Page 17 of 23

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 20 Jan 2010, 08:01
by dino
ganti dng 26 cc gas bs nggk yo om kul2..... :-k

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 20 Jan 2010, 08:06
by kula
@ Om Wa2n.... Daku msh tetap Sunday Flyer kok, tp skrg dgn Pattern style... Hehehe
Belum ngimpi jadi Pilot F3A Om... Baru seneng ikut2an belajar manuver2 nya yg ternyata asyik & sangat menantang.

@ Om Dino.... Kita tunggu Riset nya Pakdhe Toto. Kalo memang bisa, alangkah bersyukurnya daku....

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 05:39
by wa2n
@ om KULA, sebelumnya saya juga mencoba untuk 'berkarier' di kelas F3A, awal2nya nerbangin Venus, terus Leo terus Swallow 90.....
Image

tapi emang jempol 'tua' gak bakat kalee, akhirnya semua berakhir seperti ini...
Image

waktu perginya susah bawa nya, pas pulang dari airfield, bawanya jadi 'simple dan sedikit'....
Image

Engine sampai pecah, langsung pensiun deh....
Image

tapi ini saya anggap pembelajaran yang sangat berharga, artinya kalo sudah mencoba terus gagal, berarti saya gak kapok, tapi untuk terbang lagi ntar2 dulu ah... :lol: :lol: , mendingan nerbangin trainer aja biar enjoy.. :smt030

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 08:40
by toto
@om suhu wa2n, saya turut prihatin tapi salut atas semangatnya itu yang masih membara, saran saja engine jangan dibuang ya lumayan masih bisa ri rebuilt atau setidak-tidaknya bisa untuk sparepart

salam

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 09:17
by dino
kok bs jd bgitu om wa2n ...kronologisnya bgmn..? mohon di terangken....spy kita2 bs mencegah...sbelum kejadian.....(kyk cenayang aj) dan turut ikut prihatin...dng si walet 90 [-o< [-o< [-o< [-o<

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 11:52
by kula
Wdewwww.... Tragis nian itu swallow....
Apa yg terjadi Om Wa2n ?
Turut berduka cita atas gugur nya si Swallow dlm melaksanakan tugas

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 17:34
by wa2n
he..he..he, kronologis kejadiannya begini : malam hari sebelum terbang battere tx & rx saya charge, krn ditinggal bobo, baru pagi nya saya cabut dari charger. kemudian dibawa ke lapangan, sy gak cek lagi tegangan baterenya (karena berasumsi batere udah full)...btw terbanglah 1 sorti selama krg lebih 10 menit, kemudian refuel dan terbang lagi....masih keasikan, soalnya kalo nerbangin pesawat pattern kan jumpalitannya bisa unlimite :smt023 ...terus landing, saking semangatnya langsung refuel yang ke-3 kalinya...dengan niat terbang untuk terakhir kali, karena udah 3 x 10 menit kan = 30 menit...take off mulus, pas kira-kira 3 menit pertama setelah airborne, pesawat lost control, climb sambil full throttle kemudian kira2 30 meter langsung menukik tajam dengan throttle penuh (kedengeran dari lengkingan engine) dan menghantam tanah dengan 'sempurna'.... :smt022 :smt022, tadinya wingspan 1.9 meter jadi serpihan...
Pas dilakukan investigasi dari KNKT ala BAS, tegangan batere tinggal 2,4 volt, artinya semua servo dipastikan 'ngelock' karena gak ada arus lagi (padahal ada 8 servo)....yah itulah, kadang saking semangatnya jadi lupa untuk cek & preflight cek, hal sepele jadi berpele-pele....untung aja gak ada korban manusia, karena kejatuhan pesawat.....gitu ceritanya...koq panjang banget ya, padahal udah disingkat-singkat... :smt030

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 21 Jan 2010, 20:04
by iwan21
Pelajaran berharga ya om, kadang yg senior juga bisa alpa/kurang teliti

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Jan 2010, 01:34
by kula
wedew...tragis...
pelajaran berharga buat kita semua utk selalu melakukan pre flight check...
thx buat Om Wa2n utk pelajarannya yg berharga & penuh pengorbanan.

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Jan 2010, 04:49
by wa2n
:smt022 :smt022 :smt022 terimakasih kembali, om2 ku semua, tadinya saya pikir foto2 ini udah gak punya arti, ternyata....... :ym35 masih ada 'hikmah' yang bisa didapat dibalik semua ini. :muach: