Page 3 of 3

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 30 Apr 2012, 16:15
by jong66
toto wrote:ayo dong om suhu jong66 di sharing pengalamannya disini sekalian bantu2 om suhu mara biar nambah catatan di buku pelajaran saya khususnya ............... terima kasih sebelumnya suhu ............. :bow:




salam

Wadohh, om suhu Toto... Klo sy sih masih trmsk 'new comer' yg jg nekater (baru bljr terbang sdh nekat beli gasoline)..hehe...jgn dipanggil suhu deh..jd :shy :shy
Kira2 sebln yll, 'kebetulan' satu2nya gasoline sy yg DLE30, yg trpasang di Edge540 ikut nyemplung di sawah sewaktu RX di pswtnya tiba2 mati (ngga tau knp..pdhl batere RX ok, koneksi power ok...ya paling itu td, kata om suhu Toto yg no.7:'nangsib'..wkwkwkk)
Alhasil dg perasaan remuk redam melihat kondisi pswt yg ancur di sana sini, mulailah ngopeni bag2 yg kira bs diselamatkan sndiri (bag yg parah dikrm ke Jogja A. buat dibetulin sm ahlinya/mas Itok), trmasuk engine DLE30 yg kemasukan air bercampur lumpur.. Berhubung nekater :wek , DLE30 tak bongkar aj sndiri dibantu adik yg sdkt punya pengetahuan di motor 2tak... Piston, silinder kop, karburator semua dilepas. Setelah dicuci bersih dan dikeringkan pake kompresor akhrnya dipasang lg smua bag. sambil diolesi oli (sm dg yg buat nyampur bhn bakarnya),dg catatan posisi ring/gap ring hrs kmbali ke posisi spt semula (bener kt om suhu Toto). Akhrnya dg baling2 yg baru, sy coba hidupkan DLE30 td dg harap2 cemas...choke ditutup,baling2 diputar 3-5x sampe ada suara letupan, choke dibuka lg, baling2 diputar lg....GRENNNGGGGG!! Akhrnya nyala DLE30 sy, throttle dimainkan:msh galak dan bertenaga....wahh, lega rasanya...
Tinggal nunggu pswtnya slsai direpair dr Jogja....wessshhhh...maburr lg!!
Dmkn sekelumit pengalaman dr sy...
Salam

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 30 Apr 2012, 20:05
by Marasandra
toto wrote:kok bisa nyala, ya mbok ceritain apanya yang waktu merangkit kembali yang ke wolak walik .... :tlt



salam


Bisa nyala nya sama si bengkel yang saya ajak "kerja sama"....... Ujung busi di olesi bensin......gitu aja.... Hal yang sama juga di lakukan kalau dia bermasalah dengan motor vespa... Yang baru ganti seker.....

Dan setelah saya berkonsultasi dengan... Begawan Suhu eyang wisnu alias eyang 7J alis SU - 31...... Ternyata kalau kita sudah melepas seler dari boring nya atau rumah pembakaran nya.... Setelah di pasang kembali...kita wajib memberlakukan mesin tersebut sebagai mesin baru yaitu melakukan break in......

Dan ternyata benar..... Pada awal hidup, rpm selalu tinggi, setelah habis satu tangki.... Berangsur angsur rpm pada saat idle normal.....sayang nya saya tidak bisa mengukur rpm nya... Karena kekurangan alat pengukur tersebut....

Selanjutanya saya akan masih melakukan break in....sampai benar benar gerakan piston selancar sebelum di bongkar.......

Demikian lah kisah ke isengan saya yang berbuntut pusingnya kepala.....

Terima kasih Eyang wisnu, terima kasih Om Joni G.....(yang liburnya di ganggu), terima kasih Pak de Toto...atas pandangan nya.....

Sekali lagi terima kasih.....dan yang pasti setelah di lapangan nanti sentuhan terakhir nya harus di laku kan E-7J......xixixii, karena sentuhan terakhir ini berhubungan dengan pengalaman, perasaan.... Xixixi... :pis

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 01 May 2012, 14:21
by su-31
Hidup S J A C