DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Ari21 »

su-31 wrote:Minggu kemarin waktu nyalain DL-50 di YAK nya Pak toto, sekali lagi membuktikan busi itu ternyata ada kualitasnya ya ???, iya apa iya ya ???

Tulung pakDe, pak Bli dll pakar gasoline bagi2 pencerahan dong...

Saya baca2 di RCUniverse, jangan pakai busi CM6 yg tanpa merek !
Malah katanya begitu terima mesinnya, sarannya yg pertama kali dilakukan adalah "throw away the stock spark plug" !!!
Pakai yg asli NGK CM6, atau Champion Y82.

Ternyata bener dan terbukti berulang kali (saya kok gak kapok2).
Pakai CM6 yg tanpa merek (HobbyKing) itu engine batuk2.., susah start, bahkan mati ditengah.
Diganti yg NGK asli.., jreng, jos, top gak mati2.., maiden selamet !

Pertanyaanya, emangnya bedanya apa sih dengan busi HobbyKing yg tanpa merek itu ???
Setelah saya check, nyala api sama, suara cetik2 sama, warna spark sama...
Tapi kenyataanya yg Asli NGK tokcer..., yg HobbyKing NoBrand itu batuk2...

Kenapa..., kenapa..., oh mengapa ???


Pak kalau mau cari busi NGK CM6 diLHS Lokal dimana ya?
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

di BSD pak......nanti saya sms
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Ari21 »

Budi wrote:di BSD pak......nanti saya sms


Oke Mas Budi thanks infonya.
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

sip...sip......

Oom Haris, jangan lupa pasang filter sebelum karbu.....ini hukumnya WAJIB.....karena karbu DLE ini menggunakan membran dan pump system, saluran didalam halus sekali, kotoran kecil aja bisa membuat engine ini susah hidup........

filternya harus pakai yang dari kertas, JANGAN yang dari busa atau saringan kawat. Beli aja di toko sepeda motor harganya cuma 15-30ribu.....

gambarnya seperti ini

Image
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by MrDoms »

itu kotak jangrik buat apa suhu? (garis panah merah)
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Ari21 »

Sebelumnya udah tak coba mas Budi...tapi sebelumnya pakai filter yg terbuat dari plastik, namun saat dipasang sepertinya drat nozzle kebesaran ngak muat, akhirnya pasang filter yg biasa dipakai buat engine nitro (dari besi).
Nanti saya coba hunting lagi filter yg dari kertas, mungkin agak dipaksa ya pemasangannya ke fuel linenya :D .
Saat ini kondisi engine sedang break-in udah jalan 3 liter udah keburu onduty kelapangan #-o #-o .
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by su-31 »

Doms wrote:itu kotak jangrik buat apa suhu? (garis panah merah)


Aduh, cemana wuak..., buat piara jangkrik lah pulak...
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya

sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........

ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by kula »

hiks.. aku cuma 7 liter dah gak tahan lagi...kebelet....
User avatar
Ari21
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 148
Joined: 06 Jul 2008, 07:39
Location: Palembang SRAC
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Ari21 »

Budi wrote:Oom Haris, jangan buru2 break in nya.......menurut eyang suhu, minimal 10 liter di rpm 3000an ......dan selalu di cek RPM maksimumnya

sayang kalo nggk mateng, soalnya menurut forum luar, kalo kita sering akselerasi alias break in cuma sedikit, dinding silinder pasti baret2 yang akibatnya kompresi bakal cepet hilang.........

ciri2 udah mateng, setiap di cek rpm maksimumnya udah nggk bisa naik lagi.........


Note Mas Budi...sekarang udah jalan 4 liter..keluaran knalpot masih hitam...tapi kuping tetangga udah merah... :D :D
Post Reply