Page 3 of 4

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 08 Apr 2012, 21:07
by Bodyguard
unding wrote:


:hah Wuihhh...kenceng banget om unding...
sampe2 landingnya pun yg harusnya kelihatan...eeh tiba2 aja udah di darat tuch pesawat....
:ngl :pyg

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 08 Apr 2012, 22:38
by hidayat07
Hasil videonya kurang akurat, saya tidak tahu penyebabnya apakah kameranya yg konvensional ataukah kameramennya (Om Hidayat) yg belum Profesional
Kamera OK........-Kameramen ya.......kewalahan......!!!!!
karena si Om Jett sangat lincah dan warna serta dimensi cukup sulit ke pantau di display kamera.....jadinya antara lensa kamera dengan mata kameramennya jalan sendiri-sendiri........ :shy :shy :shy yang jelas.......buzzzzzzzz cretttttt......itulah desis yg sy rekam di telinga saya......

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 08:00
by unding
abdullah wrote:om unding,trima kasih banyak bisa buat hitungan,
tolong dong cara menghitung beban pesawat nya,teng kiyu

Untuk hitungan2 ttg pesawat sudah lengkap kok di Gaero tercinta ini, cuma kita harus rajin buka topic yg berhubungan dgn yg kita cari. Kalau untuk mencari beban pesawat kita harus tahu dulu jenis pesawatnya berdasarkan standar Wing Loading (WL) dibawah ini :

Glider : 15 s/d 30 gr/dm2
Trainer : 30 s/d 45 gr/dm2
Sport : 45 s/d 60 gr/dm2
Pylon : 60 s/d 75 gr/dm2

dimana :
Wing Loading = Beban/Luas Penampang Sayap = AUW/WA ... (gram/dm2)
WL = AUW/WA , jadi beban(berat) pesawat; AUW = WL x WA
Contoh :
Ukuran sayap : panjang = 100 cm, lebar = 10 cm ;
Luas (WA) = 100 x 10 = 1000 cm2 => dibagi dgn 100 u/ mendapatkan satuan dm2
= 1000 cm2/100 = 10 dm2
Selanjutnya penentuan beban (AUW) pesawat sdh dapat ditentukan berdasarkan nilai WL diatas ;
Glider => 10dm2 x 30gr/dm2 = 300 gram
Trainer => 10 x 45 = 450 gram
- dst -

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 08:07
by unding
hidayat07 wrote: Kamera OK........-Kameramen ya.......kewalahan......!!!!!
karena si Om Jett sangat lincah dan warna serta dimensi cukup sulit ke pantau di display kamera.....jadinya antara lensa kamera dengan mata kameramennya jalan sendiri-sendiri........ :shy :shy yang jelas.......buzzzzzzzz cretttttt......itulah desis yg sy rekam di telinga saya......


Cuma satu kalimat yg selalu terucap dari sang kameramen " Ndak Bisaka Liatki' " :ha3 :ha3 :ha3

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 08:13
by asoenhauw
Bodyguard wrote:
unding wrote:


Wuihhh...kenceng banget om unding...
sampe2 landingnya pun yg harusnya kelihatan...eeh tiba2 aja udah di darat tuch pesawat....



kalo nyetir yang ngebut gitu lutut saya ikut bergetar juga :ha3 :pyg

hebat om suhu Unding :plk :plk

:thx

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 08:20
by unding
asoenhauw wrote:kalo nyetir yang ngebut gitu lutut saya ikut bergetar juga :ha3 :pyg

hebat om suhu Unding

:thx


Makanya pilotnya harus berdiri diatas Springbed biar getarannya bisa teredam om... :ha3 :ha3

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 09:54
by hidayat07
unding wrote:
abdullah wrote:om unding,trima kasih banyak bisa buat hitungan,
tolong dong cara menghitung beban pesawat nya,teng kiyu

Untuk hitungan2 ttg pesawat sudah lengkap kok di Gaero tercinta ini, cuma kita harus rajin buka topic yg berhubungan dgn yg kita cari. Kalau untuk mencari beban pesawat kita harus tahu dulu jenis pesawatnya berdasarkan standar Wing Loading (WL) dibawah ini :

Glider : 15 s/d 30 gr/dm2
Trainer : 30 s/d 45 gr/dm2
Sport : 45 s/d 60 gr/dm2
Pylon : 60 s/d 75 gr/dm2

dimana :
Wing Loading = Beban/Luas Penampang Sayap = AUW/WA ... (gram/dm2)
WL = AUW/WA , jadi beban(berat) pesawat; AUW = WL x WA
Contoh :
Ukuran sayap : panjang = 100 cm, lebar = 10 cm ;
Luas (WA) = 100 x 10 = 1000 cm2 => dibagi dgn 100 u/ mendapatkan satuan dm2
= 1000 cm2/100 = 10 dm2
Selanjutnya penentuan beban (AUW) pesawat sdh dapat ditentukan berdasarkan nilai WL diatas ;
Glider => 10dm2 x 30gr/dm2 = 300 gram
Trainer => 10 x 45 = 450 gram
- dst -

kalo pesawat 3D,masuk kategori apa Suhu....???

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 14:27
by Bodyguard
unding wrote:Untuk hitungan2 ttg pesawat sudah lengkap kok di Gaero tercinta ini, cuma kita harus rajin buka topic yg berhubungan dgn yg kita cari. Kalau untuk mencari beban pesawat kita harus tahu dulu jenis pesawatnya berdasarkan standar Wing Loading (WL) dibawah ini :

Glider : 15 s/d 30 gr/dm2
Trainer : 30 s/d 45 gr/dm2
Sport : 45 s/d 60 gr/dm2
Pylon : 60 s/d 75 gr/dm2

dimana :
Wing Loading = Beban/Luas Penampang Sayap = AUW/WA ... (gram/dm2)
WL = AUW/WA , jadi beban(berat) pesawat; AUW = WL x WA
Contoh :
Ukuran sayap : panjang = 100 cm, lebar = 10 cm ;
Luas (WA) = 100 x 10 = 1000 cm2 => dibagi dgn 100 u/ mendapatkan satuan dm2
= 1000 cm2/100 = 10 dm2
Selanjutnya penentuan beban (AUW) pesawat sdh dapat ditentukan berdasarkan nilai WL diatas ;
Glider => 10dm2 x 30gr/dm2 = 300 gram
Trainer => 10 x 45 = 450 gram
- dst -


Berhubung lagi menghangat pembicaraan tentang AUW, WL dan WA, maka sekalian sy mau nanya cara menghitung jenis wing dibawah ini : (Untuk Wing 1 sudah terjawab, yang WIng 2 dan 3 gimana cara menghitungnya...???)

Image

Atas penjelasannya diucapkan banyak terima kasih om unding...

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 19:29
by unding
hidayat07 wrote:kalo pesawat 3D,masuk kategori apa Suhu....???

Kalau dilihat gaya terbang dari pesawat 3D apalagi kalau banyak beldili fungsi wing loading (sayap) hampir tidak ada, yg bekerja hanyalah thrust motor + propeller. Jadi kalau mau dikategorikan sepertinya masuk pada jenis Glider.

Re: Sebatas 3 Sell

Posted: 09 Apr 2012, 20:01
by unding
Bodyguard wrote:Berhubung lagi menghangat pembicaraan tentang AUW, WL dan WA, maka sekalian sy mau nanya cara menghitung jenis wing dibawah ini : (Untuk Wing 1 sudah terjawab, yang WIng 2 dan 3 gimana cara menghitungnya...???)

Image

Atas penjelasannya diucapkan banyak terima kasih om unding...


Image

Luas Wing2 = (10 x 100) - (X x Y)
= (1000) - (10 x 10)
= 900 cm2 (9 dm2)

Luas Wing3 = (10 x 100) - (X x Y)
= ( 1000 ) - (30 x 5 )
= 850 cm2 (8.5 dm2)