Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by toto »

om dik suhu farhan, entar deh kita curhat di lapangan saja ya sekalian praktekin jadi biar tuntas .............. kalau di forum saya malu nih takut dan di njamin salah deh kan om farhan tahu aja saya kan cuman teori doang dan baru aja belajar lagi .... :shy




salam
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

toto wrote:om dik suhu farhan, entar deh kita curhat di lapangan saja ya sekalian praktekin jadi biar tuntas .............. kalau di forum saya malu nih takut dan di njamin salah deh kan om farhan tahu aja saya kan cuman teori doang dan baru aja belajar lagi .... :shy




salam


anu eyang suhu toto , sebenernya seperti 2minggu kemaren,saya mau konsultasi pesawat cap 232 40 cc saya ,tapi eyang ga hadir . sepi yg hadir ,... :ngs
setelah saat itu kagak pernah kelapangan lagi ... :ngs semoga bisa datang minggu ini ,curhat seputar kapal-kapalan :pis

masa beljar lagi eyang ? bukannya malah yg mengajarkan ? hehehe
:plk
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by iwan21 »

farhanalfarisi wrote:
6s2p boleh lihat seperti apa tidak pak ? susunannya pa ..
terimakasih :thx :thx



Image
User avatar
baron234
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 30 Apr 2012, 07:00

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by baron234 »

farhanalfarisi wrote:Permisi Suhu-suhu Gaero...
Berhubung saya pecinta berat pesawat engine ,elektrik juga sih tapi ga pernah main pesawat elektrik yang menggunakan batre lebih dari 4 Sell . Dan dilapangan banyak suhu-suhu yang make produk-produk sebart ,kyk Angel 30E, Shark ,Wind 110E Dll . Maka jatuh hati lah saya pada produk produk Sebart tersebut .alhasil terpilihlah Sebart Wind 50E .

Speknya:
Yellow/Black version
Wing Span: 158 cm
Lenght: 170 cm
Wing Area:62 dm2
Weight: 2.300 g. RTF less battery
Radio: 6 Ch. with 3 standard servos and 2 mini servos for elevator

mas farhan plan sebart wins 50e beli dimana harga kisara brp?

Recomm. power set up:
Motor: Hacker A50-16S
ESC: Hacker Master Basic 70A ESC SB
Battery: Top Fuel 3800-6S or 4500-6S
Propeller: APC 16x10E or 16x12E
Image



Dari Speknya Pake Batre 6 Sell ,ESC Sekitar 70 Ampere .sesuai keterangan, saya ga pernah mainin pesawat lebih dari 4 sell . Karena , bagi saya beli batre 6 Sell Mahal , ESCnya Mahal ,kalau batre abis diLapangan harus ngecharge dulu dan lama , meskipun udah Difast-in . Seengganya minimal punya 2 atau 3 batre . Beli 3 batre 6 sell ? atau 6 Batre 3 sell (Diseri in) ? Menurut Saya engga deh , mahal bagi saya . Soalnya bagi saya anak Smp, harus cermat dan pandai dalam pembagian dan penghematan uang yang telah diberikan orang tua . :htg ..

dan ketika beli pesawat ,ditawarkan harga yang menggiurkan dengan Motor Infinite 370KV ,2 Esc Aileron dan 1 Esc Rudder. jadinya kebeli juga tuh part Elektrik :nw .

Beda dengan masin engine,fuel habis Isi lagi . Begitu seterusnya (Kalau enginenya ga ngadat) .

TAPI ....
Ada yang ingin saya tanyakan terlebih dahulu seputar engine/elektrik pada pesawat pattern

1.Menurut Pendapat Suhu-suhu ,Pesawat Pattern itu lebih baik menggunakan engine /Elektrik ?
2.Kelebihan penggunaan engine/elektrik pada pesawat Pattern apa ?
3.Apa itu ESC OPTO ? Bedanya dengan yang ESC biasa apa ? (Terjawab)
4.Kalau Pake engine nitro ,pakenya ukuran berapa ? (Terjawab)
5.kalau pake engine Gasoline ,pakenya yang apa ? (Terjawab)
6.Kalau menggunakannya pake batre 3 Sell x 2 Biji ,apa ada perbedaannya dengan make batre 6 sell langsung? (Terjawab)
7.Kalau pake batre 3 sell 2200mAh + 3 sell 1300 mAh ,apa nanti setelah diseriin jadi total mili amperenya 3500 ? atau bagaimana ?
8. Dan 1 Lagi , :thx saya ada engine magnum nganggur ,bisa dipake ngga ya ? Ukuran 120 4 stroke.



Sebelumnya mohon maaf sekali,kalau pertanyaan saya terlalu banyak . karena saya orangnya bawel ,dan sering nanya-nanya , dari pada Kesusahan dikemudian hari .

Malu Bertanya ,sesat Dijalan .

Terimakasih Banyak
:thx :pis
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by unding »

farhanalfarisi wrote:Lalu pak,sya pernah lihat peswat engine ukuran 46 2 stroke ,pakenya 70 4 stroke (sesuai recommended manualnnya) .itu bagaimana pak ?
:thx :thx terimakasih
:thx

Engine 46 2 stroke diganti dgn engine 70 4 stroke sudah benar kalau dilihat dari sisi powernya :

OS 46 AX
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0547
Displacement: 0.455 cu in (7.5 cc)
Bore: 0.866 in (22.0 mm)
Stroke: 0.772 in (19.6 mm)
Practical rpm: 2,000-17,000
Output: 1.63 hp @ 16,000 rpm
Weight:
13.2 oz (375 g) without muffler
17.2 oz (489 g) with muffler
Includes: #A3 glow plug, Power Box E-3010 muffler
Requires: glow fuel, prop
Recommended Props: 10.5x6, 11x6-8, 12x6-7

OS FS72-a
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0877
Displacement: 0.72 cu in (11.8 cc)
Bore: 1.063 in (27 mm)
Stroke: 0.822 in (20.6 mm)
Practical rpm range: 2,400-12,500
Output: 1.18 hp @ 11,000 rpm
Weight w/o muffler: 16.79 oz (476 g)
Weight w/muffler: 18.7 oz (530 g)
Includes: 61N carburetor, F-5030 muffler & F glow plug

Dari data diatas terlihat power 46 2 stroke lebih besar (1.63 hp) sedangkan 72 4 stroke cuma 1.18 hp
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

iwan21 wrote:
farhanalfarisi wrote:
6s2p boleh lihat seperti apa tidak pak ? susunannya pa ..
terimakasih :thx :thx



Image


terimaasihbanyak suhu , kalau mAhnya diganti 2200 ,dan disusun sesuai desain suhu berarti jadi 6 sell 4400 ? :pis :thx :thx
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

unding wrote:Engine 46 2 stroke diganti dgn engine 70 4 stroke sudah benar kalau dilihat dari sisi powernya :

OS 46 AX
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0547
Displacement: 0.455 cu in (7.5 cc)
Bore: 0.866 in (22.0 mm)
Stroke: 0.772 in (19.6 mm)
Practical rpm: 2,000-17,000
Output: 1.63 hp @ 16,000 rpm
Weight:
13.2 oz (375 g) without muffler
17.2 oz (489 g) with muffler
Includes: #A3 glow plug, Power Box E-3010 muffler
Requires: glow fuel, prop
Recommended Props: 10.5x6, 11x6-8, 12x6-7

OS FS72-a
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0877
Displacement: 0.72 cu in (11.8 cc)
Bore: 1.063 in (27 mm)
Stroke: 0.822 in (20.6 mm)
Practical rpm range: 2,400-12,500
Output: 1.18 hp @ 11,000 rpm
Weight w/o muffler: 16.79 oz (476 g)
Weight w/muffler: 18.7 oz (530 g)
Includes: 61N carburetor, F-5030 muffler & F glow plug

Dari data diatas terlihat power 46 2 stroke lebih besar (1.63 hp) sedangkan 72 4 stroke cuma 1.18 hp


wah ,saya ucapkan terimakasih banyak suhu pak Unding ...
:thx :thx :thx
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

baron234 wrote:
farhanalfarisi wrote:Permisi Suhu-suhu Gaero...
Berhubung saya pecinta berat pesawat engine ,elektrik juga sih tapi ga pernah main pesawat elektrik yang menggunakan batre lebih dari 4 Sell . Dan dilapangan banyak suhu-suhu yang make produk-produk sebart ,kyk Angel 30E, Shark ,Wind 110E Dll . Maka jatuh hati lah saya pada produk produk Sebart tersebut .alhasil terpilihlah Sebart Wind 50E .

Speknya:
Yellow/Black version
Wing Span: 158 cm
Lenght: 170 cm
Wing Area:62 dm2
Weight: 2.300 g. RTF less battery
Radio: 6 Ch. with 3 standard servos and 2 mini servos for elevator

mas farhan plan sebart wins 50e beli dimana harga kisara brp?

Recomm. power set up:
Motor: Hacker A50-16S
ESC: Hacker Master Basic 70A ESC SB
Battery: Top Fuel 3800-6S or 4500-6S
Propeller: APC 16x10E or 16x12E
Image



Dari Speknya Pake Batre 6 Sell ,ESC Sekitar 70 Ampere .sesuai keterangan, saya ga pernah mainin pesawat lebih dari 4 sell . Karena , bagi saya beli batre 6 Sell Mahal , ESCnya Mahal ,kalau batre abis diLapangan harus ngecharge dulu dan lama , meskipun udah Difast-in . Seengganya minimal punya 2 atau 3 batre . Beli 3 batre 6 sell ? atau 6 Batre 3 sell (Diseri in) ? Menurut Saya engga deh , mahal bagi saya . Soalnya bagi saya anak Smp, harus cermat dan pandai dalam pembagian dan penghematan uang yang telah diberikan orang tua . :htg ..

dan ketika beli pesawat ,ditawarkan harga yang menggiurkan dengan Motor Infinite 370KV ,2 Esc Aileron dan 1 Esc Rudder. jadinya kebeli juga tuh part Elektrik .

Beda dengan masin engine,fuel habis Isi lagi . Begitu seterusnya (Kalau enginenya ga ngadat) .

TAPI ....
Ada yang ingin saya tanyakan terlebih dahulu seputar engine/elektrik pada pesawat pattern

1.Menurut Pendapat Suhu-suhu ,Pesawat Pattern itu lebih baik menggunakan engine /Elektrik ?
2.Kelebihan penggunaan engine/elektrik pada pesawat Pattern apa ?
3.Apa itu ESC OPTO ? Bedanya dengan yang ESC biasa apa ? (Terjawab)
4.Kalau Pake engine nitro ,pakenya ukuran berapa ? (Terjawab)
5.kalau pake engine Gasoline ,pakenya yang apa ? (Terjawab)
6.Kalau menggunakannya pake batre 3 Sell x 2 Biji ,apa ada perbedaannya dengan make batre 6 sell langsung? (Terjawab)
7.Kalau pake batre 3 sell 2200mAh + 3 sell 1300 mAh ,apa nanti setelah diseriin jadi total mili amperenya 3500 ? atau bagaimana ?
8. Dan 1 Lagi , :thx saya ada engine magnum nganggur ,bisa dipake ngga ya ? Ukuran 120 4 stroke.



Sebelumnya mohon maaf sekali,kalau pertanyaan saya terlalu banyak . karena saya orangnya bawel ,dan sering nanya-nanya , dari pada Kesusahan dikemudian hari .

Malu Bertanya ,sesat Dijalan .

Terimakasih Banyak


aduh pak ,kiraan saya apa ? ga taunya komentar/pendapatnya nyelip di thread saya :ha3
plan saya ngga tau ,saya beli pabrikan dah jadi pak ,Mungkin harga total di HS kisaran kepala 4/5 Pak dengan versi elektriknya ( motor 1700w + 5 servo (2 servo mini buat elevator) + ESC 80 A + Prop 16 + Batre 6 Sell dll)

tergantung kita milik jeroannya pak

Saya Pake motor infinite 370 kv dan 5 servo Hitec
:ok
Last edited by farhanalfarisi on 05 Jun 2012, 07:18, edited 1 time in total.
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 628
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

mungkin suhu-suhu disini ada yg tau plan sebart ...
:plk :thx :thx
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by iwan21 »

farhanalfarisi wrote:
terimaasihbanyak suhu , kalau mAhnya diganti 2200 ,dan disusun sesuai desain suhu berarti jadi 6 sell 4400 ? :pis :thx :thx


Itu bukan desain saya, tapi itu teori umum rangkaian seri dan parallel :pis

iya betul kalo baterenya pake yg 2200 mAh, kaoi dibikin 6s2p jadinya 6s/4400 mAh
Post Reply