su-31 wrote:Minggu kemarin waktu nyalain DL-50 di YAK nya Pak toto, sekali lagi membuktikan busi itu ternyata ada kualitasnya ya ???, iya apa iya ya ???
Tulung pakDe, pak Bli dll pakar gasoline bagi2 pencerahan dong...
Saya baca2 di RCUniverse, jangan pakai busi CM6 yg tanpa merek ! Malah katanya begitu terima mesinnya, sarannya yg pertama kali dilakukan adalah "throw away the stock spark plug" !!! Pakai yg asli NGK CM6, atau Champion Y82.
Ternyata bener dan terbukti berulang kali (saya kok gak kapok2). Pakai CM6 yg tanpa merek (HobbyKing) itu engine batuk2.., susah start, bahkan mati ditengah. Diganti yg NGK asli.., jreng, jos, top gak mati2.., maiden selamet !
Pertanyaanya, emangnya bedanya apa sih dengan busi HobbyKing yg tanpa merek itu ??? Setelah saya check, nyala api sama, suara cetik2 sama, warna spark sama... Tapi kenyataanya yg Asli NGK tokcer..., yg HobbyKing NoBrand itu batuk2...
Kenapa..., kenapa..., oh mengapa ???
Pak kalau mau cari busi NGK CM6 diLHS Lokal dimana ya?
Oom Haris, jangan lupa pasang filter sebelum karbu.....ini hukumnya WAJIB.....karena karbu DLE ini menggunakan membran dan pump system, saluran didalam halus sekali, kotoran kecil aja bisa membuat engine ini susah hidup........
filternya harus pakai yang dari kertas, JANGAN yang dari busa atau saringan kawat. Beli aja di toko sepeda motor harganya cuma 15-30ribu.....
Sebelumnya udah tak coba mas Budi...tapi sebelumnya pakai filter yg terbuat dari plastik, namun saat dipasang sepertinya drat nozzle kebesaran ngak muat, akhirnya pasang filter yg biasa dipakai buat engine nitro (dari besi). Nanti saya coba hunting lagi filter yg dari kertas, mungkin agak dipaksa ya pemasangannya ke fuel linenya . Saat ini kondisi engine sedang break-in udah jalan 3 liter udah keburu onduty kelapangan .
Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya
sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........
ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........
Budi wrote:Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya
sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........
ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........
Note Mas Budi...sekarang udah jalan 4 liter..keluaran knalpot masih hitam...tapi kuping tetangga udah merah...