Page 20 of 23
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 12:10
by dino
suprayitno wrote:Walah....
Kok bisa ya Om. Apa sebelumnya suaranya kasar gitu Om. Atau kalau di putar dengan tangan, terasa kasar gitu.

iya bagi2 pengalaman dung om kula

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 12:14
by kula
itulah Om Dino..daku blm sempat menyadari atau ngecheck ttg kondisi bearing, tau2 dah macet..
mungkin para tetua atau suhu bisa sharing ttg tips n trick nya ttg bagaimana mengetahui kondisi bearing kita, kapan perlu diganti atau kapan perlu diadakan pengecheckan nya..
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 12:15
by dino
kula wrote:itulah Om Dino..daku blm sempat menyadari atau ngecheck ttg kondisi bearing, tau2 dah macet..
mungkin para tetua atau suhu bisa sharing ttg tips n trick nya ttg bagaimana mengetahui kondisi bearing kita, kapan perlu diganti atau kapan perlu diadakan pengecheckan nya..
soalnya barangnya ada di dalem mesin ngeceknya jd susah

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 13:33
by suprayitno
kula wrote:itulah Om Dino..daku blm sempat menyadari atau ngecheck ttg kondisi bearing, tau2 dah macet..
mungkin para tetua atau suhu bisa sharing ttg tips n trick nya ttg bagaimana mengetahui kondisi bearing kita, kapan perlu diganti atau kapan perlu diadakan pengecheckan nya..
Namun kadang membingungkan Om Kula. Di Surabaya ada pesawat teman yang usiannya sudah lama. Pas lagi santai saya lihat-lihat, kemudian ndak sengaja saya pegang itu spiner. Lha kok kocak. Dan bearingnya kasar. Bahkan simpangannya kurang lebih 2 mm kalau di ukur dari ujung spiner.
Toh terbangnya masih ngebut dan ndak masalah.

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 19:47
by dino
suprayitno wrote:kula wrote:itulah Om Dino..daku blm sempat menyadari atau ngecheck ttg kondisi bearing, tau2 dah macet..
mungkin para tetua atau suhu bisa sharing ttg tips n trick nya ttg bagaimana mengetahui kondisi bearing kita, kapan perlu diganti atau kapan perlu diadakan pengecheckan nya..
Namun kadang membingungkan Om Kula. Di Surabaya ada pesawat teman yang usiannya sudah lama. Pas lagi santai saya lihat-lihat, kemudian ndak sengaja saya pegang itu spiner. Lha kok kocak. Dan bearingnya kasar. Bahkan simpangannya kurang lebih 2 mm kalau di ukur dari ujung spiner.
Toh terbangnya masih ngebut dan ndak masalah.

iya blom waktunya kali om

Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 20:37
by kula
Justru itu, gimana caranya tau bhw sdh wkt nya ganti ? Supaya tdk terjadi spt diriku, hanya krn bearing macet, bubar semua mesinnya.
Pdhal kan kalo sempat ganti bearing itu hrs nya sampe skrg mesin itu msh terselamatkan.
Ayo dong para suhu n Tetua suku.. Mohon inputannya...
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 11 Feb 2010, 23:23
by richard
Om kula yang baik,
Waduh om kula....baru ini saya tahu bearing bisa sampe pecah begitu.
Kalau beli mesin nya bekas, bisa jadi itu alasan nya maka dijual ke om, heheheheheh...
Jangan marah ya om.
Mungkin dah waktu nya ganti ke gasoline kali om.
Btw, kalau mesin masih ok bearing nya, ibarat paduan suara, suara nya cuma Sopran aja.
Tapi kalau udah ada defect nya, bisa ada Sopran, Alto ama Tenor.
Setahu saya cuma bgt si om caranya kalau tanpa dismantling si mesin.
Untuk memastikan, dari waktu ke waktu ada perlunya overhaul.
OS itu kan mesin mahal, ga ada salah nya sekali setahun di overhaul and cuci mesin nya.
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 12 Feb 2010, 09:56
by dino
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 12 Feb 2010, 10:46
by kula
richard wrote:Om kula yang baik,
Waduh om kula....baru ini saya tahu bearing bisa sampe pecah begitu.
Kalau beli mesin nya bekas, bisa jadi itu alasan nya maka dijual ke om, heheheheheh...
Jangan marah ya om.
Mungkin dah waktu nya ganti ke gasoline kali om.
Btw, kalau mesin masih ok bearing nya, ibarat paduan suara, suara nya cuma Sopran aja.
Tapi kalau udah ada defect nya, bisa ada Sopran, Alto ama Tenor.
Setahu saya cuma bgt si om caranya kalau tanpa dismantling si mesin.
Untuk memastikan, dari waktu ke waktu ada perlunya overhaul.
OS itu kan mesin mahal, ga ada salah nya sekali setahun di overhaul and cuci mesin nya.
Om Richard yg ganteng...hihihi
kebetulan tebakannya tepat bgt.. memang mesinnya beli bekas Om..
maklum kemampuannya msh di taraf pemulung yg nekat main aero..hihihi
pemilik lama sgt tertib dlm pemakaiannya, krn setiap terbang selalu mencatat di log book.
tapi mungkin krn sering disimpan (tdk rutin dimainkan) maka bearing mulai berkarat & itu yg menjadi awal mula malapetaka.. soalnya pemilik lama sering kali bertugas utk negara berbulan2 lamanya di luar daerah.
@ Om Dino...pemilik lama memang ada log book nya Om.. tiap kali terbang selalu dia catat..
Re: (Q) review Pesawat F3A
Posted: 12 Feb 2010, 19:12
by dino