii Jebol deh).
(waktu test terbang, diem2 udah saya batasi sampai 10.000rpm)
Kenapa kok saya claim sukses besar,
Kerana sudah disiksa secara amat kejam dan sangat ndak manusiawi...,
...yg mungkin cuma PToto/PBudi aja yg bisa cerita !
Lha wong saya ngumpet, gak tahan liat engine di bikin men-jerit2 gitu !!!
Saya kira PBudi sudah kejam.., ternyata ada yg lebih kejam lagi...
...dan si JBA-56AR tsb, bisa bertahan dan malah nantang sampe jebol...(gimana PToto ???, boleh di jebolin gak engine nya).
- farhanhendrik
- Senior Airman
- Posts: 172
- Joined: 05 May 2010, 21:04
- Location: Surabaya
Re: Enjin 52 FS Bensin First in Indonesia..eh at Cikempong
semakin penasaran pengen liat aslinya...ijin berguru yah eyang...


