F3A <> 3D kenapa??

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by AgoesAurelz »

su-31 wrote:
AgoesAurelz wrote:Lihat aja, body beliau aja udah "Planker" abis... pantesan terbangnya 3D terus...


enggak oom, gak 3D terus..., sama aja kok F3A, ya 3D, ya gak gimana2 kok...

Cuma kalo bicara planker..., maksudnya "Tipis, Kurus Kering"...
...Coba liat full body kayak gini..,
Image
Kalo saya berada ditengah, diantara ke 2 nya...,
...bisa jadi lebih tipis dari kertas toh ???


hehehe... iya eyang...
kalo saya sih ngeri sama yg sebelah kanan itu om.... serem tongkrongannya... apalagi kalo lagi nenteng propeller segede samurai.... ((((kabbuuuurrrrrrr.....))))
:pis :ha3

smile itu sehat... ketawa itu bikin panjang umur.... hahaha....

Apa kabar bli Ary...? Gimme hi five brotha...... :cup2
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by Ary »

Jangan lupa kalau saya ke cakra om AA hutang sy ayam taliwang ya..hehehe... ini arief ngajak terus,
tinggal nunggu cuaca padangbai bersahabat.......
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 325
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by pakdesurib »

AgoesAurelz wrote:
su-31 wrote:
AgoesAurelz wrote:Lihat aja, body beliau aja udah "Planker" abis... pantesan terbangnya 3D terus...


enggak oom, gak 3D terus..., sama aja kok F3A, ya 3D, ya gak gimana2 kok...

Cuma kalo bicara planker..., maksudnya "Tipis, Kurus Kering"...
...Coba liat full body kayak gini..,
Image
Kalo saya berada ditengah, diantara ke 2 nya...,
...bisa jadi lebih tipis dari kertas toh ???




bisa iya ....... bisa kita yang tipis jadi kertas..... :ha3
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by AgoesAurelz »

Ary wrote:Jangan lupa kalau saya ke cakra om AA hutang sy ayam taliwang ya..hehehe... ini arief ngajak terus,
tinggal nunggu cuaca padangbai bersahabat.......



Siaap suhu Ary.... anytime, mau ayam taliwang, ayam betutu, ayam kfc, ayam-ayaman semua ada di lombok... :ide
btw gimana kabar si arief.....? apa sudah keracunan 3D? atau masih setia sama SS40-"pink" nya itu...?
titip sobat saya itu ya suhu, tolong segera di sesatkan ke jalan yg benar....
:pis
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by Syafik »

Ary wrote:

Masudnya pakai jurus samurai seperti ini ya om AA ?? ini namanya guru kencing berdiri,saya kencing berlari :ha3

Image

ijin ketawa ngakak wakakaka... :ha3 :ha3 :ha3
User avatar
nganggur
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 247
Joined: 14 Aug 2011, 21:06
Location: Kulonprogo-Jogja-watess
Contact:

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by nganggur »

[/quote]

Nyambung soal topic yg mulai ngalor-ngidul ini,
Setau saya setelah kita lulus trainner (Wd,wilga,dll) maka bisa ambil penjurusan... ada F3A, ada Scale, dan ada 3D/freestyle...

Kalo yg mau ke F3A, bisa pake Formosa atau pesawat sejenis..
kalo mau ke Scale, bisa pake Mustang, Spitfire, Zero dll
Kalo mau ke 3D, bisa latihan pake Ferio, Piaget dll

lulus dari electric, cobain ke engine 40class, tetap dengan pesawat se-type... supaya sesuai tujuan...
Lulus dari engine 40 class, baru ke kelas Gaban... langsung loncat ke kelas 50cc keatas ngga masalah (spt kata suhu saya)...

Karena arah saya jelas, yaitu 3D freestyle maka sementara saya masih setia ber-planker ria dulu.... biar ampe bosen ngeliatnya....
PLANKER ADALAH "TIKET" SAYA KE GABAN 3D...

sharing dikit perjalanan...
Planker udah "habis" 2unit... 1unit ancor sisa sayap doang... ini udah Planker saya yg ketiga (Badboy)... dan yg satunya (Airkiller) malah udah jadi 4 bagian...patah/sambung tapi masih terbang dgn baik...
lagi belajar kebal rasa terhadap crash... (lha wong cuman planker aja)...
Saya udah janji pada diri sendiri, kalo udah lancar torque roll, bisa muter tegak 1 as konstan, saya baru hijrah ke gaban 3D.... biar bertahap...
Sebelum proses itu saya lewati, saya tidak akan beli Gaban 3D...

Pernah maksain 3D pake Gaban... Sementara ini gaban type sport saya baru ada CAP 232 aja (pake nitro Saito 180FS/30cc), hover berat banget (she is like pragnant elephant as i said before), hover gak lebih dari 1 menit langsung habis powernya... kapan hari saya paksain "torque roll" (disaksikan rekan saya mas Hendra setiono) malah CAP melorot terus dan stall, langsung saya masukin flat spin sekalian, dan mendarat cukup keras kena landing gearnya.... tapi uda di repaired, untung bisa mulus lagi... sadar karena "salah tahap" maka saya downgrade ke Planker dulu...
Rencana CAP juga mau saya gantung (biar jadi codot kata om yoyok)... hwakakak.... (sekalian biar banyak yg dicodotin buat hiasan plafond nih om yoyok)... wakakak...

Besok kalo jempol udah lebih halus dan sigap saya baru mau ke gaban 3D yg sebenarnya....palingan ke 50cc dulu...
pilihan saya: Edge 540, Sbach atau Extra 300 or 260, Yak 54..

wait and see aja.... practice and practice.... the right time will come... dan tetap saja..... Fly for.... FUN! ....Nothing else....

Salam 3D to The BONE!! :pis
AA[/quote]
Mantabsss nih Om Ulasannya...
trus kalo Glidder dan yg suka ngebut2 kyk Funjet or pylon masuk kategorinya apa suhu..??
Btw ane juga dah abis.. 5 pswt gabus 3D polipom...jenisnya LIL RIPPER...
mayanlah dah bisa njungkir balik di udara...
yg terakhir malah nyungsep di kebon tebu dah 5 hari ini ga ketemu..pdhl dah di evakuasi ama mandor2 tebunya :tmb
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by Janto_JAC »

Budi wrote:Kalo pemain F3A akan bilang 3D itu terbang kok "berantakan" ngga bisa smooth dan lurus.. Kalo org 3D bilang F3A terbang kok bete dan banyak aturan.......

Gimana dong???


Oom Budi,

Salam kenal.

Saya baru join grage, jadi masih suka explore topik-topik yang ada, walaupun sudah ketinggalan jaman, saya masih suka posting, siapa tahu bermanfaat untuk yang posting pertama atau teman-teman yang lain, walaupun mungkin sudah basi :D

Mohon ijin untuk posting topik ini yang sudah lama banget, tapi menurut saya, topiknya menarik, saya tidak membaca posting-an semua teman-teman sebanyak 18 lembar, jadi mungkin isi posting-an saya sudah ada di dalam posting-an teman-teman semua. Mohon maaf sebelumnya kalau terjadi duplikasi [-o<

Iya, setuju, lihat F3A bikin BT, terbang lurus, inverted, rolls, naik keatas, turun curam kebawah, jauh lagi pesawatnya, nggak ada suaranya lagi, kalaupun ada, kecil suaranya, nggak gagah, bentuknya "garink" nggak seperti pesawat betulan, nggak menarik, yang lebih parah lagi, pas sedang ada yang terbang F3A, yang lain harus tunggu, kutu kupret #-o

Terbang 3D, asyik, dinamis, manuever-nya ekstrim nyerempet bahaya, inverted-nya rendah 5 meter diatas landasan, kenceng, tiba-tiba naik ke atas, sambil roll, pakai asap, suaranya keras, apalagi kalau sudah hover, rudder kena rumput, keren bow...., bentuknya kalau 3D, lebih mirip pesawat betulan, ada canopy transparan-nya, ada yang pesawatnya bisa sampai 3 m, mantap poll, tapi kalau sedang terbang 3D, yang lain takut terbang, takut kesabet, tahu-tahu penerbangnya disorientasi atau ada mekanikal problem, servo-nya pakai yang bukan peruntukannya, jebol he he 8-[

Menurut saya, terbang 3D dan F3A, sama baiknya dan sama sulitnya, dan sama mudahnya bagi yang sudah bisa.

Menurut saya, terbang 3D, tidak berantakan dan terbang F3A, juga tidak berantakan

Tetapi, ada yang terbang 3D, manuever-nya berantakan dan ada yang terbang F3A, manuever-nya berantakan

Misalnya untuk 3D, Torque Roll, pada saat melakukan manuever, pesawatnya tidak diam, berdirinya tidak 90 derajat, roll rate pesawat diporosnya tidak konstan, tinggi pesawat akan memulai manuever, sedang melakukan manuever dan setelah melakukan manuever, tidak sama dll dll. Atau pada waktu buat bulatan dengan ketinggian rendah sambil melakukan roll (apa ya nama manuever-nya?), bulatannya tidak bulat, berantakan, roll rate-nya tidak sama, berantakan; terus naik turun pesawatnya, tidak dalam satu garis lurus, berantakan dll. dll.

Misalnya untuk F3A, waktu inverted, roll rate-nya terlalu cepat, terus tinggi pesawat pada saat sebelum manuever, pada saat melakukan manuever dan pada saat selesai melakukan manuever naik turun, berantakan dll dll.

Semua manuever itu ada panduannya, bagaimana manuever yang benar, baik untuk 3D maupun F3A.

Agar kita bisa tahu manuever yang benar atau berantakan, kita seyogyanya membaca buku pedomannya dan coba melakukannya dengan pesawat kita.

Menurut pengalaman saya, manuever yang baik, kita harus bisa memberikan input yang tepat pada elevator, rudder, aileron dan throttle, agar menghasilkan manuever yang sesuai dengan aturan atau pedomannya. Semua itu merupakan satu kesatuan yang utuh

Kebetulan saya pernah melihat demo aerobatic Sukhoi di Halim diterbangkan oleh pilot orang Rusia-nya, itu Sukhoi dibeset sama pilotnya sesuai kemampuan pesawatnya yang ditawarkan kepada Indonesia.

Manuever-nya bagus sekali, tidak berantakan, pada saat membuat roll, ketinggian sama, roll rate-nya sama, jarak antara roll rate di titik inverted dan roll rate di titik level sama, tidak berantakan. Itu pilot jago memang. Manuever-nya gila dan ekstrim, ada yang seperti 3D segala, semi hover, dll, tapi tidak berantakan.

Jadi berantakan bukan terbangnya, tetapi pada saat melakukan manuever-nya.

Untuk melakukan manuever yang baik, baik itu untuk manuever 3D maupun F3A, ada aturan atau pedomannya.

Ikut aturan ini yang kadang kala kita suka abaikan, jadi berantakan (contoh aturan yang saya sampaikan diatas untuk torque roll, inverted dll, harus dicek ulang, saya hanya tulis yang ingat, tidak lihat buku panduannya, bisa salah :bow: )

Penguasaan manuever dasar dapat dijadikan penopang manuever 3D dan F3A.

Hanya masukan Oom Budi dan teman-teman sekalian. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu.

Mohon maaf sekali lagi, kalau terjadi duplikasi informasi.

Selamat terbang, salam aeromodelling

Janto
User avatar
nganggur
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 247
Joined: 14 Aug 2011, 21:06
Location: Kulonprogo-Jogja-watess
Contact:

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by nganggur »

Awesome.....Skalian UP biar 3D nya Idup lagi... :cup2
User avatar
Leo Supardjo
Posts: 2
Joined: 04 Oct 2014, 02:23

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by Leo Supardjo »

atari7up wrote:
kula wrote:
Tapi kalo nonton di Yucub sich daku lebih bisa menikmati indahnya manuver2 F3A
Drpd 3D ..... (genderang perang ditabuh...wkwkwk)


:mtp :mwr


yang jelas dua-duanya enak ditonton ... :hl
User avatar
Janto_JAC
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 02 Jul 2013, 19:38

Re: F3A <> 3D kenapa??

Post by Janto_JAC »

Oom Leo,

F3A, yang nonton harus ngerti sedikit maneuver, kalau nggak BT waw waw #-o

3D, penontonnya kurang ngerti maneuver, tetep seru :D

Pesawat 3D dipake terbang F3A, aneh, nggak lurus, ngambang-ngambang :-k

Pesawat F3A dipake terbang 3D, nggak bisa =;

Harusnya anak 3D dan F3A terbang bareng, seru kali ya...

Yang satu duduk diujung, yang satu rombongan, adminnya banyak :)

Happy flying 3D dan F3A, utamakan keselamatan.

Salam aeromod,

Janto
Post Reply