Page 3 of 4

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 02 Dec 2011, 09:45
by AgoesAurelz
Hati-hati kalo terlalu panjang bisa "tailboom strike"

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 02 Dec 2011, 10:55
by Budiman
Jadi bingung...heli saya, T-Rex 600 NP,main blade 600mm...masi kena "boom strike"...trus satu lagi, Sceadu Evo 50, tail boom original-nya lebih panjang dari kebanyakan heli engine kelas 50, main blade juga 600mm, masi juga tidak terhindarkan dari "boom strike"......:uhm...
Kenapa sampe harus terjadi "boom strike"..? :shy

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 05 Dec 2011, 12:37
by Syafik
kalau gak pake tailboom baru aman ya mas... :ha3 :ha3 :ha3

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 05 Dec 2011, 14:18
by panjitohaga
Budiman wrote:Jadi bingung...heli saya, T-Rex 600 NP,main blade 600mm...masi kena "boom strike"...trus satu lagi, Sceadu Evo 50, tail boom original-nya lebih panjang dari kebanyakan heli engine kelas 50, main blade juga 600mm, masi juga tidak terhindarkan dari "boom strike"......:uhm...
Kenapa sampe harus terjadi "boom strike"..? :shy


pas terbang apa landing om budiman? biasanya bisa karena dampener nya terlalu soft, atau sekrup di blade grip kurang kencang atau mungkin juga headspeed terlalu rendah ketika hard manouver.

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 05 Dec 2011, 21:48
by Budiman
@Mas Syafik
:ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3

@Om Panji,
Saya terkena "boom-strike" saat heli crashed....
Soal memasang main blade pada blade grip, saya memang tidak perna menggunakan kekuatan penuh, tapi saya perkirakan cukup saja dan seimbang pada masing2 main blade grip...jadi singkatnya, tidak kencang(tight) ,namun juga tidak kendor(loosen)....

Saya selalu menggunakan dumpener rubber yg soft, karena saya menghindari "jumpy" collective pitch saat bermanuver di tengah angin...
Dan satu lagi, karena saya memang tidak mampu utk melakukan hard manouver(3D),Om....hehehehe......

Soal head speed, saya berusaha menggunakan head speed yg cukup saja...tidak rendah dan tidak terlalu tinggi...saya sesuaikan dengan dengan manuver,pitch main blade,kondisi angin,ukuran fisik paddle serta fly-bar, dan satu lagi adalah main gear ratio.Karena dalam head speed ini saya lebih berusaha utk mencari ke arah sisi torque dr rotor disc yg benar2 pas(sweet spot), namun tidak merugikan sisi speed nya juga....

Saya sependapat mengenai "boom-strike" disebabkan oleh pemasangan main blade pd blade grip yg terlalu kendor,apapun tingkat kekerasan dumpener dlm rotor housing...indikasi nya dapat secara jelas main blade mengalami "out of track", padahal pitch sudah benar dan main blade benar2 seimbang....dan akan nampak secara jelas, saat kita melakukan manuver2 yg menyertakan pitch 0 deg...

Hanya saja, soal "soft dumpener" , saya mikirnya secara sederhana saja...jika menggunakan "soft dumpener" ya sebaiknya tidak melakukan hard manouver...lain ceritanya jika ingin melakukan hard manouver, maka dumpener harus disesuaikan juga....

Sekarang, kenapa dikatakan menggunakan main blade yg lebih panjang akan ber-resiko terhadap "boom strike"?...:hmm
Penggunaan main blade yg lebih panjang tentulah ada batasannya juga...salah satu nya adalah batasan dari power plant nya..

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 06 Dec 2011, 15:15
by panjitohaga
senang ada teman diskusi heli :thx

Budiman wrote:
Sekarang, kenapa dikatakan menggunakan main blade yg lebih panjang akan ber-resiko terhadap "boom strike"?...:hmm
Penggunaan main blade yg lebih panjang tentulah ada batasannya juga...salah satu nya adalah batasan dari power plant nya..


lebih panjang = lebih berat = bagian dari rotor head bekerja lebih berat (kembali ke contoh soft dampener) dan juga ada kemungkinan bertabrakan dengan tail blade.

Power dari motor/engine musti di sesuaikan seperti om bilang, dari pengalaman dengan menggunakan kombinasi blade yg lebih panjang + power yg besar + headspeed yg tinggi di heli yg stretch (600 size dengan boom dan blade 700 size) yang ada hasilnya blade grip bolt yg menggenggam blade jadi bengkok dan kemungkinan main gear rontok besar juga.

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 06 Dec 2011, 17:05
by handoyo6299
Kalau boleh saya simpulkan sementara ini berarti :
Boleh menggunakan blade panjang ( asumsi disamakan bahwa panjang ini maksudnya stretch) dengan syarat :
1. Power plant memadai ( bisa dengan dikonversi oleh penggunaan rasio pinion main gear yang tepat )
2. Dibatasi oleh panjangnya tail boom supaya tidak ada resiko attacking dengan Tail Blade ( berarti perlu diperhatikan juga ukuran panjang tail blade yang akan dipasang)
Selebihnya terserah jempol..apakah demikian, mohon koreksi kalau salah, duduk manis menyimak...
salam

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 06 Dec 2011, 19:04
by Budiman
Om Panji dan Mas Hand...
Kalo saya disuruh milih...ya mending memakai ukuran panjang main blade yg standart saja...krn saya lebih ter fokus pada karakter heli nya saja... :ha3

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 07 Dec 2011, 00:00
by jstnt
Sekedar menambahkan untuk boom strike
Image

Jika menggunakan blade biarpun dari carbon, blade akan berdeformasi karena perubahan pitch.
Di gambar jelas kelihatan kalau blade panjang deformasinyapun akan semakin besar yang bisa menyebabkan boom strike.

Untuk pencegahan bisa dengan memilih blade carbon yang stiff, walaupun banyak blade terbuat dr carbon tetap kekakuan blade berbeda beda

Selain itu factor dampener juga berperan penting, di samping baut di blade holder juga mesti kencang. Mungkin info ini dapat membantu, sekedar sharing aja om

Re: [ASK] Menggunakan Blade Heli yang lebih panjang

Posted: 07 Dec 2011, 07:12
by rickyaditya
Wah, ternyata banyak kerugiannya juga ya menggunakan blade yang lebih panjang, walaupun teman2 sudah menyebutkan kelebihannya di depan.

Sejauh ini belum sempat utak atik, sebenarnya pingin ubah rasio pinion, cuman pinionnya sendiri belum dapet. :thx