Page 3 of 4

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 12:43
by iwan21
hidayat07 wrote:wah tambah jelas neh.....manteb suhu.kalo motornya brushless 3000 kv,apa esc 30 A sdh ok..?thanx



kalo motonya kelas 250 watt kebawah, dg kipo 3sel, pasti oke om ESC 30 Amp

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 12:56
by iwan21
beberapa catatan aja, sebelum pada mulai bikin ( apa ini dijadiin group building aja kali ya ?, gimana pa Unding? )

It doesn't like sharp turns :P When it banks in a bigger angle it loses its air cushion and touches the ground with one wingtip. But smaller angle banking isn't a problem.

The best about this Lippisch desing is its efficiency,always needed at least 70-80% thrust.


ini plan utk yg warna biru diatas

Image

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 14:23
by unding
iwan21 wrote:beberapa catatan aja, sebelum pada mulai bikin ( apa ini dijadiin group building aja kali ya ?, gimana pa Unding? )

It doesn't like sharp turns :P When it banks in a bigger angle it loses its air cushion and touches the ground with one wingtip. But smaller angle banking isn't a problem.

The best about this Lippisch desing is its efficiency,always needed at least 70-80% thrust.


ini plan utk yg warna biru diatas

Image


:tlt :tlt :hah gambarnya kecil banget, diperbesar malah catatannya tidak kelihatan, yg jelas harus ada sudutnya .. yaa...(2-3 derajat kali)

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 15:15
by iwan21
unding wrote: :tlt :tlt :hah gambarnya kecil banget, diperbesar malah catatannya tidak kelihatan, yg jelas harus ada sudutnya .. yaa...(2-3 derajat kali)



ini saya potongin dari gambar gedenya pak
1. Wing incidence = 10 derajat
2. tail wing incidence = 9 derajat
3. up thrust motor = 5 derajat

referensi nol adalah garis dibawah

Image

Image

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 16:03
by unding
iwan21 wrote:
unding wrote: :tlt :tlt :hah gambarnya kecil banget, diperbesar malah catatannya tidak kelihatan, yg jelas harus ada sudutnya .. yaa...(2-3 derajat kali)



ini saya potongin dari gambar gedenya pak
1. Wing incidence = 10 derajat
2. tail wing incidence = 9 derajat
3. up thrust motor = 5 derajat

referensi nol adalah garis dibawah

Image

Image


:ok :ok :deal :deal Sudah jelas semuanya suhu, dipersiapkan dulu segenap kekuatan yg ada, terutama.. :htg :htg . dompetnya

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 16:31
by unding
Perencanaan :
Wing Loading = 50 gram/dm2
AUW = 2500 gram
Wing Area = 2500/50
= 50 dm2
Konsep sayap seperti ini
Image
Wing span = 100 Cm
Root chord = 80 Cm
Tip chord = 20 Cm
Luas (WA) = 50 dm2
CG distance = 14 Cm

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 20:19
by iwan21
Lanjutkan pak :plk

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 20:41
by ariebudi
numpang tanya suhu...kalo wing area itu ngitungnya luas permukaan wing atau luas proyeksi...kalo diliat kan bentuk wingnya sedikit unik...mohon pencerahannya... :thx :thx

Re: Bavar 2

Posted: 05 Dec 2011, 22:52
by iwan21
ariebudi wrote:numpang tanya suhu...kalo wing area itu ngitungnya luas permukaan wing atau luas proyeksi...kalo diliat kan bentuk wingnya sedikit unik...mohon pencerahannya... :thx :thx


beda luas permukaan ama luas proyeksi apa ya kalo boleh tau, supaya gak salah persepsi

karena wing area itu adalah luas total sayap ( ini kategorinya luas permukaan apa luas proyeksi ya ?)

Re: Bavar 2

Posted: 06 Dec 2011, 00:00
by unding
iwan21 wrote:
ariebudi wrote:numpang tanya suhu...kalo wing area itu ngitungnya luas permukaan wing atau luas proyeksi...kalo diliat kan bentuk wingnya sedikit unik...mohon pencerahannya... :thx :thx


beda luas permukaan ama luas proyeksi apa ya kalo boleh tau, supaya gak salah persepsi

karena wing area itu adalah luas total sayap ( ini kategorinya luas permukaan apa luas proyeksi ya ?)


Wing area adalah luas permukaan sayap yg sebenarnya, sedangkan luas proyeksi adalah luas yg dibentuk oleh bayangan sayap. Jenis pesawat ini memiliki bentuk sayap yg unik (menekuk kebawah) jadi luas proyeksinya/ bayangannya lebih kecil dari luas sayap sebenarnya, luas bidang proyeksi digunakan saat menghitung drag (sebagai gaya angkat juga sebagai hambatan udara/kerugian),itupun dari tampak depan karena adanya sudut kemiringan sayap (Wing incidence).