Mukti wrote:Saya tertarik juga dengan thread ini, karena kalau lihat di video2 dan diskusi forum luar, manuver ini (mungkin yang dimaksud Rolling Harrier) jadi puncak 3D airplane kayak piroflip di Heli. Kalau baca teorinya sih gampang waktu posisi nyamping sedikit koreksi ruder pada arah yang sesuai, waktu invert koreksi elevator down dan seterusnya...... Tapi prakteknya kok jempol kanan sama kiri gak pernah akur... di simulator aja pesawat jadi liar gak jelas arahnya. Sekarang coba latihan continous slow roll sesuai petunjuk Pemula1 .... berdasarkan pengalaman enakan roll ke kanan atau ke kiri pak ???
Kayanya sih roll kekanan deh pak enggak ngagetin karena dapat percepatan akibat putaran mesin, alias pada posisi throttle relatif sama kecepatan roll kekanan akan lebih pelan dibanding dengan roll kekiri jadi masih mempunyai kesempatan walau spilt second untuk bisa menikmati bergulingnya ataupun mengoreksinya, tapi bisa ini hanya perasaan saya loh pak ... tolong dunk suhu2 bantuin untuk mengoreksi nya ... please
dino wrote:boz en para suhu sy newbe nih mo nanya pesawat low,midle, or high wing yg plng cocok buat 3d
Kalo tidak salah dari awal thread ini apabila coba diperhatikan dengan seksama adalah pesawat dari jenis mid wing dengan bentuk airfoil sayap fully symetrical dan mulailah dengan dr bentuk fuselage wayang, kira2 gitu enggak, tolong koreksinya para suhu ............
Setuju dng Om Toto, karena dng posisi mid wing, gerakan rolling akan lebih mudah ( ga nge barell). Klo utk bentuk fuselage wayang, karena ukuran ketebalan airfoil pesawat 3D lebih dari biasa, jadi klo bentuk fuseladge standar, bisa2 penuh ketutupan airfoil, atw bahkan tebelan airfoil dari pada fuseladge.
Klo high wing biasanya utk trainer.....bukan utk 3D.
Betul yg dibilang om2 sebelumnya......timing input utk Elev dan Rudder harus pas, dan ini perlu latihan dan latihan.
Utk roll mana yg lebih enak....... ini tergantung masing2, ada yg suka ke kanandan ada yg suka ke kiri, sama dengan menerbangkan pesawat......ada yg senang terbang mutar searah jarum jam dan ada yg seneng terbang dng berlawanan jarum jam.
Klo dari kecepatan nge roll...... maka gerakan roll ke kiri agak sedikit lebih cepat dari pada roll ke kanan.......ini akibat dari arah putaran mesin yg ada.
@Dimas, sekedar info saja sesuai dengan sabda eyang 7 jamban aka E7J alias mbah su-31 mungkin sukhoi akan siap bulan depan sekalian sama kakaknya edge saya yg kemarin rencana semua akan di tenagai dengan gasoline, ini cita2 loh masih tergantung sama waktu luang E7J ...,entar kalo beneran udah jadi saya mo minta tolong untuk di test ya , terima kasih sebelumnya .....
kalo saya, setelah nyerah nggak bisa sinkronkan elevator terhadap posisi pesawat, jalan terakhirnya : pasang gyro pada elevator ... akhirnya bisa juga roll panjaaaaaaaaaaaang nggak turun2 ... lebih afdol lagi kalo pada rudder juga dikasih 1 gyro lagi ... pasti deh itu elevator + rudder selalu sinkron sama posisi roll ...
toto wrote:@Dimas, sekedar info saja sesuai dengan sabda eyang 7 jamban aka E7J alias mbah su-31 mungkin sukhoi akan siap bulan depan sekalian sama kakaknya edge saya yg kemarin rencana semua akan di tenagai dengan gasoline, ini cita2 loh masih tergantung sama waktu luang E7J ...,entar kalo beneran udah jadi saya mo minta tolong untuk di test ya , terima kasih sebelumnya .....
S i i i i p, pasti saya ke Cibinong, mudah2an sajen ga telat, jadi eyang 7 jamban (ceret ngebul)ga mutung....hehehe
toto wrote:@Dimas, sekedar info saja sesuai dengan sabda eyang 7 jamban aka E7J alias mbah su-31 mungkin sukhoi akan siap bulan depan sekalian sama kakaknya edge saya yg kemarin rencana semua akan di tenagai dengan gasoline, ini cita2 loh masih tergantung sama waktu luang E7J ...,entar kalo beneran udah jadi saya mo minta tolong untuk di test ya , terima kasih sebelumnya .....
S i i i i p, pasti saya ke Cibinong, mudah2an sajen ga telat, jadi eyang 7 jamban (ceret ngebul)ga mutung....hehehe
@Dimas; ......... Ho oh nih, kalo sampe E7J mutung saya khususnya jadi buntung .......... okay deh saya siapkan mantera2nya
@christoffel; lagi ho oh juga ya pasang tuh gyro tapi ya gitulah ngecek harga GYA 350,351 atau 352 harganya kok hampir sama dengan harga unit pesawatnya ya ... jadinya jeruk minum jeruk ... alias ... pesawat naik pesawat ...
iya juga sih om toto ... cuman pikir punya pikir, daripada punya pesawat 4 buah, kan mending cuman punya 3 buah + 1 unit GYA352 ... tinggal mana yg dipake terbang, GYA juga ikutan disitu ... he .. he ..
christoffel wrote:iya juga sih om toto ... cuman pikir punya pikir, daripada punya pesawat 4 buah, kan mending cuman punya 3 buah + 1 unit GYA352 ... tinggal mana yg dipake terbang, GYA juga ikutan disitu ... he .. he ..
Setuju om Chris, tapi saya akan tempuh untuk menyaingi rental P/S saya akan nyewain atau leasing GYA dulu aja untuk menyediakan bagi siapa saja yang pengen ngerasain terbang pakai kontrol GYA tapi enggak pengen punya sendiri abis itu hasil rentalnya untuk nyicil beli pesawat, gimana kira2 om ........... otak cari duit mulai kepicu nih .... tapi enggak pengen buka LHS loh ...